Persamaan dan Perbedaan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi, Sudah Tahu? - Keza Felice
News Update
Loading...

Selasa, 04 April 2023

Persamaan dan Perbedaan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi, Sudah Tahu?

Persamaan dan perbedaan hadis Qudsi dan Hadis Nabawi
ilustrasi lentera (Pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Bentuk-bentuk dari hadis terbilang cukup banyak dan di antaranya juga terdapat perbedaan. Sementara itu untuk persamaan dan perbedaan hadis Qudsi dan hadis Nabawi, terdapat beberapa poin yang dapat diketahui.

Apabila diartikan secara terminologi, menurut ulama hadis, esensi hadis yakni segala berita yang masih berkenaan dengan perbuatan, sabda, taqrir, dan juga hal ikhwal Nabi Muhammad SAW. Yang dimaksud dengan hal ikhwal yakni segala sifat maupun keadaan pribadi Nabi Muhammad SAW.

Persamaan dan Perbedaan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi

Pengertian hadis secara luas sebagaimana yang dikatakan oleh Muhammad Mahfudz At-Tirmidzi, hadis tidak hanya yang dimarfukan kepada Nabi Muhammad SAW., melainkan bisa juga disebutkan pada mauquf atau yang juga dinisbatkan pada perkataan dan sebagainya dari sahabat, dan maqtu’ yakni dinisbatkan pada perkataan dan sebagainya dari tabiin.

Sedangkan hadis Qudsi apabila diartikan secara bahasa memiliki makna kata suci ataupun bersih. Disebut dengan “hadis” karena redaksinya disusun sendiri oleh Nabi Muhammad SAW., sedangkan disebut juga dengan “qudsi” karena hadis ini suci dan bersih, serta datangnya dari Dzat Yang Mahasuci yakni Allah.

Sementara itu menurut ulama, seperti menurut az-Zarqani mendefinisikan hadis qudsi yakni hadis yang redaksi dan juga maknanya berasal dari Allah. Dan hadis nabawi, maknanya berdasarkan wahyu dalam kasus tertentu di luar ijtihad Nabi Muhammad SAW., akan tetapi redaksi hadisnya dari Rasulullan SAW.

Dalam buku Ulumul Hadis yang ditulis oleh Drs. M. Agus Solahudin, M.Ag., dan Agus Suyadi, Lc. M.Ag, berikut beberapa persamaan dan perbedaan antara hadis qudsi dan hadis nabawi.

Persamaan dan Perbedaan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi
Ilustrasi lentera  (Pexels.com/Tassana Thaveeteeratham)

1. Persamaan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi

Pada dasarnya hadis nabawi dan juga hadis qudsi memiliki persamaan yang cukup sederhana. Keduanya sama-sama bersumber dari Allah SWT.

Allah berfirman dalam QS An-Najm [53]: 3 – 4, yang artinya, “Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” 

Baca Juga: Mengenal Tari Sirih Kuning Terlengkap Mulai dari Sejarahnya

Sedangkan Nabi Muhammad SAW. bersabda yang artinya, “Dari Miqdam bin Ma’di Kariba, dari Rasulullah SAW., beliau bersabda, ‘Ingatlah sesungguhnya aku diberi Al-Kitab (Al-Qur’an) dan semisalnya bersamanya.’ (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

2. Perbedaan Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi

Antara hadis qudsi dan hadis nabawi juga memiliki perbedaan yang dapat ditilik melalui segi penisbatannya. Untuk hadis nabawi sendiri dinisbatkan kepada Rasul SAW., dan juga diriwayatkan dari beliau sehingga disebutlah dengan hadis nabawi.

Baca Juga: 21 Tari Tradisional Jawa Timur Lengkap dengan Penjelasan Rincinya

Sedangkan hadis qudsi dinisbatkan kepada Allah SWT., adapun Rasulullah SAW., menceritakan dan juga meriwayatkan dari Allah SWT. Oleh karenanya ia dibatasi dengan sebutan ‘Al-ilah’ atau ‘Al-quds’ sehingga disebut juga dengan hadis ilahi atau hadis qudsi, yakni penisbatannya kepada Dzat Yang Mahatinggi, Allah SWT.

Hadis qudsi juga dapat dilihat melalui kata-kata tertentu. Apabila di dalamnya terdapat kata-kata seperti di bawah ini, maka dapat dipastikan bahwa hadis tersebut merupakan hadis qudsi.

  • Rasulullah SAW., telah bersabda, sebagaimana yang diterima dari Tuhannya.
  • Rasul SAW., telah bersabda, Allah SWT. berfirman ….”

 

Demikianlah persamaan dan perbedaan hadis qudsi dan hadis nabawi yang dapat diketahui. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

2 komentar

  1. Ya ya ya, thank you sdh berbagi, saya jadi paham sedikit perbedaan dan persamaanya. 👍

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done