6 Kue khas Lebaran yang Paling Populer, Mana yang Kamu Suka? - Keza Felice
News Update
Loading...

Selasa, 09 April 2024

6 Kue khas Lebaran yang Paling Populer, Mana yang Kamu Suka?

 

Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan, umat Islam akan menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri. Biasanya untuk memeriahkan suasana lebaran, sebagian orang akan menyuguhkan kue di meja. Kue khas lebaran bukan sekadar camilan biasa, tetapi juga menjadi bagian dari hangatnya momen lebaran. Bahkan, menyiapkan kue kini menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun.


Bagaimana pun Idulfitri menjadi momen perayaan yang meriah. Hari raya yang suci ini biasanya dimanfaatkan untuk bersilaturahmi satu sama lain dari rumah ke rumah. Karenanya tak heran adanya kue khas lebaran menjadi salah satu pemanis untuk menciptakan momen kebersamaan yang menyenangkan. 


Kue Khas Lebaran yang Wajib Kamu Punya


Kue khas lebaran sangat banyak ragamnya. Beberapa di antaranya juga cukup populer dan hampir tidak pernah absen dari meja saat hari raya. Biasanya aneka kue juga tak tampak mewah tetapi memiliki rasa yang unik dan memorable


Berikut beberapa jenis kue khas lebaran yang populer dan memiliki cita rasa nikmat. 


1. Nastar


Bagi sebagian orang momen lebaran tak terasa lengkap tanpa adanya kue nastar. Kue kering ini memiliki isian selai buah, seperti strawberry hingga nanas. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat banyak orang menyukainya. Tak heran jika di pasaran kue nastar sering kali dijual dengan harga yang cukup mahal.


Bentuk kue nastar sendiri mirip seperti bola-bola kecil. Sehingga membuatnya mudah ditata di dalam toples. Biasanya permukaan nastar diberi taburan keju sehingga membuatnya terasa gurih dan semakin nikmat saat dikunyah.


2. Astor


Astor juga menjadi kue khas lebaran yang hampir ada di setiap rumah. Camilan ini memiliki cita rasa manis dan bertekstur renyah. Astor identik dengan warna cokelat berpadu krem atau putih, tetapi ada pula yang berwarna hijau muda, merah muda, hingga oranye berpadu putih.


Kue berbentuk tabung ini memiliki isian berupa selai cokelat yang lumer. Astor bahkan disukai oleh setiap orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Harganya yang terjangkau menjadikan kue astor diburu sebagai kue lebaran yang tak boleh terlewatkan.


3. Kastengel


Pencinta keju pasti gak ingin melewatkan kue kastengel untuk mengisi toples saat lebaran. Kue khas lebaran yang satu ini terbuat dari campuran tepung terigu, keju parut, dan mentega. Kue kastengel memiliki cita rasa asin gurih dengan tekstur yang renyah. 


Kue kering seperti kastengel memang cocok dijadikan camilan saat lebaran. Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Kalaupun harus membelinya karena tak sempat membuat sendiri, kue kastengel juga biasa dibandrol dengan harga yang terjangkau.


4. Cookies Cokelat


Hampir setiap orang menyukai cookies cokelat terutama anak-anak. Kue bercita rasa manis ini memiliki tekstur renyah. Tak heran jika cookies cokelat masuk dalam kue khas lebaran yang hampir ada di setiap rumah. Harganya juga sangat terjangkau sehingga siapa pun dapat membelinya. 


5. Pilus Putih


Pilus bulat kecil berwarna putih juga sering menjadi isi toples saat lebaran. Camilan gurih bertekstur renyah ini memiliki isian kacang tanah. Harganya yang murah membuatnya disukai oleh banyak orang. Selain simpel pilus putih juga cocok menjadi sajian kue lebaran untuk menemani para tamu saat berkunjung.


6. Putri Salju


Kue khas lebaran yang tak kalah populer di kalangan masyarakat yakni putri salju. Kue manis dengan tekstur yang renyah ini biasanya memiliki taburan gula halus di atasnya. Karenanya kue putri salju memiliki rasa yang unik dan nikmat.

Biasanya hampir setiap rumah menyediakan kue putri salju sebagai isi toples mereka. Selain rasanya yang enak, bentuk kue putri salju yang seperti bulan sabit juga tampak cantik. 



Ada banyak ragam kue khas lebaran yang populer di kalangan masyarakat. Enam di antaranya seperti yang telah disebutkan di atas. Nah, dari daftar tersebut mana yang paling kamu suka?

Share with your friends

7 komentar

  1. Astor bener-bener ngingetin aku sama masa kecil :') Waktu kecil kalau hari besar (termasuk Lebaran) aku selalu minta Astor, gak tau kenapa, hahaha. Terus dulu ada supermarket (namanya Makro, sekarang udah tutup) yang jual kue-kue grosir gitu. Ada produk yang mirip Astor tapi berbagai rasa, ada stroberi dan pandan. Nah, aku juga suka minta itu xD Entah deh sekarang masih ada atau gak.

    Kalau sekarang sukanya nastar, karena baru itu yang nemu versi vegannya :D Oya, selamat Lebaran ya, maaf lahir dan batin :)

    BalasHapus
  2. Aku sedih thn ini ga beli kastangel 🤣. Mahaaaal banget yg enak hahahahah. Ada sih yg murah, tapi rasanya ya gituuu deh 😅.

    Akhirnya cuma beli nastar, putri salju, ama Florentine cookies. Ini jadi fav ku skr mba. Enaaak soalnya.

    BalasHapus
  3. Kalau aku tetap pilih nastar. Suka ikut cicipi nastar ketika berkunjung ke saudara. Kemudian putri salju dan cookies coklat. Astor juga suka tentunya dengan rasa coklat.

    BalasHapus
  4. Nah .. aku barisan tim nastar yang bisa habis setoples seorang diri. Ketimbang kestengel, putri salju dan teman-temannya, nastar ada kue lebaran diatas favorit. Hehe. Kalau ada nastar ya itu tujuan utama dari sowan ke rumah kerabat atau saudara-saudara. sayangnya kue yang hype di lebaran in. Aku sudah jarang menemukannya di rumah-rumah yang aku kunjungi. Sebagian besar, jajanan sudah beralih ke jajanan pasar, ciki2, permen dan rengginan. Haha

    BalasHapus
  5. aku paling suka kastengel dan nastar :D bisa habis 1 toples sendiri hehehehehehe

    BalasHapus
  6. Kesukaan saya adalah astor
    bisa satu toples abis sendirian

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done