7 Cara Menjadi Orang Cuek dan Gak Gampang Baper, Berhenti Bersikap Khawatir! - Keza Felice
News Update
Loading...

Rabu, 26 April 2023

7 Cara Menjadi Orang Cuek dan Gak Gampang Baper, Berhenti Bersikap Khawatir!

Cara menjadi orang cuek

kezafelice.com - Menjadi easy going atau mudah bergaul sering kali dianggap sebagai jenis orang yang menyenangkan. Namun, terlalu bersikap easy going juga ada kalanya dapat menimbulkan rasa khawatir yang berlebih, gampang baper, atau takut dimanipulasi. Jika kamu merasa demikian, tak ada salahnya untuk melakukan beberapa cara menjadi orang cuek sehingga kamu tak akan mudah diremehkan orang lain.

Meskipun menjadi orang yang cuek juga sering kali dipandang sebelah mata, tetapi bukan berarti sikap ini tak bisa menyelamatkan kamu dari lingkungan sekitar lho. Pasalnya, dengan sikap cuek artinya kamu mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan tak terlalu memikirkan perkataan maupun pendapat orang lain tentang dirimu. Tentu saja ini terasa cukup menyenangkan karena kamu tidak akan terbebani dengan pertemanan ataupun pergaulan di lingkungan sekitar.

Cara Menjadi Orang Cuek dan Gak Gampang Baper

Menjadi orang yang cuek artinya kamu dapat bersikap ataupun bertindak secara “alami” bukan dengan paksaan karena ingin diterima dan dihargai oleh orang lain. Perlu digarisbawahi bahwa “cuek” di sini bukan berarti kamu tidak peduli terhadap lingkungan, bukan pula kamu dapat melanggar agama dan norma.

Akan tetapi, “cuek” yang perlu kamu lakukan yakni dengan tidak membebani pikiran ataupun memusingkan perkataan orang lain tentang dirimu. Kamu juga tidak perlu memaksakan diri untuk membuat orang lain merasa senang dan nyaman. Tetapi apa pun yang  kamu lakukan adalah untuk dirimu sendiri dan membuat perasaanmu menjadi nyaman.

Kamu perlu mencoba untuk tidak menanggapi segala hal dengan serius. Karena hal tersebut hanya akan membuatmu gampang baper dan merasa terganggu. Oleh sebab itu cobalah beberapa cara menjadi orang yang cuek seperti berikut ini.

1. Fokus pada Tujuan yang Kamu Miliki

Memiliki tujuan hidup yang jelas akan menjadikan hidupmu lebih terarah. Meskipun ada kelemahan orang cuek, tetapi dengan focus pada tujuan hidup, kamu tak akan mudah terpengaruh terhadap berbagai hal yang menimpamu, termasuk permasalahan hidup.

Mungkin kamu tidak menyadarinya, tetapi semakin sulit tujuan hidup yang dimiliki, maka secara otomatis usaha dan fokus yang diperlukan untuk merealisasikannya juga semakin besar. Alhasil, kamu tidak akan punya waktu untuk memikirkan dan menghiraukan orang lain.

Oleh sebab itulah dari sekrang kamu harus menentukan tujuan hidup dengan sangat matang. Dengan begitu kamu akan mudah bersikap cuek terhadap perkataan buruk dari orang lain yang ditujukan pada dirimu.

2. Berhenti Bersikap Khawatir

Mencoba cara bersikap bodo amat sama orang lain memang tak mudah, bukan? Tetapi kamu perlu menyadari bahwa sikap mudah baper akan membuatmu cenderung mengkhawatirkan sesuatu yang memang belum terjadi. Atau justru memikirkan sesuatu yang memang tak dapat lagi diubah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Bosan di Tempat Kerja dengan 4 Hal Sederhana, Kamu Harus Tahu!

Inilah sebabnya kamu perlu bersikap cuek agar tidak mudah merasa tertekan dan frustrasi. Karenanya kamu harus mulai bersikap legowo dari sekarang dan belajarlah menerima segala keadaan. Sadarilah bahwa tak peduli seberapa besar kekhawatiranmu, hal tersebut tidak akan berubah. Apa yang telah kamu khawatirkan juga belum tentu akan terjadi seperti yang telah dibayangkan.

Jadi, tak ada gunanya untuk membuat diri sendiri merasa tertekan untuk sesuatu yang tidak bisa diubah atau sesuatu yang justru belum terjadi. Cukup jalani hidupmu dengan pikiran yang positif sehingga kamu akan lebih siap menghadapi segala situasi yang ada.

Cara menjadi orang cuek

3. Cintai Diri Sendiri

Tak perlu ragu untuk menerapkan cara menjadi cuek dan dingin di chat (virtual) maupun di dunia nyata. Ini keputusanmu untuk menghilangkan sikap gampang baper yang merugikan. Oleh sebab itulah kamu harus bisa menerima serta mengutamakan dirimu sendiri.

Ingat untuk mencintai dirimu, gayamu, pemikiran dan pendapatmu, tubuhmu, atau segala hal yang ada dan membentuk siapa dirimu. Dengan hal tersebutlah kamu akan lebih mudah menemukan kenyamanan pada diri sendiri sehingga tidak akan mudah terpengaruh terhadap perkataan orang lain. Sehingga secara alami sikap cuek akan kamu miliki dan beban pikiranmu akan berkurang secara perlahan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Paling Mudah, Jangan Hanya Pasrah!

Saat kamu telah mengetahui bagaimana cara mencintai diri sendiri, kamu tidak akan mudah lagi terganggu ataupun terprovokasi terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan perasaan. Kamu tak lagi sensitive dan lebih mudah mengontrol rasa bahagia untuk dirimu sendiri.

4. Bersikap Tenang dalam Setiap Keadaan

Mungkin kamu pernah bertanya kenapa orang bersikap cuek? Salah satu alasannya yakni untuk menghilangkan perasaan sensitif dan gampang baper. Pasalnya hal tersebut akan mendatangkan kekhawatiran yang berlebih sehingga sulit rasanya untuk menemukan kebahagiaan.

Dan salah satu hal yang perlu kamu lakukan yakni dengan bersikap tenang dalam setiap keadaan. Ini akan membantu kamu lebih mudah menghadapi segala hal yang dialami. Karenanya cobalah untuk berpikir dan menghadapinya dengan kepala dingin.

Dengan sikap tenang yang kamu miliki, besar kemungkinan kamu akan terhindar dari kesalahpahaman, adu argumen yang tak penting, hingga akan lebih mudah menghindari perasaan sensitif dan baper. Meskipun bersikap tenang dalam menghadapi masalah tidaklah mudah, tetapi yakinlah bahwa sikap ini layak untuk kamu terapkan agar kehidupanmu jauh lebih damai.

5. Jangan Pedulikan Pendapat dan Komentar Negatif

Cara menjadi cewek cuek dan gak gampang baper yaitu dengan tidak memedulikan pendapat maupun komentar negatif orang lain. Meskipun dalam menjalani hidup ada kalanya kamu perlu melihat diri dari penilaian ataupun sudut pandang orang lain, tetapi sebaiknya kamu memilah dan mengambil komentar yang sifatnya membangun.

Bersikap cuek bukan berarti kamu harus tutup telinga dan bersikap abai dengan kekurangan dan kesalahan yang dilakukan, tetapi guna menghindari beban pikiran yang berlebih dan meminimalisir rasa baper, akan sangat lebih baik bila kamu tidak mendengarkan dan memedulikan pendapat yang negatif.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri secara perlahan akan membangun kamu menjadi orang yang cuek dan gak mudah baper alias terbawa perasaan dalam menanggapi situasi yang ada – yang sekiranya tidak memerlukan banyak tanggapan. Ini berbanding terbalik dengan seseorang yang tidak mempunyai kepercayaan diri. Mereka akan lebih mudah tersinggung, sensitif, dan mudah baper.

Oleh karenanya dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan menghindarkan kamu dari berbagai hal negatif. Bahkan orang-orang di sekitar tidak akan mudah meremehkan kamu. Mereka justru akan berpikir bahwa kamu merupakan seseorang dengan tujuan yang jelas dalam hidup.

7. Menganggap Sebagai Guyonan

Cuek dan bodo amat dalam hal ini yaitu tentang tidak mudah merasa sakit hati dan kesal terhadap berbagai kejadian tak menyenangkan yang menimpamu. Kamu perlu belajar untuk menyikap segala hal dengan santai dan jenaka. Ini merupakan cara yang baik untuk  menghindari perasaan sedih, emosi, dan rendah diri yang mungkin selama ini menghantuimu.

Oleh karena itulah ada kalanya kamu dapat menganggap perkataan orang lain hanya sebatas guyonan atau candaan. Tak perlu memikirkannya secara berlarut-larut hingga merusak suasana hatimu. Apabila kamu merasa perkataan mereka cukup membangun, tak ada salahnya untuk mendengarkan dan menerapkannya. Akan tetapi jika kamu merasa perkataan mereka bermaksud untuk merusak rasa percaya dirimu, maka anggaplah hal tersebut sebagai ‘angin lalu’.

 

Dengan beberapa cara menjadi orang cuek tersebut kamu akan lebih mudah bersikap tenang dan gak mudah baper dalam menghadapi segala situasi yang ada. Meskipun menerapkannya bukanlah hal yang mudah, tetapi yakinlah  bahwa semua ini akan berdampak baik dalam kehidupanmu sehingga kamu tak mudah terbebani dengan hal-hal sepele yang sebenarnya tidak membutuhkan banyak reaksi emosional.

Share with your friends

25 komentar

  1. Wah saya baca artikel ini terasa tersindir
    Makin bertambah umur, kadang makin baper dan was was

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe faktor usia yak masuknya. Tapi emang sekarang mah gak sedikit orang yang gampang baper, Om. Padahal ya sama aja nyiksa diri sendiri yak hehe

      Hapus
    2. Kalau dipikir memang seperti itu
      Tapi yang namanya sudah berumur, susah mengendalikan pikiran yang semakin liar hahaha.
      Semakin berumur, semakin tak punya kendali atas tubuh ini :D
      Template blognya keren banget
      super ringan dan menarik

      Hapus
    3. Ehehehe biasanya sh gtu, om. Makin tua juga makin pengen dingertiin sama yg lbh muda yak kwkwkw jdi kdang bapernya malah sama anak sendiri.

      Hehe makash om. Ini templatenya warna ciwik banget ya hwhe

      Hapus
  2. Oh iya, ayo bikin channel youtube, biar tambah seru. Saya cari kok belum ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih sbnrnya. Tp gak aktf di YT om. Editing video lama soalnya hehe gak ada waktunya

      Hapus
  3. Haloo kak, salam kenal. Setuju banget isi artikel ini.,biar kita nggak gampang baperan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya kak, aku juga termasuk yg baperan sh😆jd nulis sambil merenung hehe

      Hapus
  4. Halo mbak keza, blognya keren banget.
    Ok, saya termasuk orang yang cuek di banyak hal dan sering tidak memperdulikan omongan orang itu apa. Pokoknya jalan terus dan endingnya malahan saya bisa menghasilkan yang baik. Ternyata fokus dan tidak peduli omongan orang membuat saya lebih tertuju ke goal besar yang sudah diimpikan.

    Nice artikel mbak..
    Salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak, salam kenal dan makasih udh berkenan mampir.

      Wah beneran ada efek positifnya yak hehe. Tp emang iya sih, kak, kalo kita fokusnya ke omongan orng nanti malah gak gerak2 hehe.
      Sukses terus buat kakaknya.. aku pun mencoba secuek itu sama omongan negatf orang hehe

      Hapus
  5. jangan bebankan fikiran. sayangi mental kita

    BalasHapus
  6. Hahaha bener sih. Serba maen perasaan makin berumur 😁 Tapi manusiawi aja sih. Orang muda, tua dsb begitu adanya. Belajar cuek juga penting sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak bener banget hihi. Kadang menyusahkan baper tuh (lg di fase itu beberpa waktu lalu) kwkw

      Belajar cuek cukup membantu. Hehe stidaknya gak bkin sakit hati

      Hapus
  7. Ha.. Ha.. Saya banget tuh gampang baper, udah mencoba menerapkan tips-tips di atas tapi kadang-kadang kalau lagi nggak mood banget, nggak bisa.
    Maunya nggak baperan, pengen cuek aja gitu tapi hatinya terlalu sensitif😅 makin dewasa malah makin sensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mood emang faktor segalanya kak. Kalau lagii gak nyaman, emang lebih sensitif dan baperan. Kadang malah terjebak sama pemikiran negatif sendiri hihi

      Hapus
  8. Memang harusnya aku begini. Baru nyadar belakangan... Hihiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak semangat hehe biar enjoy lagii hari²nya

      Hapus
  9. Terima kasih, tipsnya sangat bermanfaat buat aku agar belajar lebih nggak baperan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Kak Suci. Semangat untuk belajar cuek ehehe aku juga gitu kok skrang kak hehe

      Hapus
  10. Hai, tampilan blog nya menarik banget.. hihihi sampe salfok kan aku..

    Iya nih, overthinking bikin stress dan bikin saya masuk RS sebelum lebaran kmrn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi salfok apa nh kak.
      Btw makash kak udh mampir.

      Ya ampun, ternyata efeknya ngeri juga yak.
      Semoga kdpannya bisa lebih enjoy ya kak.
      Sehat2 selalu

      Hapus
  11. saya sekarang berlatih untuk jadi cuek ...biasa saya jenis frendly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja, kak. Saya juga frendly, susah mau jadi cuek. Tapi saya juga berusaha cuek dg hal² yang hanya akan merugikan. Meskipun sulit sekali untuk cuek ya hehe

      Hapus
  12. Aku udah lama bersikap cuek Ama pendapat orang lain yg aku anggab memang sengaja merusak mba 😁. Capeeek loh terlalu overthinking, mikirin apa kata orang. Yg ada kita ga maju2.

    Dari dulu aku belajar pilih2, mana yg patut didengerin, mana yg lebih baik masuk tong sampah dan orangnya di block, biar ga nyampah lagi 😄. Ya ngapain juga orang begitu kita izinin masuk ke medsos kita, atau lingkup pergaulan kita.

    Bagusan aku fokus Ama tujuan dan targetku, JD ga kedistraksi Ama hal2 yg bikin ga konsen 😁.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, lelachhhh banged mikirin omongan orang. Tapi kadang ya memang kepikiran, apalagi kalau posisi lagi down kwkwkw susah banget sih hidup tenang di dunia inihhh😂😂


      Sama kak, kalo milih temen aku juga gtu, males sama yg toxic dan hanya merugikan. Lebih baik skip aja buang jauh² kwkwkw

      Wih betul kak Fany 😍mendingan fokus dg tyjuan hidup. Lebih bermanfaat yak. Setuju banged!

      Hapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done