5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Paling Mudah, Jangan Hanya Pasrah! - Keza Felice
News Update
Loading...

Selasa, 07 September 2021

5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Paling Mudah, Jangan Hanya Pasrah!

 




Penulis: Keza Felice

Percaya diri merupakan suatu keyakinan, sikap, atau pandangan terhadap kemampuan diri sendiri. Meskipun merasa tidak percaya diri pada momen tertentu merupakan hal yang wajar, tapi setidaknya kamu harus mengetahui cara meningkatkan rasa percaya diri untuk mendapatkan pengalaman dan pelajaran hidup yang lebih berharga.

Pada umumnya rasa percaya diri dapat dipelajari guna membentuk sosialisasi di lingkungan kehidupan. Sayangnya tidak semua orang mudah menerapkan cara-cara dalam meningkatkan kepercayaan dirinya.

Setiap orang mungkin mempunyai kebingungan atau keraguan terhadap dirinya sendiri, sehingga hal tersebut menimbulkan rasa insecure di mana ada rasa tidak aman serta gelisah terhadap diri sendiri.


Selain itu, seseorang yang tidak percaya diri juga akan mudah merasa tak nyaman menjalani kehidupan, bahkan ada yang sampai tidak termotivasi untuk berkembang.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Paling Mudah

Bagaimana cara menghilangkan rasa tidak percaya diri? Pada umumnya setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam menjalani proses untuk mendapatkan rasa percaya diri. Tergantung dari bagaimana lingkungan dan orang itu sendiri.

Mungkin kamu pernah merasa malu, minder, grogi, atau justru merasa bahwa ada banyak kekurangan dari diri sendiri ketika berada di antara banyak orang. Hal tersebut sangatlah umum dialami oleh hampir setiap orang.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri, misalnya karena penampilan fisik, status pendidikan, status ekonomi, pekerjaan, tidak punya banyak keunggulan, dan masih banyak penyebab lainnya.

Namun, hal semacam ini harus segera diatasi agar hari-harimu lebih terasa ‘hidup’, percaya diri juga akan membuatmu bahagia. Dengan percaya diri kamu tidak perlu merasa cemas terhadap suatu hal yang belum pasti, juga kamu akan selalu merasa ‘bebas’ untuk mengekspresikan diri serta melakukan berbagai hal sesuai dengan keinginan.

Rasa percaya diri secara tidak langsung akan membuatmu bertanggung jawab terhadap tindakan yang dilakukan. Banyak cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu yang bisa kamu dapatkan. Seperti beberapa cara berikut ini!

1. Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Jika kamu ingin percaya diri, cobalah untuk menanamkan pikiran bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna walaupun jika dari luar dia tidak terlihat mempunyai kekurangan dan kesalahan apa pun.

Sehingga apabila kamu mempunyai kekurangan ataupun kesalahan, jangan langsung menganggap hal tersebut sebagai kebodohan ataupun berpikir itu adalah kecacatanmu. Pikiran semacam ini hanya akan membuatmu merasa takut untuk melangkah dan mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

Ingatlah jika setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi bila kamu melakuka kesalahan, kamu hanya perlu memperbaikinya dan terus belajar agar tidak menguangi kesalahan itu lagi.

Kamu juga perlu fokus pada kelebihan yang dimiliki dan berjuanglah dengan maksimal untuk mengembangkannya. Dengan langkah ini kamu akan mudah merasa percaya diri.

Sebab dengan mengejar dan memaksimalkan kelebihan, secara tak langsung akan membuat kamu melupakan ketidakpercayaan diri ataupun rasa minder. Setelah berhasil mendapatkan sesuatu, kamu juga berhak mengapresiasi diri sendiri. Bersyukur dan menikmati hasil perjuangan akan membuatmu semakin percaya diri.

Baca Juga: 9 Jenis Bunga yang Menggambarkan Kepribadianmu

2. Jangan Lagi Membandingkan Diri Sendiri

Cara meningkatkan rasa percaya diri yang harus segera diatasi adalah sikap selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu tidak perlu menyamakan diri sendiri dengan siapa pun, baik dalam hal prestasi, penampilan, ataupun pencapaian yang pernah diraih.

Kamu harus ingat bahwa kehidupan ini bukan ajang untuk perlombaan dan setiap orang mempunyai takdir serta jalan hidupnya sendiri-sendiri. Boleh saja kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain asalkan setelahnya kamu bisa lebih semangat untuk memperbaiki diri.

Namun, jika muncul rasa iri terhadap kehidupan orang lain, kamu harus segera mengingat bahwa kamu juga sudah mempunyai banyak hal yang mungkin tidak dimiliki oleh mereka. Kamu juga telah berjuang untuk mendapatkan sesuatu sesuai dengan kondisi dan usaha yang dilakukan.

Seharusnya pencapaianmu menjadi salah satu modal agar kedepannya kamu semakin percaya diri dan berkembang. Bila perlu kamu harus lebih sukses daripada orang yang selama ini kamu pandang ‘lebih tinggi’.

Dengan begitu kamu pasti akan yakin pada kemampuan diri sendiri, sehingga kamu akan terus bersemangat untuk mencapai tujuan hidup yang telah ditetapkan.

 Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Punya Novel "Ada Hati yang Terluka" Karya Keza Felice

3. Melakukan Hal yang Disukai

Kunci percaya diri adalah dengan ‘menjadi diri sendiri’, yang artinya kamu tidak perlu berusaha menjadi orang lain. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang disukai untuk mengisi waktu luang.

Tak ada salahnya jika kamu juga mencoba untuk mempelajari keterampilan lain atau melakukan hobi baru yang sebelumnya ingin kamu lakukan. Siapa tahu dari hobi tersebut kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Melakukan sesuatu yang disukai akan menimbulkan rasa bahagia. Dengan beginilah kamu akan lebih fokus pada hal-hal positif daripada mengurung diri dengan pikiran yang negatif terkait kekuranganmu.

Langkah ini akan mengajarkanmu untuk merasa percaya diri secara perlahan. Bahkan jika kamu memang sungguh-sungguh, orang lain pun bisa turut melihat dan menikmati perkembanganmu. Ini artinya kamu memang tidak seburuk yang ada dalam pikiranmu sendiri.

4. Bersyukur Terhadap Apa yang Telah Dimiliki

Dengan meningkatkan rasa syukur terhadap segala hal yang telah dimiliki akan mengajarkanmu untuk lebih percaya diri. Ini adalah kunci yang efektif agar tidak terus-menerus menganggap bahwa dirimu hanya dipenuhi dengan kekurangan, tidak kompeten, ataupun tidak layak untuk berkembang.

Bersyukur akan membantu menekan berbagai hal negatif yang kamu pikirkan. Mungkin kamu pernah berpikir negatif bahwa dirimu tidak seberuntung temanmu yang mengenyam pendidikan hingga Strata-2, sedangkan kamu hanya sampai Strata-1. Atau kamu merasa tidak berguna karena orang terdekatmu mempunyai mobil, sedangkan kamu hanya memiliki satu motor saja setelah lama bekerja.

Jika kamu hanya memikirkan kekuranganmu dan tidak mau bersyukur, tentu saja hidup akan terasa rumit dan semakin sulit. Namun, apabila kamu mensyukuri setiap anuegrah Tuhan dan menikmatinya dengan lapang hati, pasti kehidupanmu akan terasa menyenangkan dan kamu akan lebih enjoy dalam melangkah.

Coba bayangkan bahwa di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung dirimu; tidak bisa mengenyam pendidikan hingga menjadi sarjana, tidak punya kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Namun, pada kenyataannya mereka tetap saja percaya diri dan terus mencoba melakukan banyak hal untuk mengubah takdir hidupnya.

Oleh karenanya kamu harus tetap bersyukur apa pun takdir yang telah Tuhan berikan. Dengan begitu kamu tidak akan merasa berkecil hati lagi yang secara tak langsung kamu menjadi lebih percaya diri.

 Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Cemas dalam Hidup Agar Aktivitas Berjalan Lancar

5. Memperbaiki Penampilan

Cara meningkatkan rasa percaya diri bisa kamu lakukan dengan memperbaiki penampilan. Meskipun langkah ini terlihat sederhana, tapi pada kenyataanya tidak banyak orang yang mampu menerapkannya.

Terkadang ada orang yang paham bahwa penampilan mempengaruhi rasa percaya diri, tapi tidak semua dari mereka mau membenahi penampilannya. Atau justru merasa tidak nyaman dengan penampilan barunya dan beranggapan bahwa perubahan apa pun tidak akan berpengaruh.

Namun, sesekali cobalah untuk mengubah penampilanmu dari sebelumnya, misalnya dengan tampil lebih rapi; dari yang tidak pernah menggunakan wewangian sekarang jadi memakai parfum; dari tidak pernah memperhatikan ukuran baju yang digunakan, sekarang jadi lebih perhatian lagi untuk menggunakan pakaian yang nyaman; atau juga mengubah gaya rambut, dan lain sebagainya.

Membuat perubahan pada diri sendiri tidak harus sampai menguras budget, tapi cukup dengan rapi, wangi, dan bersih. Dapatkan penampilan yang sesuai dengan karaktermu, sehingga kamu tidak akan mudah dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran negatif.

 

Itulah berbagai cara meningkatkan rasa percaya diri paling mudah untuk dilakukan. Jangan sampai keberhasilanmu terhambat karena kamu merasa minder, malu, dan tidak layak. Pemikiran-pemikiran semacam ini hanya akan menghentikan langkahmu sampai akhirnya orang lain lebih mengambil peluang kesuksesanmu.

Share with your friends

4 komentar

  1. Setuju, tak ada alasan untuk tidak percaya diri karena kalau bukan diri sendiri yang mempercayai diri sendiri lalu siapa lagi 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu-umh, orang lain belum tentu bisa kash kepercayaan kwkwkw

      Hapus
  2. Dulu saya termasuk yang tidak percaya diri karena merasa memiliki kekurangan pada fisik, sampai ketika sudah menikah, sang istri mengingatkan yang persis sama dengan poin empat, yaitu untuk mensyukuri apa yang Allah berikan pada kita, dan itu lumayan ampuh untuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersyukur banget ada yang mendukung dan mendorong begitu, Kak. aku juga pernah gak percaya diri pas kena bully di tahun 2018. Tapi aku tanamin hal" positif di diriku sampe akhirnya bsa berkembang gini.
      semua memang proses ya kak. semoga kedepannya sama-sama menjadi lebih baik dan terus bersinar. aamiin

      Hapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done