5 Cara Menghadapi Komentar Negatif, Jangan Sampai Mengganggu Hidupmu! - Keza Felice
News Update
Loading...

Sabtu, 23 Desember 2023

5 Cara Menghadapi Komentar Negatif, Jangan Sampai Mengganggu Hidupmu!

 

Cara Menghadapi Komentar Negatif
Ilustrasi by Keza Felice


Apakah kamu merupakan tipe orang yang mudah down setiap kali menerima kritikan pedas dari orang lain? Komentar negatif dari orang lain mungkin akan membuatmu terbelenggu hingga memikirkannya sampai berlarut-larut. Oleh sebab itulah kamu memerlukan cara meghadapi komentar negatif agar tidak terpengaruh.

Tak dapat dimungkiri terkadang kamu bisa merasa hari-hari begitu suram dan mengancam karena selalu dibayang-bayangi cacian dari orang lain. Biasanya komentar negatif atau kritikan bisa membuatmu merasa sakit hati, terlebih bila komentar tersebut juga dilontarkan secara kasar dan menyakitkan.

Cara Menghadapi Komentar Negatif

Akan lebih buruk bila kamu merupakan tipe orang yang melankolis. Sebab perkataan negatif tersebut dapat menjadikanmu bad mood, putus asa, gelisah, hingga terserang depresi. Tak jarang kritik negatif pun menjadi beban bila hal tersebut benar adanya. Tetapi bila komentar tersebut tidak benar, pastinya tidak akan ada pengaruhnya dalam hidupmu bahkan perasaanmu pun cenderung mengabaikannya.

Sebenarnya yang menyebabkan komentar negatif tersebut terasa menyakitkan bukanlah dari komentar itu sendiri, melainkan bagaimana caramu memberikan respons terhadap kritikan tersebut. Oleh karena itu kamu perlu memahami berbagai cara menghadapi komentar negatif yang super ampuh ini.

1. Daur Ulang Komentar Negatif

Mungkin tidak banyak orang yang menyadari pandangan berbeda ini ketika mendapatkan komentar pedas dari orang lain. Padahal kamu dapat menganggap komentar negatif sebagai ‘sampah’, tapi bagaimana pun sampah yang didaur ulang bisa menghasilkan nilai yang sangat tinggi.

Oleh sebab itulah bila ada haters atau orang lain yang mengutarakan kritik destruktif, komentar negatif, atau pun cemoohan kepadamu, cobalah untuk mendaur ulang kata-katanya tersebut.

Pada saat menerima kritikan yang menyakitkan, kamu dapat menjadikannya acuan dalam merancang perencanaan yang matang untuk menjadikan hidupmu lebih baik. Dengan begitu kamu akan disukai banyak orang dan tentu saja orang yang memberikan komentar buruk tersebut akan terbengong-bengong ketika melihat pencapaian yang kamu miliki.

2. Melihat Komentar Negatif dari Perspektif Berbeda

Saat menerima komentar negatif dari orang lain, cobalah untuk melihat kata-katanya melalui perspektif yang berbeda. Tanpa disadari, bisa saja sesuatu yang melemahkanmu merupakan hal yang justru akan menguatkanmu di kemudian hari. Ini merupakan cara menghadapi komentar negatif agar kamu tidak gampang down.

Komentar negatif sebenarnya suatu bentuk evaluasi yang dapat kamu dengarkan, hanya saja pemilihan katanya yang salah dapat mengakibatkan sakit hati dan menekan pikiran. Sedangkan komentar positif yang membangun merupakan suatu evaluasi yang tatanan kalimatnya sudah tepat sehingga akan lebih mudah untuk membangun kualitas dirimu.

Meskipun rasa yang tercipta dari keduanya cukup berbeda, tapi baik komentar negatif maupun positif sama-sama menjadi bahan untuk mengevaluasi diri. Jadi, tinggal bagaimana kamu bisa memilih sudut pandang yang berbeda agar kritikan tersebut dapat berguna untuk kehidupanmu.

3. Memahami Maksud di Balik Komentar Negatif

Cara menghadapi komentar negatif selanjutnya dengan memahami maksud komentar tersebut. Saat mendapatkan komentar negatif, jangan sampai kamu gegabah untuk mengambil kesimpulan. Ini terutama jika yang orang lain utarakan merupakan hal yang menyakitkan.

Kamu harus melakukan analisis terlebih dahulu dari komentar tersebut supaya tidak salah paham. Kamu perlu memahami makna komentar itu dan juga maksud dari orang yang mengutarakannya.

Sebab ada yang sengaja memberikan kritikan pedas hanya untuk membangun mental dan kualitas dirimu. Ada pula yang sekadar menunjukkan bahwa dia lebih layak dipandang, diperhitungkan, lebih cerdas, dan mungkin juga dia memang ingin mencari perhatian atau karena merasa terganggu dengan kehadiranmu. Oleh karenanya dengan memahami maksud di balik komentar tersebut, kamu jadi lebih mudah merancang strategi yang tepat untuk menghadapinya.

Cara Menghadapi Komentar Negatif
Ilustrasi edited by: Keza Felice

4. Jangan Agresif

Tidak dapat dimungkiri bila kritikan pedas atau komentar negatif biasanya memicu emosi. Tetapi bila komentar pedas dibalas dengan tanggapan yang pedas justru akan menjadikan keadaan semakin memburuk.

Bahkan seseorang yang memberikan kritikan kepadamu bisa menjadi semakin berapi-api dan menyalahkanmu walaupun sebenarnya dialah yang telah memulai ‘perang’ tersebut. Untuk itulah kamu harus menghadapinya dengan kehati-hatian. Lebih baik kendalikan emosi dengan penuh kedewasaan supaya kamu tidak terjebak dalam situasi yang merugikan.

5. Jangan Dipedulikan

Saat kamu menerima komentar negatif, cibiran, atau kritik destruktif yang tidak sesuai dengan realita dan tidak dapat didaur ulang, maka berusahalah untuk mengabaikannya. Kamu tidak perlu peduli dan memikirkannya hingga berlarut-larut. Sebab bila kamu terlalu memedulikannya, hal ini hanya akan menunjukkan bahwa kritikan yang orang tersebut sampaikan merupakan suatu hal yang benar.

Jadi langkah tepat untuk mengatasinya yakni dengan tidak terlalu peduli apalagi sampai memikirkannya hingga berhari-hari. Biarkan saja mereka terus berbicara hingga akhirnya merasa putus asa karena kamu sudah mengabaikannya.

 

Mendapatkan komentar negatif memang sangat mengganggu suasana hati dan pikiran. Akan tetapi dengan menerapkan beberapa cara menghadapi komentar negatif ini semoga kamu tidak tertekan dalam menyikapinya. Sebab bagaimana pun cemoohan, kritikan, maupun komentar negatif dari orang lain sebaiknya jangan langsung dimasukkan ke dalam hati. Ambillah sisi positifnya dan terapkan dengan baik beberapa cara yang telah dipaparkan di atas. Semoga membantu!

 

 

 

 

Share with your friends

12 komentar

  1. cara yang mudah...komen negatf jangan dibaca

    BalasHapus
  2. Semasa muda saya kurang tahan terhadap komentar negatif tentang diri saya. Namun seiring bertambahnya usia, insyaallah saya makin bijak mengelola emosi ketika mendapat serangan negatif apapun jenisnya.

    BalasHapus
  3. Menarique banget nih artikelnya :D Opini orang biarkan aja, jangan ditelan bulat2. Yang baik disimak, bisa menjadi masukan buat diri kita. Yang buruk ya skip aja hahahaha, bahagiakan dirimu :) Yang penting kita sudah berusaha menjadi orang yang baik.

    BalasHapus
  4. Kadang kalau komentar negatif qt baperin,malah kita yg stress.
    Kalau saya si biarin aja,jadi tulisan aja,kalau bs membangun ya didengerin. Kalau bikin sakit ati y skip aja hehe

    BalasHapus
  5. Memang sakit sih mendengar komentar negatif, Mbak.
    Baiknya direnungkan apa ada maksud baik dibaliknya. Boleh juga sebagai pemacu untuk lebih baik.
    Tapi ada kalanya ya acuhkan saja kalau diri tak tahan mendengarnya, tetap cool dan mengendalikan diri.

    Salam,

    BalasHapus
  6. Memang gak enak sih kalau ada komen negatif,saya orangnya tipe yang kepikiran sih mbak..kalau kritik yang sifatnya membangun sih masih bisa terima,tapi kalau komen kelewatan ya kepikiran juga..hehe..tapi memang harus belajar cuek juga sih..gak semua harus di tanggapi ya

    BalasHapus
  7. Semakin ke sini malah ga pernah peduli dengan komen-komen negatif. Lebih sering mengabaikannya. Terkadang merespon dengan santai. Ga pernah diambil pusing.

    BalasHapus
  8. Lah aku kok malah seneng ya dpt komen negatif, itu tandanya ada yg memperhatikan kita. Tapi ya kita juga jgn terlalu terpancing emosi dgn komen tersebut. Dibawa asik ajalah... yg penting kita tdk berbuat negatif kpd siapa pun.

    BalasHapus
  9. Kalau saya, jika komen negatif di media sosial, pasti nggak akan saya baca.
    Tapi gimana kalau udah terlanjur dibaca?
    Ya saya jawab dengan halussss, tapi menggigit, abis itu nggak bakal saya baca lagi :D

    Tapi kalau di dunia nyata, Alhamdulillah jarang sih, kalaupun ada mereka bercanda, dan biasanya teman dekat, dan saya paham aja.

    Tapi kalau di belakang saya, ya cuek is da best dah.
    Pokoknya yang bikin saya ngamuk itu, kalau orang gebuk saya, atau ngomong kasar di depan saya, niscaya saya balas gebuk ditambah cakar, wakakakakak

    BalasHapus
  10. Dulunya aku selalu down bila dikomentar negatif tapi sekarang aku cuma pakai ayat 'hidupku biar aku aja yang handle dengan caraku sendiri'. Tiap kali muncul tekanan kuat, aku milih untuk bangun tahajud mengadu pada Allah. Aku bahkan gak curhat sama suamiku karna dia bukan orangnya yang bisa fahami masalahku. Lagipun cerita sama Allah lagi menenangkanku.

    BalasHapus
  11. Komen-komen negative ni biasanya datang dari mereka yang pengecut. kalau mereka berani mereka perlu tampilkan diri.
    Cakap secara berhadapan. F2F.
    Bukan seperti pepatah: baling batu sembunyi tangan.

    BalasHapus
  12. tapi kadang tetap menusuk dihati :( atau terlalu baperan ya kitanya ... hmmm

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done