4 Cara Mendapat Uang dari Membaca Wattpad, Langsung Cobain! - Keza Felice
News Update
Loading...

Selasa, 16 November 2021

4 Cara Mendapat Uang dari Membaca Wattpad, Langsung Cobain!

 

 

Cara mendapat uang dari membaca Wattpad

Bagaimana cara mendapat uang dari membaca Wattpad? Mungkin kamu bertanya-tanya apakah mungkin hal tersebut terjadi? Wattpad merupakan salah satu platform menulis dan membaca cerita yang hingga kini masih banyak diminati. Bahkan, tak sedikit cerita-cerita favorit dari Wattpad diterbitkan menjadi sebuah novel dan juga diadaptasi menjadi cerita film atau web series.


Wattpad dapat mewadahi tulisan-tulisanmu daripada sekadar disimpan dalam laptop dan tidak dibaca. Platform yang rilis pada tahun 2006 ini sudah di­-download lebih dari 100 juta kali. Beberapa cerita populer yang akhir-akhir ini menjadi primadona seperti Gemaya Gembulan, I’am Not Antagonist, Mozachiko, Mariposa, dan masih banyak lainnya.

Adakah Cara Mendapat Uang dari Membaca Wattpad?

Dengan ratusan pembaca yang mengakses Wattpad setiap harinya, apakah kamu tidak ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari Wattpad ke DANA? Sebenarnya penarikan roayalti dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti rekening bank, Gopay, dan beberapa layanan e-wallet lainnya.

Jika kamu penasaran, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari Wattpad yang paling mudah. Kamu bisa langsung cobain lho!

1. Menggunakan Patreon

Apakah kamu sudah tahu Patreon? Saat ini patreon menjadi pilihan banyak orang, terutama content creator di berbagai platform online. Baca Wattpada dapat uang caranya seperti dengan memberikan episode spesial hanya di patreon. Atau kamu memberikan pengumuman bahwa episode baru sebelum dirilis bisa mereka dapatkan di patreon.

Kali ini para pembaca yang tertarik pasti akan langsung mengunjungi karyamu di patreon. Apabila sebelum-sebelumnya patreon hanya digunakan oleh musisi dan juga YouTuber saja, sekarang kamu pun bisa mengenalkan karyamu ke masyarakat lebih luas dengan patreon.

Nantinya pembaca akan memperoleh konten tanpa batas dengan berlangganan di sana. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan uang hanya dengan mempubikasikan karya di Wattpad sembari mempromosikannya di patreon.

2. Mengirimkan Cerita Wattpad ke Penerbit

Berapa gaji penulis Wattpad? Ternyata royalti yang diterima oleh setiap penulis selalu berbeda-beda, tergantung seberapa banyak para pembaca yang berminat untuk melakukan pembelian pada karyanya.

Sepertinya Wattpad memang belum menyediakan fitur bayaran untuk para pembaca, tak seperti aplikasi penghasil uang pada umumnya. Saat ini Wattpad masih digunakan untuk sekadar membaca atau justru menulis dan menghasilkan karya seperti yang telah berlaku sebelumnya.

Nah, salah satu cara supaya kamu bisa menghasilkan uang dari wattpad yaitu dengan menerbitkan buku atau novel. Pada umumnya berbagai film adaptasi Wattpad yang tayang di web series atau bioskop itu sudah diterbitkan terlebih dahulu dalam bentuk fisik lho.  

Dengan menerbitkan novel Wattpad, kamu sudah pasti akan mendapatkan royalti dari setiap pembeli karyamu. Bahkan, kamu berkesempatan untuk dikenal lebih banyak orang. Semakin banyak kamu menghasilkan karya, maka semakin mudah pula kamu mendapatkan kesempatan untuk terkenal.

Entah mau diterbitkan dalam bentuk e-book atau fisik (cetak), mengirimkan naskah cerita dari Wattpad ke penerbit bisa menjadi langkah awal yang tepat agar kamu memperoleh pundi-pundi rupiah. Namun, tetap pastikan penerbit yang kamu tuju mau menerima naskah yang sudah dipublikasikan di Wattpad, ya!

Apabila kamu masih merasa ragu dan membutuhkan banyak pertimbangan, kamu bisa membuka website Vestoli.com Kamu akan mendapatkan referensi akurat untuk menghasilkan uang dengan cara yang cepat dan tepat. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui berbagai bisnis terbaru yang bisa dilakukan dengan sangat mudah tapi juga menguntungkan, termasuk yang berkaitan dengan kepenulisan lho.   

3. Ikut Lomba

Kamu juga bisa mengikutsertakan karya yang sudah publish di Wattpad saat ada lomba menulis novel. Atau kamu dapat membuat cerita yang lebih fresh alias baru ditulis untuk diikutkan lomba. Tetap perhatikan syarat dan ketentuan dari penyelenggara agar kamu berkesempatan memenangkan perlombaan.

Apabila kamu berhasil meraih kemenangan, penyelenggara pasti akan memberikan banyak hadiah untukmu. Biasanya lomba menulis di Wattpad berhadiah uang tunai, karya akan diterbitkan, piala, sertifikat, dan masih banyak lagi lainnya. Semua tergantung pada panitia yang mengadakan lomba tersebut. Jadi kamu bebas memilih mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh siapa pun.

Cara ini paling simpel untuk menghasilkan uang dari menulis. Setidaknya bila tidak berhasil meraih gelar juara, kamu masih bisa menerbitkan novelmu ke penerbitan buku lho.

Langkah ini tentu akan menjadi cara yang tak kalah efisiennya untuk mendapatkan royalti dari tulisan, bukan? Apalagi bila selama menulis naskah tersebut kamu juga rajin melakukan promosi untuk menarik perhatian dan minat pembaca. Sehingga saat novelmu terbit, kamu akan kebanjiran orderan dan mendapatkan royalti yang melimpah!

4. Menggunakan Kesempatan Paid Stories

Cerita berbayar atau paid stories adalah salah satu fasilitas untuk para penulis Wattpad agar terhubung dengan pembaca yang mau membantu mendukung karya yang ditulis oleh mereka. 

Namun demikian, Wattpad paid stories saat ini hanya tersedia untuk penulis yang diberikan undangan secara langsung oleh pihak Wattpad. Jika kamu ingin memperoleh kesempatan ini, kamu harus berusaha dengan maksimal dan konsisten menulis.

Dengan begitu jumlah followers, pembaca, like, dan komentar pada ceritamu akan semakin bertambah. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan fasilitas paid stories pun semakin cepat. Meskipun begitu, kamu juga harus tetap meningkatkan kualitas karya yang kamu tulis agar para pembaca semakin terkesima dengan tulisanmu.

Jika kamu masih pelajar atau mahasiswa atau benar-benar masih pemula dan merasa kesulitan untuk melakukan poin keempat ini, kamu tak perlu kahwatir. Kamu bisa melakukan cara lain hanya dengan mengandalkan gadget.

Di Vestoli.com kamu juga bisa belajar tentang kepenulisan yang lebih singkat dan padat sehingga kedepannya kamu akan lebih siap untuk menghasilkan uang hanya dengan mengandalkan kekreatifan. Atau bila memang tak ingin menekuni bidang kepenulisan, kamu juga boleh membangun bisnis kekinian yang banyak diminati oleh masyarakat sehingga kamu akan lebih mudah meraup banyak keuntungan. Semua ide kratif dan rekomendasi terbaik bisa dengan mudah kamu temukan hanya dengan mengunjungi Vestoli.com

 

Bagaimana sekarang? Jika cara mendapat uang dari membaca Wattpad ternyata belum berlaku untuk pembaca, maka kamu harus lebih kreatif untuk melakukan cara lainnya agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah sembari bersantai. Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar bisa memperoleh penghasilan. Jadi, kamu tak perlu putus asa untuk mencoba langkah lainnya.

 

 

Share with your friends

4 komentar

  1. Nah cocok nih buat Mas Agus dan Masher yang hobby bikin cerbung panjang.

    Tadinya kirain membaca juga dapat uang ternyata ga 🤣 but thanks for info. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaskeunlah, menulis bisa menghasilkan. Banyak media yang siap ngasih cuan sih hhihihihi. Jadi biar gak nganggur juga karyanya.

      Sama-sama, Bang. Mana cokelatnya sini

      Hapus
  2. Ternyata yang dapat bisa dapat uang penuinya bukan pembacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi betul, Kak Ternyata setelah dicek Wattpad memang belum menyediakan fee buat pembaca.

      Hapus

Terima kasih untuk pembaca yang baik :)
Silakan tinggalkan komentar untuk saling menyapa.
@Keza236_queen

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done