5 Tips Memilih Pakaian Lebaran agar Nyaman saat Dipakai, Jangan Sampai Menyesal! - Keza Felice
News Update
Loading...

Kamis, 04 April 2024

5 Tips Memilih Pakaian Lebaran agar Nyaman saat Dipakai, Jangan Sampai Menyesal!

 

Tips memilih Pakaian Lebaran

Selain kedatangan bulan Ramadan, masyarakat muslim juga begitu antusias untuk merayakan Idulfitri. Yang mana sebelum itu mereka telah  menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Karenanya momen lebaran pun tak kalah pentingnya untuk disambut dengan kebahagiaan. Salah satunya dengan menggunakan pakaian terbaik yang dimiliki. Oleh sebab itulah ada beberapa tips memilih pakaian lebaran yang dapat kamu terapkan untuk memperoleh pakaian yang baik dan nyaman saat digunakan.

Selain mandi dan menggunakan wewangian, mengenakan pakaian terbaik juga merupakan sunnah yang dapat dilakukan di Hari Raya Idulfitri. Meski demikian, tetap dianjurkan agar tidak mengenakan pakaian yang bertentangan dengan ketentuan Islam. Juga tidak perlu berlebih-lebihan karena sifat tersebut hanya akan menimbulkan persaingan antar sesama.

Tips Memilih Pakaian Lebaran yang Nyaman Dipakai

Seperti yang diketahui bahwa Idulfitri identik dengan pakaian baru dan juga kue khas lebaran. Meskipun tidak semua orang mengenakan pakaian baru, tetapi biasanya mereka akan mengenakan pakaian yang dianggap spesial dan telah dimiliki sebelumnya.

Akan tetapi tak ada salahnya juga bila kamu ingin membeli pakaian baru hanya untuk lebaran. Agar tidak salah dan akhirnya menyesal setelah mendapatkannya, kamu dapat mempertimbangkan beberapa tips memilih pakaian lebaran berikut ini.

1. Pilih Bahan yang Tepat

Pemilihan bahan harus diperhatikan untuk mendapatkan pakaian lebaran yang nyaman dipakai. Pasalnya, kegiatan saat lebaran akan membuat tubuh mudah mengeluarkan keringat. Oleh sebab itulah kamu perlu memilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat sehingga pakaian tidak tampak basah dan tubuh tetap terasa segar.

Apabila kamu menyukai bahan katun, ada beberapa jenis katun yang bisa didapatkan. Mulai dari katun paris, katun jepang, atau bisa juga dengan katun rayon. Hanya saja jenis katun rayon memang lebih gampang kusut, karenanya kamu harus lebih hati-hati saat memakainya.

Selain bahan katun kamu juga bisa memilih busana berbahan linen. Diketahui bahwa bahan linen memiliki serat alami yang mampu memberikan sensasi adem di kulit.

2. Sesuaikan dengan Gayamu

Tips memilih pakaian lebaran yang juga harus diperhatikan yakni menyesuaikan jenis pakaian dengan gayamu. Meskipun tak ada larangan untuk mengenakan pakaian sesuai trend, tetapi ada baiknya bila kamu membelinya karena memang menyukai pakaian tersebut dan merasa nyaman memakainya.

Apabila kamu hanya membeli pakaian sekadar untuk mengikuti trend yang sedang viral, besar kemungkinan nantinya kamu akan merasa kurang nyaman. Sehingga ini justru memunculkan rasa tidak percaya diri dalam beraktivitas selama lebaran. 

Kamu bisa tetap menyesuaikan pakaian dengan gayamu sendiri. Sehingga kamu bisa merasa lebih santai dan tenang saat menggunakannya tanpa ada rasa khawatir bahwa penampilanmu akan dijadikan bahan obrolan yang tak menyenangkan.

3. Pastikan Kamu Merasa Nyaman

Saat membeli pakaian kamu pasti bisa merasakan kenyamanan, bukan? Jadi jangan memaksa membeli bila kamu ragu atau memang tidak menyukainya walaupun pakaian tersebut tampak bagus dan elegan. Karena akan sia-sia bila kamu membeli pakaian tanpa ada kenyamanan saat memakainya. Ini hanya akan merugikan dirimu sendiri karena bisa memunculkan rasa tidak percaya diri ketika mengenakannya.

Pada akhirnya kamu menjadi malu untuk berbaur dengan sesama. Padahal Idulfitri merupakan salah satu momen terbaik untuk menjalin dan mempererat silaturahmi. Oleh sebab itulah pastikan kamu memilih baju lebaran dengan bahan dan model yang benar-benar disukai. Karena ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu secara otomatis sehingga momen lebaran akan terasa lebih spesial.

4. Membeli Pakaian Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Menyesuaikan pakaian dengan bentuk tubuh juga merupakan tips memilih pakaian yang tak boleh dilewatkan. Kamu pasti tahu bahwa pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh akan membuat kamu tampak cantik atau tampan, serta lebih percaya diri saat menggunakannya.

Tentunya kamu tak ingin terlihat ‘tenggelam’ di dalam balutan pakaian tersebut, bukan? Oleh sebab itulah kamu harus memperhatikan bentuk tubuhmu dan carilah pakaian yang sesuai. Dengan begitu akan muncul kesan ‘seimbang’ yang akan menambah citra baik pada dirimu.

5. Sopan

Poin penting saat memilih pakaian lebaran yakni kesopanan. Meskipun pada hari-hari biasanya kamu lebih nyaman dan senang mengenakan pakaian terbuka, tetapi saat lebaran sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang tertutup dan sopan.

Tentu saja rasanya sangat tak etis bila kamu mengenakan pakaian seksi di Hari Raya Idulfitri yang biasanya dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga. Apabila kamu ingin tetap tampil modis dan stylish, cobalah mengenakan gamis, tunik, atau kaftan misalnya. Kamu juga perlu menyempurnakan pakaianmu dengan kerudung. Atau bisa juga  menyesuaikannya dengan selera dan gayamu. Akan tetapi pastikan kamu menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup sehingga akan lebih nyaman dilihat dan dikenakan.

 

Agar lebaran bisa menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan, kamu dapat memulainya dari pakaian yang dikenakan. Kamu bisa melakukan beberapa tips memilih pakaian lebaran tersebut untuk mendapat baju yang sesuai dengan dirimu. Tentunya pakaian yang tepat akan mendatangkan rasa nyaman, sehingga aktivitasmu tidak terhambat!

Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done