5 Cara Menemukan Ide Menulis saat Kehabisan Inspirasi, Nggak Butuh Waktu Lama! - Keza Felice
News Update
Loading...

Rabu, 24 November 2021

5 Cara Menemukan Ide Menulis saat Kehabisan Inspirasi, Nggak Butuh Waktu Lama!

 


 

Cara Menemukan Ide Menulis

Sebagai seorang penulis kamu pasti selalu membutuhkan ide untuk menghasilkan sebuah karya tulis. Akan tetapi bagaimana jika pikiran tiba-tiba terasa buntu seakan-akan tidak ada lagi inspirasi yang dapat digunakan? Karena ingin produktif, kamu pasti tak segan untuk melakukan berbagai cara menemukan ide menulis. Sayangnya, terkadang kamu tidak bisa langsung menemukannya di saat itu juga.


Meski terkesan sederhana, tapi menulis menjadi kegiatan yang cukup menyita pikiran. Karenanya tak jarang kamu merasa sulit ketika harus menentukan ide yang akan digunakan sebagai topik tulisan. Meskipun sebagian orang merasa baik-baik saja tanpa ide karena bisa menemukannya saat mulai mengetik satu baris kalimat, tetapi bagi sebagian lagi menulis tanpa persiapan ide itu rasanya sangat sulit hingga karya yang digarap pun seolah-olah tak ada arahnya.

Cara Menemukan Ide Menulis yang Menarik

Menjadi penulis produktif merupakan keinginan banyak orang. Apalagi sekarang menulis dapat mendatangkan penghasilan. Ini menjadi nilai tambahan untuk kegiatan menulis. Terlebih lagi aplikasi menulis online berbayar juga semakin banyak bermunculan dan semuanya menjanjikan keuntungan yang melimpah.

Karenanya kamu yang ingin menjadikan menulis sebagai salah satu sumber penghasilan, ataupun yang sekadar menjalankan hobi, segera lakukan beberapa cara ini ketika mulai kehabisan inspirasi ide.

1. Pikirkan Pengalaman Pribadi

Ketika kamu mulai bertanya bagaimana cara mendapatkan ide menulis, maka cobalah untuk memikirkan pengalaman pribadimu. Langkah ini dapat kamu gunakan saat bingung mencari ide untuk bahan tulisan.

Saat mengingat masa lalu ataupun pengalaman yang pernah terjadi dalam hidup, secara tak langsung kamu telah memikirkan sebuah alur. Kamu pasti paham urutan peristiwa yang terjadi. Sehingga hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai sumber ide menulis.

Misalnya kamu pernah bertabrakan dengan seorang cowok di depan kantin. Dari hal tersebut kamu bisa membuat tulisan dengan tema relationship, seperti cara mendapatkan pria idaman, atau justru menulis cerpen tentang jatuh cinta. Itu hanya sebagian saja, karena semakin banyak pengalaman yang dapat kamu ingat, maka semakin banyak pula ide yang bisa kamu gunakan. Kuncinya, kamu harus lebih peka terhadap pengalaman di masa lalu.

2. Memperbanyak Waktu Membaca

Meskipun sibuk menulis, tapi tidak ada salahnya bila kamu memperbanyak waktu untuk membaca. Seperti yang telah kamu ketahui bahwa membaca akan menambah wawasan serta pengetahuanmu. Ini akan sangat membantu ketika kamu kehabisan inspirasi.

Saat kamu banyak membaca, maka kamu akan mudah menemukan ide untuk karya-karyamu. Misalnya saat kamu membaca artikel tentang manfaat hujan, dari situlah kamu bisa menarik sebuah ide kreatif dengan menulis cerita tentang sepasang kekasih yang berpisah karena perbedaan pekerjaan. Mereka memutuskan untuk mengakhiri hubungan saat turun hujan. Pada intinya hal yang kamu tulis masih berkaitan dengan hujan. Begitu pun dengan berbagai ide menarik yang sebenarnya bisa kamu temukan hanya dengan membaca.

3. Memanfaatkan Penglihatan

Cara menemukan ide menulis itu memang susah-susah gampang. Salah satunya dengan memanfaatkan penglihatan. Perhatikan dengan saksama apa saja yang kamu lihat saat itu. Dari hal yang kamu lihat itulah kamu bisa menjadikannya sebuah ide tulisan.

Contohnya ketika kamu melihat anak kecil yang terjatuh. Meskipun sangat sederhana dan seolah-olah tidak ada gunanya, tapi kejadian yang baru saja kamu lihat bisa menjadi sebuah inspirasi. Dari hal tersebut kamu dapat memikirkan penyebab anak tersebut terjatuh, apa reaksi emosional yang dia tunjukkan, dan bagaimana respons orang-orang di sekitar. Dari situlah kamu bisa menentukan topik menulis.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Uang dari Membaca Wattpad, Benarkah Terbukti?

4. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Sekali-sekali kamu perlu refreshing supaya pikiranmu tidak tertekan dan penat. Karena saat pikiran terasa ‘penuh’ maka apa pun yang kamu lakukan akan terasa serba salah seakan-akan tidak ada benarnya. Untuk itulah kamu perlu menenangkan pikiran dan menjaganya agar tetap tenang dan nyaman. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menentukan ide menulis.

5. Menonton Film ataupun Video yang Berkualitas

Cara menemukan ide yang terakhir ini terasa sangat menyenangkan dan menghibur. Pasalnya, kamu bisa menonton film ataupun video yang berkualitas untuk membangkitkan rasa semangat dalam dirimu. Kamu yang sedang mencari ide bisa menggunakan poin penting yang disampaikan oleh video tersebut.

Misalnya dengan menonton video motivasi, film inspirasi, atau lain sebagainya. Jika keberatan, kamu tetap bisa menonton video hiburan yang berkaitan dengan genre kesukaanmu. Dengan begitu secara alami kamu akan menemukan informasi yang dapat digunakan sebagai ide menulis.

 

Dari beberapa cara menemukan ide menulis tersebut, mana yang pernah kamu lakukan? Mulai sekarang jangan mengeluh lagi jika tidak mempunyai inspirasi, ya! Karena semua permasalahan tetap dapat diselesaikan bila kamu berusaha dengan sungguh-sungguh, termasuk ketika kamu kehabisan ide menulis.


Penulis: Keza Felice

Share with your friends

2 komentar

  1. Untuk yg berkaitan dgn pribadi mungkin sulit ya buat ditulis, ada rasa2 gimana gituh ketika menuliskannya, semacam apa itu namanya introvet kah wkwk, padahal pengalaman pribadi ini paling mudah untuk dituliskan, kita akan hapoy menuliskannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang lain gak akan tau kalau itu pengalaman pribadi, kecuali kita yang woro² sendiri.

      Pengalaman pribadi cuma dijadikan inspirasi.

      Kayak aku yang pernah diganggu makhluk tak kasatmata, akhirnya kuambil jd tema, aku tulis di novel pertamaku. Gak ada yg tau kan kalo itu ada pengalamanku? Kcuali aku yg membicarakannya di depan publik.

      Jadi gak masalah.
      Mau introvert/ekstrovert, pengalaman hanya inspirasi. Bisa dijadikan ide menulis. Dan tetap aman slama gak dibocorkan sama diri sendiri 👻

      Hapus

Terima kasih untuk pembaca yang baik :)
Silakan tinggalkan komentar untuk saling menyapa.
@Keza236_queen

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done