6 Jenis Takjil Ramadan yang Bikin Momen Berbuka Puasa Makin Ceria - Keza Felice
News Update
Loading...

Jumat, 29 Maret 2024

6 Jenis Takjil Ramadan yang Bikin Momen Berbuka Puasa Makin Ceria

 

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by keza felice

Takjil menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari saat Ramadan tiba. Takjil Ramadan memang sangat beragam, mulai dari minuman hingga makanan ringan. Biasanya takjil akan disantap sebagai hidangan pembuka ketika waktu magrib tiba.

Karenanya ketika menjelang waktu berbuka puasa banyak orang yang memilih menghabiskan waktu sore untuk berburu takjil. Bahkan, hal tersebut tak hanya dilakukan oleh umat Islam saja lho.

Meskipun beberapa jenis takjil bisa dibuat sendiri di rumah, tetapi sebagian orang justru lebih memilih membeli takjil dari para pedagang. Selain menghemat waktu, membeli takjil bisa menjadi kegiatan seru untuk mengobati rasa lelah setelah bekerja selama seharian.

Beberapa Jenis Takjil Ramadan yang Nikmat Disantap

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil memiliki arti Panganan dan minuman untuk berbuka puasa. Biasanya takjil Ramadan yang dijajakan di sore hari dijual dengan harga yang relatif murah. Karenanya banyak orang memburu takjil baik untuk diri sendiri ataupun untuk dibagikan kepada sesama.

Berikut beberapa jenis takjil Ramadan yang nikmat dan bisa bikin momen berbuka puasa makin ceria. Check it out!

1. Es Campur

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by keza felice

Es campur menjadi salah satu takjil Ramadan yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya menyegarkan, es campur juga memiliki rasa yang nikmat berkat perpaduan komposisinya. 

Biasanya es campur terbuat dari biji selasih, tape, kacang hijau, kacang merah, kolang-kaling, kelapa muda, alpukat, mutiara, hingga buah-buahan.

Selain itu harga es campur juga sangat terjangkau sehingga siapa pun bisa membelinya. Es yang biasanya disiram dengan susu, sirup, dan santan ini memiliki rasa manis yang legit. Karenanya es campur sangat cocok dijadikan minuman pembuka saat magrib tiba.

2. Kolak

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by Keza Felice
Kolak menjadi makanan khas Ramadan yang sering kali menjadi menu pembuka. Takjil Ramadan yang satu ini tak hanya bercita rasa nikmat tetapi juga mudah dibuat. Biasanya kolak terbuat dari pisang, singkong, kolang-kaling, dan juga ubi.

Cara memasaknya juga sederhana sekali karena komponen kolak hanya perlu direbus dalam kuah gula merah dan santan. Rasanya yang manis sangat menggugah selera. Apalagi jika disajikan dengan tambahan es batu. Ini akan menjadikan kolak terasa lebih mantap dinikmati saat berbuka puasa.

Baca Juga: Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024, Rasa Nikmat Banyak Manfaat!

3. Kurma

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by Keza Felice

Buah kurma menjadi pilihan takjil Ramadan yang paling sederhana. Tak hanya menyehatkan, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa juga disunnahkan dalam Islam lho. Cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut menjadikan kurma disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Buah yang identik dengan warna cokelat kehitaman ini akan memberikan asupan karbohidrat, kalori, mineral, serat, protein, antioksidan, dan juga vitamin. Semua kandungan di dalam kurma tersebut baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu kurma juga dapat membantu mengatasi rasa haus dan lapar.

4. Aneka Gorengan

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by Keza Felice

Takjil Ramadan yang juga disukai oleh banyak orang yaitu aneka gorengan.  Mulai dari tahu, bakwan, tempe, pisang, molen, dan  lainnya. Tak hanya dijadikan camilan saat berbuka puasa, beberapa jenis gorengan juga cocok dijadikan pendamping nasi saat makan.

Selain bisa membuatnya sendiri di rumah, biasanya para pedagang takjil juga menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau. Cita rasanya yang gurih dan bertekstur renyah menjadikan gorengan sangat nikmat disantap saat berbuka puasa. Gorengan juga bisa menjadi salah satu camilan pengganjal saat lapar.

5. Es Jelly Ball

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by Keza Felice

Es Jelly Ball menjadi takjil Ramadan kekinian yang juga menyegarkan. Minuman bercita rasa manis ini memiliki tampilan menarik. Sementara itu es Jelly Ball biasanya terbuat dari bubuk jelly plain dan gula pasir yang kemudian akan disiram susu saat penyajiannya.

Seperti namanya es jelly ball ini dicetak berbentuk bulat dengan tekstur yang kenyal dengan isian potongan buah-buahan segar di dalamnya. Warnanya juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Akan lebih menyegarkan lagi bila es jelly ball ini diberi topping biji selasih.

6. Puding Buah

Takjil Ramadan
Ilustrasi edited by Keza Felice

Puding buah juga sangat cocok untuk menjadi takjil pilihan saat berbuka puasa. Tak hanya  menyegarkan tenggorokan, tetapi puding buah juga memiliki cita rasa yang nikmat.

Biasanya puding ini berisi berbagai jenis potongan buah segar. Mulai dari melon, anggur, buah naga, hingga apel. Kemudian disiram dengan santan dan ditambah dengan sirup. Hidangan pembuka seperti puding buah ini sangat disukai oleh setiap orang mulai dari anak-anak hingga dewasa.

 

Beberapa jenis takjil Ramadan seperti ini memang disukai oleh banyak orang. Selain pembuatannya yang mudah menu takjil tersebut pun memiliki cita rasa yang khas. Jika dinikmati bersama keluarga, ini akan menjadikan momen berbuka puasa semakin menyenangkan dan ceria. Juga masih bisa dinikmati sembari bercengkerama setelah berbuka puasa sambil bersenda gurau.

Share with your friends

5 komentar

  1. Kalau saya biasanya kolak dan gorengan
    Kalau gorengan, saya jualan seh. Jadi bisa gratis

    BalasHapus
  2. Kalau aku biasanya berbuka puasa dengan air putih, teh manis, kurma, dan kemudian berlanjut gorengan. Kalau ga ada gorengan biasanya kue kering. Aku jarang banget berbuka puasa dengan menggunakan minuman dingin atau es. Bisa dibilang ga biasa dan bukan tradisi di keluarga.

    BalasHapus
  3. gorengan sama es campur ga pernah ketinggalan lah pastinya, atau kalo ga sup buah, bikin seger di tenggorokan :D

    BalasHapus
  4. prefer puding
    sebab ia sejuk dan sedap
    tapi nak cari puding yang sedap
    susah sangat
    nak buat sendiri masa pula tak ada
    hahaha

    BalasHapus
  5. kalau kurma semestinya kurma ajwa pilihan saya
    zaman kanak-kanak dulu sukaaaa sangat dengan kurma rotub sebab rasanya yang lembut dan manis...

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done