Layanan dan Digitalisasi BRI Mudahkan Masyarakat dalam Bertransaksi - Keza Felice
News Update
Loading...

Rabu, 06 Desember 2023

Layanan dan Digitalisasi BRI Mudahkan Masyarakat dalam Bertransaksi

 

Layanan dan Digitaliasi BRI
Ilustrasi by Keza Felice

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di zaman modern seperti sekarang telah memengaruhi kebiasaan masyarakat. Salah satunya yakni pola bertransaksi dan cara menikmati berbagai layanan perbankan dengan memanfaatkan digitalisasi.

Kini penggunaan media digital seakan-akan menjadi sebuah tuntutan bagi dunia usaha. Hal ini tak lepas dari adanya kemudahan penggunaan internet yang menyebabkan digitalisasi lebih cepat diakses oleh konsumen.

Tak dapat dimungkiri bahwa saat ini banyak industri yang memanfaatkan serta mengandalkan teknologi digital guna terus menopang operasionalnya. Berkat digitalisasi inilah efektivitas dan efisiensi kerja di setiap bagian industri semakin meningkat. Dengan begitu waktu hingga seluruh sumber daya yang dimiliki oleh idustri tersebut dapat diolah seoptimal mungkin. Tentunya langkah tersebut diambil dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, bukan?

Digitalisasi sendiri dilakukan untuk mempermudah setiap user atau pengguna layanan dan produk dalam berbagai urusan. Dengan adanya berbagai kemudahan yang diberikan, besar kemungkinan loyalitas user akan semakin meningkat. Alhasil, transaksi yang dilakukan ataupun yang dihasilkan pun semakin besar nilainya.

Sayangnya walaupun digitalisasi mampu membawa dampak yang signifikan, tetapi tak semua segmen mau melek terhadap literasi digital. Oleh sebab itulah PT Bank Rakyat Indonesia(Persero) Tbk atau BRI berupaya menyediakan cara agar setiap segmen nasabah dapat memperoleh akses layanan perbankan dengan mudah.

Mengenal Lebih Dekat Bank BRI

Bank BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wiratmadja pada 16 Desember 1895, Bank Rakyat Indonesia (BRI) kini telah berusia 128 tahun.

Layanan dan digitalisasi Bri
Ilustrasi by Keza Felice

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, BRI hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Namun, siapa sangka bila pada awalnya, tepatnya pada tahun 1895 BRI memiliki nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Nama yang panjang tersebut pada akhirnya berubah menjadi Bank Rakyat Indonesia yang menjadi bank pemerintah pertama di Republik Indonesia setelah kemerdekaan RI sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.1 Tahun 1946 Pasal 1.

Sedangkan perubahan nama menjadi BRI terlaksana setelah beberapa waktu sebelumnya kegiatan BRI sempat terhenti. Saat itu perang untuk mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948 sedang berlangsung. Namun, pada tahun 1949 terjadilah perjanjian Reville dan BRI mulai aktif kembali. Pada masa itulah De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia.

Sementara itu, sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang Perbankan No.7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992, status dari BRI resmi berubah menjadi perseroan terbatas. Pada saat itu kepemilikan BRI masih seratus persen di tangan pemerintah Indonesia. Namun, pada tahun 2003 lalu Pemerintah Indonesia sepakat dan memutuskan untuk menjual sebanyak 30% saham bank BRI. Dengan demikian BRI menjadi perusahaan publik yang kini dikenal dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Visi

“The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion.”

Misi

Memberikan yang Terbaik

“Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.”

Menyediakan Pelayanan yang Prima

Memberikan pelayanan prima dengan fokus kepada nasabah melalui sumber daya manusia yang professional dan memiliki budaya berbasis kinerja, teknologi informasi yang andal, dan future ready, serta jaringan kerja konvensional maupun digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operational dan risk management excellence.

Bekerja dengan Optimal dan Baik

Memberikan keuntungan dan juga manfaat yang optimal kepada berbagai pihak yang berkepentingan dengan memperhatikan prinsip keuangan berkelanjutan dan praktik Good Corporate Governance yang sangat baik.”

Selain itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga menjunjung tinggi beberapa aspek nilai Akhlak, yang di antaranya ialah: Amanah; Kompeten; Harmonis; Loyal; Adaptif; dan Kolaboratif. Beberapa hal tersebut termasuk bagian dari tujuan BRI untuk Indonesia yang ingin menciptakan kenyamanan pelayanan bagi masyarakat.

Layanan dan digitalisasi BRI
Sepak terjang BRI memberi makna Indonesia, dihimpun dari berbagai sumber/Edited by Keza Felice

Layanan dan Digitalisasi BRI dengan Konsep Hybird Bank

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa saat ini preferensi masyarakat telah banyak berubah dengan lebih gemar melakukan transaksi secara digital. Bagaimana pun percepatan transformasi digital kini menjadi kunci untuk tetap bertahan dan beradaptasi terhadap kebutuhan zaman.

Beruntungnya sebagai bank terdepan yang telah menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI terus berupaya mendorong transformasi digital untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat luas. Digitalisasi BRI pun dilakukan sejak mencanangkan visi menjadi The Most Valuable Banking Group in South East Asia & Champion of Financial Inclusion di 2025.

Sebagaimana survey dari Deloitte, seperti disadur dari laman Developers.bri.co.id pada Minggu (03/12/2023), bahwa sebanyak 67% perusahaan yang melakukan transformasi digital adalah perusahaan yang lebih unggul daripada pesaing yang tidak melaksanakan digitalisasi. Sementara itu, berkat transformasi digital yang dilaksanakan oleh BRI, kini perkembangan nasabah BRI yang turut bertransformasi ke arah digital pun semakin pesat.

Di lain sisi jumlah aktivitas nasabah BRI yang telah menggunakan digital channel yakni sebanyak 96, 7%. Ini berbanding jauh dengan jumlah nasabah yang masih datang langsung ke unit kerja yang hanya berjumlah 3,3%. Pernyataan ini sesuai dengan yang telah disampaikan oleh Arga M.Nugraha sebagai Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI.

Bagi yang belum memahami, transformasi digital sendiri merupakan adopsi serta penggunaan teknologi untuk mengubah proses bisnis dan strategi menjadi digital. Transformasi digital mampu meningkatkan sumber daya, efisiensi waktu, hingga menciptakan berbagai ide serta inovasi guna mengembangkan perusahaan.

Dalam hal ini, untuk meningkatkan financial inclusion atau layanan keuangan di Indonesia, BRI melakukan transformasi digital dengan Hybird Bank Business Model. Yang bertujuan untuk menghadirkan layanan perbankan agar lebih efisien dan efektif, serta terintegrasi. Sedangkan konsep Hybird Bank sendiri dihadirkan untuk membantu dan melayani masyarakat yang mungkin belum sepenuhnya memahami dan akrab terhadap teknologi digital.

Dengan begitu masyarakat yang merasa kurang menguasai teknologi bisa tetap melakukan transaksi dengan mudah. Tentunya konsep Hybird bank ini telah disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang memang lebih menyukai hal-hal berbau instan, termasuk dalam bertransaksi. Contoh sederhananya, saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih melakukan pembayaran secara cashless melalui aplikasi tertentu saat berbelanja online. Ini lebih praktis bila dibandingkan harus berbelanja secara langsung ke toko-toko dan membawa uang tunai.

Selain itu, konsep Hybird bank yang hadir di era transformasi digital ini diciptakan  dengan memadukan keunggulan layanan fisik secara digital dan secara langsung, sehingga memungkinkan jangkauan layanan nasabah menjadi semakin luas. Hal tersebut dicanangkan agar BRI bisa melayani seluruh lapisan masyarakat hingga di daerah-daerah terdepan, terbelakang, maupun yang tertinggal secara hybrid, yaitu digital dan manual.

Menurut Andrijanto, Direktur Jaringan dan Layanan BRI, seperti disadur dari laman Republika.co.id pada Senin (04/12/2023), Hybird bank merupakan inovasi model, transformasi bisnis proses, dan tata kelola jaringan kerja dengan memadukan jaringan fisik, kapabilitas digital, serta layanan penasihat keuangan.

BRI memiliki sumber daya yang sangat memadai dalam menjalankan Hybird bank. Layanan dan digitalisasi BRI untuk masyarakat pun bukan sekadar bualan. Hal ini dapat ditilik melalui banyaknya jumlah Agen BRILink di seluruh Indonesia yang mencapai 698.000 agen.

Tak hanya itu saja, bukti bahwa BRI memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia juga diwujudkan dengan menurunkan penyuluh digital dan keuangan ke desa-desa untuk mengajari masyarakat dalam bertransaksi secara digital. Di lain sisi, BRI terus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membuka rekening secara digital. Dan mengajari masyarakat dalam menjaga rekening yang dimiliki dari kejahatan digital yang sering kali meneror dengan berbagai modus penipuan.

Sedangkan dalam layanan digital, BRI mempunyai keunggulan yakni pada Super Apps mobile banking BRImo. Aplikasi ini bahkan telah diakses oleh lebih ari 28 juta nasabah yang memiliki rekening BRI.

Menariknya, transformasi digital yang dilakukan BRI bukan hanya berdampak baik bagi efisiensi nasabah saja, melainkan juga memberikan dampak yang signifikan terhadap fee-based income BRI Menyadur dari instagram @bankbri_id pada unggahan 12 Oktober 2023, pertumbuhan fee-based income ini mencapai 9,14% yoy (year on year), yang mampu mengangkat pendapatan BRI hingga mencapai double digit. Ini artinya BRI berhasil menembus angka Rp10,22 Triliun untuk fee-based income.

Layanan dan Digitalisasi BRI
Perolehan DPK BRI sebagai salah satu hasil dari transformasi digitalisasi/Edited by Keza Felice

Layanan dan Transformasi Digital BRI untuk Masyarakat

Menyinggung soal transformasi digital, Direktur Utama BRI, Sunarso, menegaskan bahwa transformasi digital berhasil membantu meningkatkan inklusi keuangan, mendongkrak industri perbankan dengan sangat cepat, serta memberdayakan Usaha Ultra Mikro, Mikro, Kecil, dan Menengah yang menjadi salah satu fokus utama BRI. Maka tak heran bila BRI kerap disebut sebagai pahlawan UMKM.

Terbaru, BRI menunjukkan upaya nyata dalam mendorong pelaku UMKM dengan ikut serta dalam acara “Bazar UMKM untuk Indonesia” yang telah terlaksana pada 30 November hingga 3 Desember 2023 lalu. Dalam hal ini 136 Mitra binaan BRI turut memeriahkan bazaar UMKM. Dalam acara tersebut terdapat berbagai ragam produk unggulan dari berbagai daerah, mulai dari kecantikan, kuliner, fesyen, hingga kriya. Hal ini menunjukkan bahwa BRI benar-benar mendukung agar UMKM di Indonesia bisa terus maju dan berkembang.

Selain itu, BRI menyediakan serta terus meningkatkan layanan melalui platform digital untuk mempermudah setiap masyarakat khususnya nasabah BRI. Salah satu transformasi digital BRI diwujudkan dengan hadirnya layanan E-Channel, yakni layanan Bank BRI yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi dengan cepat, mudah, kapan saja, dan di mana saja.

Ada banyak jenis layanan dan produk digital banking BRI, di antaranya yakni BRImo, BRIAPI, BRIZZI, QLola, SMS Banking BRI, ATM BRI, Mini ATM BRI, EBuzz, QRIS, Digital CS, Mocash, dan Kiosk. Agar tak semakin penasaran, tak ada salahnya untuk menilik penjelasan singkat dari tiga layanan unggulan BRI, yakni BRImo, Mini ATM BRI (BRILink), dan QLola.

Sumber informasi: bri.co.id/edited by Keza Felice

1. BRImo

Tentu masyarakat sudah tak asing lagi dengan layanan BRI ini. Salah satu keberhasilan transformasi digital BRI dapat ditilik dari populernya aplikasi BRImo. Hal tersebut sejalan dengan volume transaksi Super Apps BRImo yang mencapai angka 66,687 persen yoy atau mencapai Rp2.984 triliun. Kesuksesan ini juga dicapai oleh BRI dengan jumlah penggunaan aplikasi yang telah mencapai 29,8 juta user per September 2023.

Layanan dan Digitalisasi BRI
Screenshoot menu "Home" aplikasi BRImo/Edited by Keza Felice via smartmockup

Keberhasilan diraih oleh BRImo sebab mobile banking besutan bank BRI ini mempunyai beragam keunggulan. Sebagaimana diungkapkan oleh Sunarso, seperti disadur melalui laman Solopos.com pada Minggu (03/12/2023), bahwa BRImo yang hadir sebagai mobile banking ini mempunyai beragam ekosistem keuangan di dalamnya. Financial superstore dan Super App yang mempunyai kemampuan transaksi lintas batas ini berhasil memikat nasabah. Hal ini disebabkan oleh BRImo yang mampu memenuhi serta menjawab kebutuhan nasabah dengan beragam fitur di dalamnya.

Sejauh ini aplikasi mobile banking dari PT Bank Rakyat Indonesia yakni BRImo di Google Play Store telah diunduh lebih dari 10 juta kali, dengan pencapaian ulasan sebanyak satu juta kali dengan rata-rata rating pada bintang lima. Sedangkan di App Store, BRImo mendapatkan rating 4,7 dan juga memperoleh lebih dari 123.000 review positif.

Dengan hadirnya aplikasi mobile banking BRI, kini masyarakat tak perlu lagi datang langsung ke bank BRI cabang terdekat hanya untuk melakukan trasaksi. Hal semacam ini bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman melalui aplikasi BRImo. Lantas apakah bisa melakukan pendaftaran mobile banking BRImo dari rumah? Tenang saja, kini masyarakat tidak perlu mengunjungi bank BRI secara langsung untuk membuat atau mendaftar akun BRImo, sebab pendataran bisa dilakukan secara mandiri di mana pun dan kapan pun.

Cara daftar serta aktivasi aplikasi BRImo juga sangat mudah. Tentunya hal ini akan membuat masyarakat lebih menghemat waktu, tenaga, hingga biaya transportasi. Layanan yang diberikan BRI melalui mobile banking BRImo ini merupakan bentuk transformasi digitalisasi untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat. Lagi pula ini lebih efisien dibandingkan harus datang langsung ke bank dan mengantre hanya untuk membuat akun BRImo.

Cara Daftar BRImo

Untuk mendaftar BRImo kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Download aplikasi BRImo di App Store atau Google Play Store
  2. Kemudian buka aplikasi dan pilih menu “Belum punya Akun”
    Layanan dan Digitalisasi BRI
    Screenshoot saat mendaftar BRImo/edited by Keza felice

  3. Berikutnya akan muncul informasi “Persiapan Mendaftar BRImo” di antaranya: KTP; Rekening BRI; Nomor Handphone; dan Email
  4. Setelah itu klik “Daftar Sekarang”
  5. Selanjutnya akan muncul panduan foto KTP maka klik “Mulai foto”. Pada tahap ini pastikan foto KTP berada dalam bingkai. Lalu isilah data berupa NIK, Nama, Tanggal Lahir, dan klik menu “Lanjutkan”
  6. Apabila sudah selesai lanjut dengan mengisi nomor rekening BRI milikmu yang masih aktif, dan tap menu “Lanjutkan”
    Layanan dan Digitalisasi BRI
    Screenshoot saat mendaftar BRImo/edited by Keza felice

  7. Setelahnya kamu perlu mengisi “Data Kontak” berupa “Nomor Hp dan Email” lalu klik “Lanjutkan”
  8. Kemudian kamu akan mendapatkan SMS berupa kode OTP Digital Signature dari PrivyID, maka silakan masukkan kode yang sudah kamu terima pada kolom yang disediakan pada aplikasi BRImo
  9. Kamu juga akan mendapatkan kode OTP pendaftaran BRImo dari BRI-OTP bercentang hijau melalui aplikasi WhatsApp
  10. Selain itu kamu juga perlu mengecek email dan masukkan enam digit kode verifikasi yang dikirimkan pada email terdaftar milikmu
    Layanan dan Digitalisasi BRI
    Bri.co.id/edited by Keza Felice

  11. Apabila sudah melakukan verifikasi, langkah selanjutnya yaitu “Perekaman Video”. Kamu akan diminta untuk membaca teks pernyataan pembuatan akun BRImo dari BRI, yang di dalamnya terdapat namamu. Pastikan kamu tidak bergerak saat perekama video
  12. Berikutnya kamu perlu menunggu proses verifikasi selama lima menit, jika berhasil kamu akan diminta untuk membuat password, username, serta nomor PIN
  13. Selesai, kamu bisa langsung login.

Selain proses pendaftaran yang mudah, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur menarik di aplikasi BRImo. Di antaranya yaitu: Tarik tunai; Transfer; BRIZZI; Dompet Digital; Pulsa/Data; BRIVA; Listrik; Mutasi; Konversi Valas; QR Pedagang; Setor Tunai; Transfer Internasional; Bayar tagihan Asuransi; Cicilan; Kartu Kredit; SNPMB; Telkom; Investasi Brights; Deposito; dan masih banyak lainnya. Dari banyaknya fitur dalam aplikasi BRImo maka tak heran bila mobile banking ini menjadi aplikasi andalan masyarakat khususnya nasabah BRI.

2. Mini ATM BRI (BRILink)

Tak hanya dengan menghadirkan BRImo sebagai wujud transformasi digitalnya, BRI juga berhasil melakukan inovasi layanan bank dengan sistem keagenan berbasis sharing economy. Tak dapat dimungkiri, kini banyak masyarakat yang lebih nyaman dan senang melakukan transaksi perbankan lewat agen. Beruntungnya BRI menghadirkan Mini ATM BRI yang dapat digunakan dengan mengunjungi agen BRILink.

Fitur Mini ATM BRI di agen BRILink memberikan berbagai layanan transaksi perbankan non  tunai dan self-service kepada masyarakat dengan berbagai fitur yang tersedia. Sedangkan fasilitas yang dapat dinikmati di antaranya seperti Registrasi E-banking; Penarikan Tunai; Info Saldo; Transfer Antar Rekening; Bayar Tagihan; Pembelian Pulsa; dan Ganti PIN.

Berkat adanya BRILink, setiap masyarakat dapat melakukan transaksi dengan mudah walaupun tidak memiliki buku rekening hingga ATM sekalipun. Masyarakat juga dapat melakukan pembayaran tagihan, pembelian token listrik, tarik tunai, setor pinjaman, dan berbagai jenis transaksi lain hanya dengan mengunjungi AgenBRILink.

Layanan dan Digitaliasi BRI
Ilustrasi Fasilitas BRIlink/Edited by Keza Felice

Seperti yang diketahui bahwa hingga September 2023, bisnis AgenBRILink terus meningkat. Seperti halnya BRImo, adanya BRILink merupakan salah satu jenis layanan dan digitalisasi BRI yang memudahkan masyarakat untuk bertransaksi dan melakukan berbagai aktivitas perbankan. Hal ini membuktikan bahwa BRI untuk Indonesia bukan hanya sekadar wacana.

Bagaimanapun BRI telah menempuh perjalanan panjang dan berkelanjutan untuk mewujudkan transformasi digital. Terbukti dengan terus bertambahnya jumlah agen BRILink yang kini jumlahnya lebih dari 660.000 agen di seluruh Indonesia. Sudah tentu layanan yang diberikan BRI melalui BRILink sangat membantu masyarakat untuk bertransaksi dengan mudah dan cepat.

3. QLola

Layanan dan Digitalisasi BRI
Fitur QLola/Edited By Keza Felice

Layanan E-Channel yang satu ini memiliki slogan, “Semua Kebutuhan Bisnis Anda dalam Satu Platform.” QLola besutan BRI ini merupakan produk inovasi terbaru dari bank BRI berupa Integrated Corporate Solution Platform. QLola akan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan akses ke berbagai layanan dan produk BRI hanya dalam satu kali login.

Platform QLola sendiri mengintegrasikan berbagai fitur yang tak dimiliki oleh platform lainnya, di antaranya ialah Investment Services; Cash management, Foreign Exchange; Financial Dashboard; Trade Finance; dan layanan lain yang akan mengoptimalkan kegiatan bisnismu. 

Pada November 2023 lalu, QLola by BRI berhasil menyabet penghargaan pada acara “Road to CNBC Indonesia Awards 2023”  sebagai “The Most Integrated Innovation Platform For Business Solution.” Dengan pencapaian penghargaan tersebut membuktikan bahwa BRI telah memberikan layanan terbaik sebagai solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Layanan dan digitalisasi BRI
Instagram.com/@bankbri_id

Bahkan, platform QLola by BRI ini mempunyai layanan API yang memungkinkan masyarakat untuk terintegrasi antara aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI sesuai dengan kebutuhannya. Terdapat juga fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan monitoring keuangan perusahaan dengan menampilkan balance history, real time balance, dan transaction history.

 

Ketiga jenis layanan yang dihasilkan berkat transformasi digital BRI tersebut telah terbukti memberikan dampak baik kepada masyarakat, bukan? Kini masyarakat semakin mudah untuk mengakses berbagai jenis layanan yang diberikan oleh Bank BRI. Sehingga setiap kebutuhan masyarakat terutama nasabah dapat terpenuhi. Berkat hadirnya transformasi digital termasuk di dalamnya menggunakan konsep Hybird bank, BRI akan terus menjangkau masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri.

Penghargaan yang Diraih BRI

Saat ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah berusia 128 tahun. Tentunya sepak terjang BRI sudah tak diragukan lagi. BRI memiliki 1 kantor pusat dan memiliki 8.647 unit kerja serta lebih dari 224.953 jaringan E-Channel  di tahun 2021 yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini BRI telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Pada tahun 2021 sendiri, BRI berhasil menyabet sebanyak 129 penghargaan. Sedangkan dalam beberapa waktu terakhir tepatnya di tahun 2023, BRI kembali berhasil memperoleh banyak penghargaan, berikut enam di antaranya:

  1. Euromoney’s Awards (Rank 1): Market Leader – Indonesia
  2. Asia Private Banking Awards 2023: Market Leader Trade Finance (Asian Banks) In Indonesia
  3. Asianmoney Best Bank Awards 2023: Best Domestic Bank In Indonesia
  4. Financeasia Asia’s Best Companies 2023: Best ESG Gold Indonesia
  5. The Banker Innovation In Digital Banking Awards 2023: Transformation Project (Agen BRILink)
  6. Best Future of Intelligence dalam ajang Future Enterprise Awards 2023
    Layanan dan Digitalisasi BRI
    Best Future of Intelligence dalam ajang Future Enterprise Awards 2023, baik di tingkat Indonesia maupun regional Asia Pasifik/Bri.co.id

Tentunya dengan berbagai pencapain yang berhasil didapatkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), sudah sangat cukup untuk membuktikan bahwa BRI benar-benar kompeten dan professional dalam memberikan pelayanan dan menghadirkan ragam inovasi program. Oleh karenanya kamu tak perlu ragu lagi untuk memilih BRI yang akan melayani nasabah dengan setulus hati.  

Dengan prinsip phygital and digital, BRI akan memberikan layanan secara fisik (langsung) dan tentu secara digital. Bagaimanapun sejauh ini BRI telah melalui dan menempuh perjalanan panjang dan berkelanjutan untuk melakukan transformasi digital. Layanan dan digitalisasi BRI dilakukan tak lain adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hingga kini BRI terus memberikan makna Indonesia, seperti dengan terus berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Salah satunya yakni melakukan transformasi digital dan memaksimalkan pelayanan. Didukung dengan beragam inovasi dan teknologi, layanan dan digitalisasi BRI memudahkan masyarakat dalam bertransaksi di mana pun dan kapan pun tanpa perlu khawatir lagi! Kini masyarakat bebas mengakases dan mengikuti berbagai program yang dicanangkan oleh BRI, karena BRI akan terus Melayani Sepenuh Hati 

 

Share with your friends

57 komentar

  1. Seperti biasa penjelasan mbk Keza pasti sangat informatif dan super lengkap πŸ˜€,memang di era digital semuanya serba mudah,tinggal sentuh" layar aja semua serba praktis dalam bertransaksi, kebetulan suami saya pake BRI,walau istrinya beda😁,pernah juga saya transaksi lewat ATM BRI, njajal ,dan ternyata mudah juga transaksi walau beda bankπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak
      Hehe bener banget, Kak. Jaman sekarang kudu melek digital dan kebanyakan emang udh beralih ke digital ...
      Hehe gak papa beda mbak, toh punya suami mash bsa dpake hehe

      Hapus
  2. Maksudnya yg ATM BRI link...kan banyak banget udah tersebar di mana-mana,waktu itu karena saya mau isi saldo / TF Dana, tapi pas lagi gangguan di hp, jadi mau gak mau jadinya ke ATM mini, paraktis kalau pas lagi butuh "nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak, BRILink ada dmna2 dan membantu banget buat transaksi apa pun. Apalagi orang yg sudah tua, kadang ga tau m-banking, jd transfer enaknya ke Brilink. Toh bisa ke berbagai bank

      Hapus
  3. lengkap sekalinpenjelasanya mbak, saya baru tau ternyata bri di dirikan di purwokerto, dan waktu itu namanyapun belum bri :D

    memang di jaman sekarang perbankan mobile semakin merajalela, dengan adanya brimo jdi makin setia pakai bri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Kak sudah mampir.
      Iya kak, ternyata malah di sana.
      Aku pun jadi betah pakai BRImo, buat nabung aja tapi. Hehe biar duitnya gak bablas terus ke tukang cilok

      Hapus
  4. Ternyata Bank BRI Bank pertama di Indonesia, mantap πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bank Pemerintah pertama, Om. Tapi ya sekarang emang terdepan banget sih menurutku. Aku setia lah sama BRI hihi. Saldo 10K aja masih aktif ATMnya. Good banget

      Hapus
  5. BRI memang gak diragukan lagi,, makanya valuasinya besar banget,, karena sekelas di pedesaan aja kadang sudah bisa buka cabang,, terus untuk conter brilink nya juga banyak banget,, mana kalau tempat pelosok yang gak ada bank bri cukup bantu banget untuk warga yang mau transfer duit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak betul sekali. Di mana2 ada BRI. Hadirnya BRILink memang bantu banget di pelosok2 yg jauh dari bank cabang. Buat masyarakat yg gak punya ATM, rekening, atau mau narik tunai yg beda bank pun tetap bisa pakai pelayanan BRILink. Di sini pun gtu makanya masyarakat jd nyaman buat transfer dan tarik tunai, gak bingung lagi

      Hapus
  6. lengkap bgt infonya euy. Digitalisasi BRI memang luar biasa bgt.keren

    BalasHapus
  7. Oh, ternyata BRI didirikan pertama kali di Jawa Tengah dengan nama yang panjangnya tak ketulungan.

    Era sekarang berbagai produk Bank diluncurkan untuk memudahkan nasabah. Namun si nenek gaptek ini tetap melakukan transaksi secara manual. Paling pakai ATM. Takut salah tekan terus hangus semua saldo. Ha ha ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiya bunda, sekarang jd tau kan perjuangannya BRI hehe

      Gak papa bund pake ATM juga, yg penting aman dan nyaman

      Hapus
  8. penjelasannya super lengkap
    saya kalau bri taunya pasti melayani setulus hati

    BalasHapus
  9. Wah, udah lama ya BRI didirikan. Rasanya pernah lihat iklan di kain rentang tentang penghantaran wang mudah dari Malaysia ke Indonesia gunakan BRI ini dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sudah ratusan tahun. Iya, di Malaysia bahkan bisa buka tabungan menggunakan aplikasi BRImo juga loh, Kak. Kemudahan digitalnya udh sampe ke luar negeri ... Ke beberapa negara lain juga

      Hapus
  10. Salut dengan tulisan yang detil mengenai BRI mulai dari sejarahnya sampai dengan layanan-layanan mutakhir BRI ditambah dengan ilustrasinya yang ciamik. Keren banget Mbak.

    Ternyata Mbak blogger/penulis profesional, plus jago juga bikin ilustrasi, plus juga tampilan blognya yang cantik....

    Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar ke blog dan tulisan saya yang seadanya saja. Semoga terjalin persahabatan walau hanya dengan saling berkungjung dan berkomentar.

    Salam kenal dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah baca artikelnya, Kak. BRI memang terdepan sejauh ini, alhamdulillah bikin betah hehe.

      Alhamdulillah bisa dikit² kak bikin ilustrasinya


      Salam kenal, Kak. Aku dari Lampung. Semoga bisa konsisten nulis dan tetap saling sapa

      Hapus
  11. Detil banget penjelasannya tentang bank BRI, dari sejarahnya, sampai masalah digitalisasi.

    Memang sekarang bank juga harus digital agar bisa mengikuti perkembangan zaman, cuma aku ngga punya akun bank BRI, tapi kalo transaksi kadang pakai BRI link sih di toko sebelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih om

      Iya bener bngt. Klo gk mau mengimbangi dg kcanggihn teknologi dn digitalisasi, ya bsa ketinggalan

      BRILink emang cocok buat tf ke mana pun.

      Hapus
    2. Berarti tabin punya BRI link dong. Minimal saldo berapa tuh kalo mau daftar BRI link?

      Hapus
    3. Nggak om, aku punyaknya rekening dan aplikasi BRImo-nya aja

      Hapus
  12. out of topic
    mostly....kawasan jauh dari bandar di sana... bagaimana ya capaian internet nya? masih lagi E (Edge) atau lebih advance lagi? 5G?

    BalasHapus
  13. 128 tahun?
    wahhhhh sejak dari zaman Belanda???

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRI sudah ada sejah tahun 1895 ,Kak. Karenanya tema hut kali ini "Kuat dan Hebat". Menggambarkan perjalanan BRI hingga detik ini, dg semangat, inovatif juga. Usianya dh sangat lama ya hehe

      Hapus
    2. bukan mudah untuk sesebuah institusi berdiri kukuh untuk tempoh yang lama. BRI sudah buktikan ia bukan sesuatu yang mustahil

      Hapus
    3. Betul, Kak Anies. Ibaratnya bertahan puluhan tahun pun susah dan banyak ujian, tapi BRI mampu melalui dan terus berkembang

      Hapus
  14. BRI memang oke banget .. dulu waktu kecil diajarin nabung buka rekening di BRI .. Alhamdulillah sekarang udah punya anak istri BRI selalu di hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om bener banget. Syarat pembuatannya juga mudah. Aku juga pake BRI udah lama banget. Saldo sisa sedikit aja masih tetap aman hehe

      Hapus
  15. Halo Mbak Keza, salam kenal, pertama mampir kesini nih.. btw, template blognya bagus banget mbak, rapi juga tata letaknya.

    Terus ini postingan tentang BRI-nya.. wah, bener-bener niat banget bikinnya hehe. Saya pernah pakai BRI lumayan lama dan cuma ngandelin BRIMO buat transaksinya, soalnya kartu ATM-nya ilang dan kalau mau ngurus harus bikin surat kehilangan dulu ke Polsek, males banget jadinya. Prosesnya nggak bisa langsungan aja gitu ke CS terus diproses.

    Kurang praktisnya BRIMO palingan kalau mau ambil uang, ambilnya maksimal nominal 1 juta ya, kalau mau ambil 5 juta berarti harus 5X pakai BRIMO hehe

    Tapi di luar itu, BRI di kota saya paling gampang dicari ATM-nya jadi bisa diandalkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kak, makasih udah singgah di sini

      Pake BRImo emang memudahkan banyak hal, kak ... Aku jga pake BRImo.
      Wah aku februari lalu bikin ATM krna atm lama ketelsn mesin, tp gak bkin surat kehilangan ...

      Iya kak BRI akses termudah dan mudah ditemukan

      Hapus
  16. Kapan ya saya punya rejeki dapat menabung lagi... semoga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga disegerakan ya kakπŸ˜‡πŸ€²

      Hapus
    2. terima kasih kak, semoga pula dengan kakak memiliki rejeki yang banyak sehingga menabung terus dan terus manabung

      Hapus
  17. wahh...gampang banget. semuanya di hujung jari kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak... Berkat digitalisasi dan keberanian BRI dalam melakukan transformasi, ssmua jadi dhujung jari saja untuk transaksi

      Hapus
  18. Sayang bgt aku gak punya BRI mbak... mungkin nanti deh.. ada rencana sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobaik pKek kak hehe. Aku pake BRI buat jd rekening kalo ada yg psen2 buket hehe. Transaksiny yg mudah pake BRI soalnya kbnyakan customer pake BRI

      Hapus
    2. wah, apa iya? ok deh, buat planing tahun depan..

      Hapus
  19. Tiba-tiba jadi ingat... Saya punya satu reening BRI dari bansos tenaga kependidikan di masa pandemi lalu... Sepertinya sudah tidak aktif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba dicek, Pak?
      Kalau bansos itu dari pemerintah ya berarti? Saya kurang paham malah hehe

      Hapus
  20. Aku memang ga pakai BRI untuk rekening pribadi, tapi rekening bisnis keluarga pakai BRI. Soalnya dulu dari awal papa mendirikan bakery , itu pinjamannya dari BRI, sampai akhirnya berkembang belasan cabang sekarang ini. Jadinya sekalian utk rek bisnis dengan BRI 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah malah pakai rek.bis mantap banget, Kak.

      Sukses terus untuk usaha bakery-nya kak. Mantap ya sampe punya cabang belasan gitu dan tetap setia dg BRI.

      Hapus
  21. Baru tahu tentang bank yang terbesar di Indonesia ini. Segala transaksi di hujung jari saja, kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak betul. Sekali klik semua beres. Dari Malaysia juga bisa pakai BRImo dari BRI kak hehe semua dijangkau BRI supaya kebagian mudahnya

      Hapus
  22. Perbankan itu salah satu bidang yang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan sekarang sebagian besar transaksi cukup menggunakan smartphone. Tidak perlu lagi datang ke kantor bank atau atm.

    Kalau BRI cabangnya sampai di tiap kecamatan. Jangkauannya sangat luas. Itu salah satu keuntungan menggunakan bank bri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Kak. Hampir semua hal bisa dilakukan lewat HP di satu aplikasi tertentu. Sama kayak BRImo. Semua bisa dilakuin cuma sekali klik doang

      Luas banget, Kak, Memudahkan masyarakat yg emang butuh, kayak mau tf tanpa rekening, nabung, kan semua mudah di BRILink

      Hapus
  23. Alhamdulillah
    saya jadi tahu sejarah dari bank BRI
    awal namanya cukup panjang juga ya
    Saya sempat pengen punya usaha BRI link
    Semoga lain waktu bisa terwujud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om, namanya pas awal cukup panjang emang.
      Wah semoga terwujud ya om. Untuk syarat lengkap dan penjelasannya coba kunjungi website resmi BRI yang ada di artikelku om. Siapa tau bisa cepat terwujud

      Hapus
  24. Perbankan kini mulai masif saat melakukan pembaruan sistem dan layanan. dulu, tidak mudah untuk menemukan bank di daerah, kalau adapun kadang tidak sesuai dengan yang dituju jadi harus kena biaya admin yang menurut sebagian cukup tinggi.

    Kini seiring perkembangan teknologi, perbankan bisa dilakukan dengan jentikan jari. Tidak harus ke bank, cukup dengan handphone bisa melakukan transaksi kemana aja ya, Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kak. Dulu susah banget mau transfer. Sekarang mah tinggal klik aja selesai. Atau bisa ke BRILink yang bisa ditemui di mana aja.
      Bagi orang desa kayak aku sih ini membantu banget

      Hapus
  25. BRI Makin mantap yaa. Bank yang terkenal karena jaringan pedesaan ini makin meluas coverage nya, dan makin canggih juga. Sukses terus untuk BRI

    BalasHapus
  26. semoga BRI terus meningkatkan layanannya, improvisasi di dunia digital boleh. tapi jangan lupakan juga offline nya. sampai sekarang masih banyak sekali kasus atm error, jaringannya gangguan, dsb

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done