10 Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam, Jangan Menyakiti Diri Sendiri! - Keza Felice
News Update
Loading...

Selasa, 21 Desember 2021

10 Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam, Jangan Menyakiti Diri Sendiri!

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi seorang perempuan (Unsplash)/Maria Teneva

Cara cepat move on dari mantan menurut Islam akan meringankanmu dalam proses hijrah. Tak dapat dimungkiri kenyataannya putus cinta dapat menyebabkan seseorang patah hati dan kecewa, bahkan ada kemungkinan memilih menutup diri dari lingkungan sekitar dan dunia luar.

Biasanya hal tersebut terjadi karena gagal move on dari mantan kekasih. Di mana muncul perasaan tidak dapat menerima kenyataan bahwa cinta dan perjalanan asmaranya sudah kandas di tengah jalan. Akibatnya, tak sedikit orang yang merasa sakit secara mental maupun fisik hanya karena putus cinta. Tentunya kamu tak ingin hal tersebut menimpa dirimu, bukan? Karenanya kamu harus tahu bagaimana cara yang baik untuk segera move on dari mantan kekasih.

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam, Tidak Mustahil!

Meskipun rasanya sangat melukai perasaan, tapi dalam Islam hal tersebut justru patut disyukuri. Sebab pengalaman sepahit apa pun semestinya diartikan sebagai bentuk kasih sayang Allah SWT terhadap hamba-Nya, salah satunya dengan menjauhkan dari perbuatan zina dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya.

Islam memang tidak mengenal hubungan pacaran, karenanya putus cinta semestinya menjadi langkah awal untuk berhijrah agar menjadi seorang muslim yang lebih baik. Apabila kamu masih saja sulit move on dengan cara biasa, coba lakukan beberapa cara di bawah ini supaya proses move on dari mantan pacar bisa berhasil.

1. Salat Taubat

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi seorang lelaki beribadah (Unsplash)/Rachid Oucharia

Cara move on dari gebetan menurut Islam yang paling mudah ialah dengan melaksanakan salat taubat. Kamu bisa meminta ampunan kepada Allah SWT atas berbagai hal yang telah dilakukan selama ini. Cobalah taubat dengan bersungguh-sungguh dan menyesali kesalahan-kesalahanmu.

Kamu tak perlu pesimis ataupun ragu bahwa ketulusan taubatmu tidak akan diterima oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Allah Maha Pengampun atas segala dosa dan kesalahan hamba-hamba-Nya, selagi apa yang kamu lakukan adalah pertaubatan yang sungguh-sungguh. Dekat dengan Allah akan membuat perasaanmu menjadi tenang dan proses move on tentu akan semakin lebih ringan dan mudah.

2. Yakin Kalau Putus Cinta Merupakan Jalan Terbaik

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi wanita tersenyum (Unsplash) 

Salah satu motivasi move on Islam yang perlu kamu ingat yaitu yakin kalau putus cinta merupakan jalan terbaik dari Allah SWT. Dengan putus cinta, artinya Dia telah menjauhkanmu dari kemaksiatan, perbuatan zina, dan kepedihan hati yang lainnya.

Mungkin kamu tidak menyadarinya saat ini karena menganggap mantan kekasihmu adalah sosok yang sempurna. Tetapi perhatikanlah pada beberapa waktu berikutnya, pasti kamu akan merasa bersyukur setelah mengetahui keburukan apa yang terjadi padanya.

Oleh sebab itulah sudah semestinya kamu tetap bersyukur kepada Allah atas jalan yang telah Dia berikan. Tentu saja tidak ada jalan yang baik selain jalan yang sudah Allah pilihkan untukmu. Sebagaimana firman-Nya dalam surah Al Baqarah: 216 yang artinya:

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Baca Selengkapnya: 80 Kata-kata Ucapan Selamat Tahun Baru untuk Pacar, Sahabat, dan Keluarga Terbaik

3. Menyadari Diri Sendiri

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi wanita sendirian (Unsplash)/Nicola Fioravanti

Mungkin kamu sering kali bertanya bagaimana cara melupakan mantan yang masih kita sayang. Tentu jawabannya akan sangat sederhana, di mana kamu hanya perlu menyadari diri sendiri bahwa pacaran itu merupakan hal yang salah. Maksudnya, dari pandangan Islam pacaran itu memang tidak dibenarkan.

Apabila kamu sudah melakukan banyak cara supaya bisa move on dan ternyata tetap gagal, langkah ini harus kamu lakukan sesegera mungkin. Tanamkan dalam hatimu bahwa Allah sedang menghentikan kamu dari perbuatan yang keliru. Dan berusahalah untuk meyakinkan hatimu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, yaitu menjalin hubungan sebelum waktunya. Kamu juga harus menyadari bahwa kekecewaan dan rasa sakit akibat putus cinta itu memang teguran dari Allah.

4. Menyibukkan Diri

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi orang sibuk (Unsplash).Andrew Teoh

Tips move on paling ampuh yang tak kalah mudahnya untuk dilakukan ialah dengan menyibukkan diri. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat agar fokus pikiranmu tidak hanya pada mantan kekasih. Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut akan menyita waktumu sehingga tak ada lagi kesempatan untuk mengkhayal ataupun membayangkan tentang kenangan indah bersama dia.

Sebagai seorang muslim, kamu dapat melakukan banyak tindakan bermanfaat seperti mengikuti pengajian rutin, fokus pada karier, sekolah, ikut serta dalam kegiatan kemanusiaan, dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa bila kamu tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat, kamu pasti akan menyibukkan diri dengan berbagai hal yang sia-sia. Tentunya itu akan membuat kamu semakin terjebak dengan pikiran yang ‘gelap’ bukan?

5. Berdoa dengan Tulus

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi berdoa (Unsplash)/Jeremy Yap

Kamu bisa memanjatkan doa melupakan mantan pacar menurut Islam sebagaimana yang telah Ummu Salamah lakukan dahulu. Daripada kamu menghabiskan banyak uang untuk jalan-jalan atau travelling ke berbagai kota, ada baiknya jika kamu memilih memantapkan hati. Yakinlah bahwa dengan berhijrah meninggalkan hubungan pacaran kamu akan diberikan yang terbaik.

Berdoalah dengan memohon agar Allah SWT memberikan pahala kepadamu atas musibah yang menimpamu, dan mintalah kepada-Nya agar diberikan yang lebih baik daripada musibah tersebut. Apabila kamu istiqomah dengan terus berdoa seperti ini setiap selesai salat, Insya Allah kamu akan lebih mudah melupakan mantan kekasih alias move on.

Baca Juga: 8 Cara Chat Cowok Biar Dia Nyaman dan Cepat Jatuh Cinta

6. Memperbanyak Istighfar dan Dzikir

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi tasbih untuk dzikir (Unsplash)/GR Stocks

Cara move on dari mantan pacar selanjutnya ialah dengan memperbanyak istighfar dan juga dzikir. Tanpa kamu sadari, dengan banyak mengingat Allah melalui asma-Nya, kamu akan mempunyai jiwa dan hati yang lebih tenang dalam Islam.

Jangan lupa bahwa berdzikir merupakan salah satu cara menghilangkan kegalauan dalam Islam. Salah satu keutamaannya ialah memudahkan kamu untuk mensyukuri setiap yang terjadi. Kamu akan lebih mudah bersyukur dan menikmati apa pun yang Allah SWT berikan, termasuk ujian dalam hidup. Bahkan fadilah berdzikir yang akan kamu dapatkan yaitu pahala yang besar serta memperoleh pengampunan.

7. Memperbanyak Ibadah

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi seorang lelaki (Unsplash)/Mhreeza

Perlu diketahui bahwa cara move on dari mantan tersayang ialah dengan memperbanyak ibadah. Siapa tahu kamu tidak sadar telah melakukan banyak kesalahan ketika pacaran. Karenanya inilah saat yang tepat bagimu untuk memperbanyak ibadah.

Kamu bisa memperbaiki ibadah, baik yang sunnah maupun wajib. Dengan begitu kamu akan lebih mudah fokus pada kehidupan yang lebih baik. Pikiranmu tidak hanya dipenuhi dengan hal-hal negatif, melainkan berisi berbagai hal positif. Secara alami hal semacam ini akan terjadi ketika kamu mulai dekat dengan Allah. Mungkin dari banyak doa yang kamu panjatkan dalam berbagai ibadah yang dijalankan itu, Allah akan memberikan kamu pasangan yang jauh lebih baik darinya.

8. Gunakan Waktu untuk Keluarga

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi keluarga (Unsplash)

Salah satu cara move on menurut psikolog ialah melakukan hal-hal yang menyenangkan walaupun kamu tidak ingin. Salah satunya yaitu dengan menggunakan waktu untuk kumpul keluarga. Mungkin kamu merasa sakit hati, bad mood, dan tak ingin diganggu hingga memutuskan untuk menyendiri di kamar. Akan tetapi kamu perlu tahu bila mengurung diri hanya akan membuat pikiranmu semakin keruh seakan-akan dunia mengutukmu.

Kamu harus ingat bahwa putus cinta bukan akhir dari segalanya dan dunia tidak akan kiamat bila kamu hanya putus cinta, bukan? Karenanya kamu perlu memanfaatkan waktu untuk bersama keluarga. Ketahuilah jika keluarga merupakan orang-orang yang akan selalu ada untuk kamu. Sehingga tak perlu khawatir, mereka tidak akan menambahkan beban kesedihan kepadamu. Sebaliknya, mereka justru akan menghibur dan membuatmu lupa terhadap kesedihan yang dimiliki. Dengan demikian kamu akan lebih mudah move on dari mantan.

Baca Juga:  6 Ciri Cowok Marah Tapi Masih Sayang, Jangan Sampai Kamu Salah Paham!

9. Menghindari Tempat Kenangan

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi seorang pria dan koper (Unsplash)/ Mantas Hesthaven

Cara move on dari mantan LDR salah satunya dengan menghindari tempat-tempat yang penuh kenangan. Ini berlaku juga bagi kamu yang menjalin hubungan pacaran biasa. Jika kamu tidak ingin merasa sedih, cobalah untuk tidak melewati atau justru mendatangi tempat yang pernah kalian kunjungi bersama. Sebab hal tersebut hanya akan membuatmu mengingat kembali momen manis yang pernah kalian lakukan dulu, sehingga perasaanmu akan terluka karena tak lagi bisa mengulangi hal tersebut bersama dengannya.

Tetapi bila kamu sudah benar-benar bisa move on, maka tak masalah jika kamu mengunjungi tempat tersebut. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa perasaanmu tidak akan goyah dan kamu masih bisa tersenyum bahagia setelah mengunjunginya!

10. Jangan Stalking Mantan

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Islam
ilustrasi sosial media (Unsplash)/Austin Distel

Cara cepat move on dari mantan yang terakhir yaitu dengan tidak stalking mantan melalu berbagai akun sosial media yang dia miliki. Kebanyakan orang yang gagal move on itu karena dia terlalu sering menilik aktivitas mantan kekasihnya di sosmed.

Kamu harus sadar kalau kalian memang sudah putus sehingga tidak ada gunanya lagi untuk mengetahui kegiatan mantan. Sebab hal tersebut justru akan membuat perasaanmu menjadi tidak karuan, terlebih bila kamu melihat posting-an fotonya bersama teman-teman baru. Mungkin juga setelah putus darimu dia sudah mesra dengan gebetannya. Nah, agar kamu tidak kecewa, sebaiknya jangan melakukan stalking yang tidak berfaedah ini.

 

Itulah beberapa cara cepat move on dari mantan menurut Islam. Beberapa cara tersebut bahkan sudah umum dilakukan oleh banyak orang. Ingatlah bahwa kamu itu sangat berharga, sehingga hargailah dirimu sendiri dengan tidak terus-menerus bersedih, sehingga agar Allah segera mempertemukan kamu dengan pasangan yang tepat.




Share with your friends

4 komentar

  1. Iya kalau mendekatkan diri pada Allah insyaAllah masalah jadi ringan atau bahkan hilang sehingga mudah Move On.

    Atau bisa juga goyang dumang, kan ada tuh liriknya, "ayo goyang dumang, agar hati riang, semua masalah jadi hilang," 🤣🏃‍♂️🏃‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa selalu ngelawak sih? Kwkwkwk iya juga yak, goyang dumang bisa bikin masalah hilang bahaha ya ampun ngakak euy

      Hapus
  2. Kalo move on versi aku bukan berarti melupakan tapi berusaha tetap bergerak. Rata-rata orang yang gamon alias gagal moveon tuh penyebabnya terlalu banyak ngelamun, stalking sosmed mantan apalagi dengerin lagu galau sampe lupa waktu dan lupa makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu tuh yang merugikan, Kak Stalking juga bikin susah mupon banget. Aku bersyukur sih bisa cepet move on. dua minggu dah bisa biasa aja kwkwkkw.

      Hapus

Hi! Aku Keza Felice, seorang Content Writer, Ghost Writer, Penulis Novel, dan penikmat musik. Terima kasih sudah berkenan mampir. Untuk mengenaliku lebih dekat lagi, silakan kunjungi Instagram @Keza236_queen

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done