6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan, Puasa jadi Lancar! - Keza Felice
News Update
Loading...

Kamis, 21 Maret 2024

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan, Puasa jadi Lancar!

 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan
ilustrasi by Keza Felice

Menanti kedatangan bulan ramadan harus diimbangi dengan mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak diinginkan selama menunaikan ibadah puasa. Lagi pula dengan kondisi tubuh yang sehat maka ibadah di bulan puasa akan lancar dan maksimal.

Akan tetapi, pada kenyataannya menjaga kesehatan saat berpuasa bukanlah hal yang mudah. Adanya perubahan aktivitas, pola tidur, dan pola makan yang cukup signifikan secara tak langsung dapat berdampak pada kondisi tubuh. Sehingga dibutuhkan kesadaran untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan

Puasa diyakini dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan pencernaan. Oleh sebab itulah kamu perlu mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan.

Namun, perlu disadari bahwa tubuh bukan hanya membutuhkan asupan saat makan sahur saja. Masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi munculnya penyakit tertentu. Agar kamu bisa tetap sehat dan bugar tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Kebutuhan cairan tubuh tak berhenti walaupun sedang berpuasa. Sepertinya semua tahu bahwa saat berpuasa tubuh berpotensi mengalami dehidrasi. 

Oleh sebab itulah kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yakni dengan minum air yang cukup saat berbuka maupun sahur.

Setiap orang tetap dianjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas air putih setiap hari. Hanya saja kini pola minum air selama berpuasa cukup berbeda daripada hari-hari biasanya. Kamu dapat menerapkan pembagian ini:

·         2 gelas saat berbuka puasa

·         2 gelas saat sahur

·         4 gelas antara buka dan sahur

Selain air putih ternyata kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa lho. Pasalnya air kelapa diyakini dapat memulihkan dehidrasi dengan sangat cepat dibandingkan dengan air biasa. 

Hal ini sesuai dengan pernyataan menurut The Center for Mind-Body Medicine, disadur dari laman Hellosehat pada Rabu (20/03/2024).

Sementara itu pernyataan serupa juga didapatkan menurut International Journal of Health Sciences & Research. Hal tersebut dikarenakan air kepala mempunyai beberapa elektrolit yang baik bagi tubuh. Di antaranya natrium, magnesium, dan kalsium. Sehingga air kelapa tak hanya membantu menghidrasi tubuh tetapi juga membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan saat berpuasa.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan
ilustrasi by Keza Felice

2. Perhatikan Pola Makan saat Sahur

Sudah semestinya kamu menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang satu ini. Yang mana memperhatikan pola makan saat sahur  sangat diperlukan. Pasalnya, sahur mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga stamina tubuh selama berpuasa satu hari penuh.

Baca Juga: 6 Tips Puasa di Bulan Ramadan Agar Tetap Produktif, Tertarik Mencoba?

Oleh sebab itulah kamu perlu memiliki pola makan sahur yang baik. Jadi pastikanlah kamu memperhatikan pemilihan makanan saat sahur. Misalnya dengan memilih karbohidrat komplek seperti gandum utuh, nasi, oatmeal, roti, pasta, kentang, atau sereal.

Dan hindarilah hanya menyantap makanan gula sederhana. Di antaranya biskuit, kue, coklat, serta berbagai makanan yang tinggi minyak. Pasalnya ini akan menyumbat pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan kantuk berlebih saat siang hari. Jika demikian maka kamu akan menjadi cepat lemas dan tidak bertenaga untuk melakukan berbagai aktivitas selama seharian.

3. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi ke dokter dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa jika sebelumnya kamu memang memiliki permasalahan kesehatan. Atau kamu juga dapat berkonsultasi segera mungkin jika mengalami gangguan kesehatan.  

Ungkapkan keluhan yang kamu alami dan mintalah tips dari dokter tersebut sehingga kamu bisa tetap menjalankan puasa dengan baik. Dengan demikian kamu akan lebih mudah mewujudkan keinginan untuk menjaga kesehatan.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan
Ilustrasi edited  by Keza Felice

4. Olahraga

Meski telah menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang lainnya, bukan berarti kamu dapat mengesampingkan olahraga ya! Bagaimana pun olahraga terbilang penting untuk membantu melancarkan sirkulasi oksigen ke tubuh. Dengan begitu kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Dalam hal ini kamu tak perlu melakukan oleh raga ‘berat’ karena biasanya saat berpuasa tubuh akan terasa lemas dan mudah haus. Kamu bisa melakukan kegiatan yang tergolong santai, misalnya jalan pagi, bersepeda, joging dan lainnya. 

Meski sederhana tetapi bila dilakukan secara konsisten maka olahraga ini akan membantumu dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, tetap lakukan olahraga sesuai dengan kondisi tubuhmu.

5. Konsumsi Buah yang Mengandung Air

Mengonsumsi buah yang kaya kandungan air merupakan cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang sering kali diabaikan. Padahal, buah yang mengandung banyak air sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan zat gizi selama kamu berpuasa.

Baca Juga: 4 Top Brand Body Care Perawatan Tubuh yang Bikin Kulit Putih, Sehat, Cerah, dan Terawat

Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, semangka, pir, atau pepaya. Tak hanya mengandung serat dan air, buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin C yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh sebab itulah ada baiknya jika kamu mampu mengonsumsi berbagai jenis buah dalam menu berbuka dan sahur agar tubuh tetap sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan
Ilustrasi edited by Keza Felice

6. Tidur yang Cukup

Pola tidur yang baik tak hanya membantu kamu untuk tetap produktif saat berpuasa lho. Kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan pola tidur yang cukup.

Pasalnya mengantuk saat berpuasa bukan disebabkan karena tak makan dan minum selama seharian, tetapi biasanya dikarenakan kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Alhasil kamu akan mudah lelah dan sulit untuk fokus.

Oleh karenanya kamu perlu memperhatikan hal ini. Apabila kamu memang harus bangun sangat pagi untuk menyiapkan dan makan sahur, maka usahakan untuk tidak begadang saat malam hari untuk hal yang tak penting.

Sebaliknya, usahakan untuk tidur lebih cepat dibandingkan hari-hari biasanya. Misalnya saja setelah salat tarawih dan tadarus. Ingat bahwa kurang tidur juga bisa mempengaruhi kinerja otak sehingga tak menutup kemungkinan hal ini hanya akan menghambat aktivitasmu saat berpuasa.

 

Menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu dapat melakukannya bila disertai dengan niat dan keinginan yang kuat.  Menjaga kesehatan saat berpuasa tentu tak cukup hanya dengan makan sahur. Karenanya kamu dapat mencoba menerapkan beberapa cara tersebut.

Share with your friends

15 komentar

  1. Aku menjelang Maghrib olahraga mbak, ahaha. Kata Ade Rai ampuh buat nurunin berat badan. Kebetulan aku 49 pengen punya BB 45 pengen turun 4 kg mudah2an. Ramadhan insha Allah harus sehat.

    BalasHapus
  2. suka banget sama tipsnya menjalani puasa dalam postingan ini. Selain itu saya tertarik sama ilustrasi atau desain grafisnya juga. Pokoknya salken dan sehat2 selalu mbak

    BalasHapus
  3. Penting banget untuk memenuhi kebutuhan cairan. Banyak yang abai soal ini, padahal ini salah satu kunci biar tetap fit selama berpuasa.

    BalasHapus
  4. Tips sangat bagus banget nih buat bulan puasa... Maka untuk d praktkan saat puasa

    BalasHapus
  5. Kalau berolahraga saya milih after berbuka. Haha. Lemes banget rasanya puasa-puasa olahraga. Apalagi kalau pagi-pagi, duh kayaknya menuju Magrib masih panjang perjuangan. Kalau saya intinya di makan sahur, karena punya asam lambung, jadi harus diperhatikan konsumsi makanan saat sahurnya sih, berbuka juga ding..

    BalasHapus
  6. Olahraga saat puasa Ramadan memang jadi tantangan tersendiri, apalagi buat pemula kaya saya😆

    BalasHapus
  7. Sepertinya saya sedang berada dalam fase kurang olahraga dan kurang istirahat, nih, Kez. Boleh, dong, rekomendasi olahraga yang ringan saat puasa begini itu yang cocok apa, ya?

    BalasHapus
  8. Yap...sebenarnya pola makan sahur adalah salah satu kunci untuk menjalani puasa lebih bugar dan sehat, tidak lupa juga olahraga meskipun hanya olahraga kecil di sekitar rumah.

    BalasHapus
  9. Saya nih harus konsumsi buah dengan kandungan air banyak
    Soalnya kalau enggak bisa seret dan susah BAB
    Sangat membantu sekali memang konsumsi buah saat Ramadan

    BalasHapus
  10. Menjaga pola makan agar badan sehat selama puasa itu penting banget. Kalau badannya sehat dan bugar ibadahpun jadi lancar dan nyaman

    BalasHapus
  11. Tidur yang cukup ini kalau saya paling sulit. Tiap puasa ramadan kan kegiatan di masjid lebih banyak ya mpe malam. Bangun juga lebih cepat. Trus siang masih ada kegiatan. Jadi kurnag tidur

    BalasHapus
  12. Aktivitas di bulan puasa memang lumayan melelahkan, jadi lebih berasa capek saja. Jadi mau coba tipsnya deh

    BalasHapus
  13. upaya tetap sehat, jangan mager saat sedang puasa yaa..
    Aku kemarin uda beli pompa nih, buat sepedaan. Hehhe, uda di pompa, tapi jalannya beloman. Kangen banget sepedaan keliling komplek sambil cari takjil yaah..

    BalasHapus
  14. Untuk saya olahraga, sih, ya yang menantang. Jangankan bulan Ramadan, hari-hari biasa saja masih ogah-ogahan. Pantesan saja badan terasa berat. Harus dipaksakan olahraga, nih.

    BalasHapus
  15. Kalau pas puasa gini, memang masalah utama tuh terkait jam tidur yaaa... Kalau lapar dan haus mah udah biasa, tapi sebagai ibu yang kudu paling awal bangun dan menyiapkan sahur, terkadang rasanya ngantuuukk banget. Mana saya ini tipe yang tidak bisa jam 9 udah tidur heheee.. biasanya ya tetap lebih malam lagi. Walhasil paginya ngantuuukk banget.

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done