40 Ide Jualan Makanan saat Puasa yang Bikin Untung Makin Melimpah di 2023 - Keza Felice
News Update
Loading...

Minggu, 12 Maret 2023

40 Ide Jualan Makanan saat Puasa yang Bikin Untung Makin Melimpah di 2023

 

 

Ide Jualan Makanan saat Puasa
Ilustrasi: Pixels (Jonathan Borba)

Banyak orang merasa antusias dalam menyambut bulan Ramadhan. Tak hanya menjadi waktu yang baik untuk memperbanyak ibadah bagi umat Islam, tetapi tak sedikit orang yang ingin memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencoba peruntungannya dalam membuka usaha. Menemukan ide jualan makanan saat puasa diharapkan dapat memberikan banyak keuntungan.

Bagaimana pun momen buka puasa memang sangat menyenangkan. Berburu takjil berupa makanan ataupun minuman untuk berbuka puasa pun telah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Menariknya, hal tersebut justru dapat menjadi salah satu kesempatan yang baik bagi kamu untuk memulai usaha jualan saat bulan puasa.

Ide Jualan Makanan saat Puasa

Cara menghasilkan uang di bulan Ramadhan sangatlah beragam, salah satunya dengan berjualan. Tak perlu dengan modal yang besar, kamu cukup berjualan minuman ataupun makanan ringan yang memang banyak diminati saat bulan puasa. 

Berikut beberapa pilihan ide berjualan makanan ataupun minuman saat bulan puasa.

1. Martabak

Menjual martabak telur atau martabak manis bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahanmu saat bulan puasa lho! Menu makanan ringan yang biasa dijual saat malam hari ini justru termasuk makanan yang banyak diburu saat bulan Ramadhan. 

Hal ini karena martabak bisa menjadi menu pembuka saat berbuka atau justru disantap saat bersantai setelah salat tarawih. Karenanya kamu dapat menjadikan martabak sebagai ide jualan bulan puasa kekinian.

2. Kurma

Seperti yang kamu ketahui bahwa kurma menjadi salah satu menu makanan ringan yang banyak dijumpai saat Ramadhan. Karenanya kamu bisa menjadikan buah yang satu ini untuk dijual saat bulan puasa. 

Kurma menjadi menu favorit banyak orang karena memiliki kandungan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian menahan haus dan lapar saat puasa. Selain itu mengonsumsi buah kurma juga merupakan sunnah Rosul.

3. Pizza

Banyak yang menganggap pizza sebagai makanan mewah dengan harga yang mahal. Karenanya kamu dapat mengubah persepsi tersebut dengan membuat pizza berukuran mini. Pizza menjadi salah satu makanan yang laris di bulan puasa dan menjadi camilan favorit kebanyakan orang. 

Oleh sebab itulah kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup banyak keuntungan. Karena selain cita rasanya yang enak, pizza juga dapat dijual dengan aneka topping. Sehingga ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk makanan jualanmu.

Baca Juga: 50+ Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari dengan Keuntungan Berlipat Ganda

4. Bakmi

Bakmi bisa menjadi ide jualan bulan puasa 2023 yang tak kalah larisnya lho. Semangkuk bakmi dengan kuah yang hangat dan cita rasa yang nikmat bisa menjadi menu andalan untuk berbuka puasa. 

Apalagi kebanyakan orang Indonesia menyukai berbagai macam olahan mie. Karenanya menu yang satu ini dapat diandalkan untuk menarik perhatian pembeli.

5. Bubur dan Kolak

Siapa yang tidak tahu akan kepopuleran dua jenis makanan ini? Adanya anjuran mengonsumsi makanan manis untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa menjadikan bubur dan kolak sebagai primadona. Kamu bisa menjual aneka bubur dan kolak. 

Seperti bubur kacang hijau, bubur candil, bubur sumsum, kolak ubi, kolak pisang, kolak kolang-kaling, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menyajikan makanan ini saat masih hangat atau dengan menambahkan es batu agar rasanya lebih menyegarkan. 

Namun, akan lebih baik bila kamu memberikan topping yang tidak banyak ditemukan dalam hidangan rumahan sehingga orang-orang yang sudah biasa mengonsumsi kolak dan bubur akan tetap tertarik untuk membelinya.

6. Aneka Macam Gorengan

Aneka macam gorengan juga bisa menjadi ide jualan saat puasa. Jajanan dengan harga murah ini terbilang sangat laris di pasaran. Gorengan bisa dijadikan sebagai camilan pembuka maupun penutup, yakni setelah selesai tarawih. 

Aneka gorengan yang dapat kamu jual di antaranya seperti tahu isi, tempe goreng, cireng, ubi goreng, bakwan, dan lain sebagainya.

Selain mudah dijual, aneka gorengan juga bisa dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dengan harga murah. 

Sehingga kamu dapat meraup keuntungan yang lebih banyak dengan modal yang terbilang minim.

7. Lauk Pauk

Tak hanya jajan atau camilan ringan saja, berbagai jenis lauk pauk yang sudah matang juga bisa kamu jual di bulan puasa. Terkadang orang-orang merasa malas memasak karena sudah lelah dengan pekerjaan mereka, ditambahkan dengan puasa selama seharian, ini membuat mereka lebih memilih untuk membeli lauk pauk daripada mengolahnya sendiri. 

Karenanya kamu dapat memanfaatkan ide jualan lauk pauk bulan puasa ini untuk meraup banyak keuntungan.

8. Kue Kering

Kue kering bisa kamu jual saat bulan puasa karena kebanyakan orang tak sempat untuk menyiapkan camilan semacam ini saat sore hari. 

Dengan menjual kue kering saat puasa, kamu juga dapat menarik perhatian pembeli agar mereka memesan kue kering darimu untuk lebaran Idulfitri. Sehingga keuntunganmu akan bertambah dengan lebih cepat.

Baca Juga: 5Cara Cerdas Tingkatkan Omset saat Jualan di Bulan Puasa, Langsung Cobain!

9. Froozen Food

Tak sedikit orang yang menyukai makanan simpel dan instan untuk disantap saat berbuka puasa. Bahkan beberapa orang juga memilih menyimpan aneka macam frozen food agar dapat digunakan sewaktu-waktu.

 Kamu bisa menjual anek frozen food seperti aneka bakso, aneka sosis, anek dimsum, daging ayam beku, dan lain sebagainya.

10. Pisang Cokelat

Piscok atau pisang cokelat juga menjadi primadona saat bulan puasa. Makanan bercita rasa manis ini bisa menjadi menu berbuka puasa yang tak terlalu mengenyangkan tetapi cukup untuk mengatasi rasa lapar sebelum mengonsumsi nasi. 

Membuat pisang cokelat juga tidak terlalu susah. Bahkan bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan dengan harga yang relatif murah. Ini akan menjadi kesempatan yang baik bagimu untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

11. Bolu Kukus

Makanan bercita rasa manis seperti bolu kukus juga bisa menjadi ide jualan makanan bulan puasa lho. Bolu kukus tak kalah laris saat Ramadhan, terutama bolu kukus pandan yang memang memiliki aroma wangi dan begitu khas.

 Kamu bisa menjual bolu kukus dengan berbagai varian rasa dan ukuran sehingga pembeli dapat memilih dengan leluasa sesuai keinginan mereka.

12. Dessert Box

Dessert box bisa menjadi ide jualan kekinian saat bulan puasa. Dengan tekstur pudding yang lembut dan berbagai varian rasa yang tersedia, juga cita rasanya yang manis, akan membuat pembeli merasa tertarik untuk membeli.

13. Donat

Sama halnya dengan dissert box, donat juga identik dengan cita rasa manis. Kamu bisa membuat berbagai macam topping untuk donat buatanmu. 

Dan kamu juga bisa menyesuaikan ukuran dengan harga yang ingin ditawarkan kepada pembeli. Ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk menjadikan jualanmu laris.

Ide Jualan Makanan saat Bulan Puasa

Ide Jualan Makanan saat Puasa
Ilustrasi: Pexels (Rajesh TP)

Selain beberapa jenis makanan tersebut, masih ada beberapa jenis olahan makanan yang bisa kamu jual saat bulan puasa. Bahkan, kamu juga dapat menjual aneka macam minuman menyegarkan. Di antaranya seperti berikut ini!

14. Pudding

15. Es pisang ijo

16. Cilok

17. Aneka minuman dingin

18. Sop buah

19. Es dawet

20. Es cendol

21. Aneka Makanan Ringan

22. Aneka Makanan Tradisional

23. Kroket Kentang

24. Buah-buahan Iris

25. Es Kopi Susu

26. Es Cokelat

27. Ayam Geprek

28. Es Boba

29. Kue Lapis

30. Aneka Makanan Ala Korea atau K-Food

31. Seblak

32. Ceker Mercon

33. Bakso Bakar atau Aneka Seafood Bakar

34. Asinan Buah

35. Asinan Sayur

36. Aneka Puding

37. Pecel

38. Sate

39. Nasi Bungkus

40. Martabak Mini

 

Banyak pilihan ide jualan makanan saat puasa beserta minuman kekinian yang memiliki potensi besar untuk meraup banyak keutungan. Kamu juga bisa memasarkannya secara online maupun offline. Dan bila memang memiliki dukungan lebih, kamu dapat menyediakan fasilitas delivery order sehingga pembeli dapat memesan secara online dan menunggunya di rumah.

 

 

Share with your friends

2 komentar

  1. Good idea, thanks 👍

    Dan selamat menyambut ramadhan, semoga ibadah kita lancar, amin 🤲 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sama-sama, Om.

      Aamiin, semoga lancar. Jangan lupa nabung buat THR kwkwkwkw

      Hapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done