2 Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman, Keindahan Alamnya Bikin Terpesona - Keza Felice
News Update
Loading...

Senin, 08 April 2024

2 Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman, Keindahan Alamnya Bikin Terpesona

 

Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Karenanya tak sulit untuk menemukan destinasi wisata dengan pemandangan yang eksotis di berbagai daerah. Bahkan tak menutup kemungkinan ada beberapa tempat wisata favorit di kampung halaman kamu sendiri. 


Berbicara soal tempat wisata, di Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus juga memiliki berbagai destinasi wisata yang memesona. Keindahan alamnya akan menyegarkan mata saat memandangnya. Ini bisa menjadi rekomendasi tempat healing murah yang juga dapat kamu kunjungi saat berada di Kecamatan Air Naningan.


Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman


Air Naningan merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Jika kebetulan kamu berkunjung ke kabupaten dengan slogan "Bumi Begawi Jejama" ini, tak ada salahnya untuk singgah ke Kecamatan Air Naningan. Pasalnya, di sinilah kamu dapat menjumpai destinasi wisata dengan pemandangan dan keindahan alamnya yang luar biasa.


Ini dia dua tempat wisata favorit di kampung halaman saya yakni Air Naningan. Check it out!


1. Air Terjun Tirai


Air Terjun Tirai menjadi salah satu tempat wisata favorit di kampung halaman. Destinasi wisata ini juga dikenal dengan nama Curug Tirai, yang diketahui memiliki ketinggian kurang lebih 40 Meter.   Penamaan Air Terjun Tirai ini berasal dari pemandangan menakjubkan ketika air yang mengalir tampak tersusun rapi hingga terlihat seperti tirai. 


Bahkan, bentuk tirainya juga tak hanya berada di satu titik saja, ada beberapa bagian air terjun seperti bertingkat di bagian atas. Karenanya pengunjung juga bisa menikmati panorama air terjun dari ketinggian dengan naik ke puncak. Aktivitas menantang ini justru disukai oleh banyak orang karena dianggap lebih mengesankan saat melihat air yang terjatuh dari atas. 


Di lokasi ini juga terdapat banyak bebatuan berwarna hitam yang bisa dijadikan spot berfoto yang keren. Air yang jatuh dari ketinggian dan tersapu oleh angin akan membuat kamu merasakan sensasi seperti berada di bawah hujan. Tentu saja rasanya sangat menyegarkan. 


Sehingga meskipun kamu belum berniat menceburkan diri ke kolam air terjun , tetapi kamu sudah bisa menikmati kesegarannya melalui embun yang tercurah. 


Jadi bisa dipastikan kamu bakal betah saat berkunjung ke tempat wisata ini. Karena lingkungan sekitar air terjun masih benar-benar terjaga keasriannya. 


Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi kesegaran Air Terjun Tirai, destinasi ini berlokasi di Dusun Talang Suka Maju, Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus.


Sementara itu untuk tiket masuk kamu hanya perlu menggelontorkan uang sebesar Rp5.000, atau Rp10.000 untuk sewa ban tubing. Sedangkan untuk sewa atau menikmati wahana arung jeram kamu perlu membayar sebesar Rp25.000 per orang. Namun, untuk rumah pohon dan pondokan untuk beristirahat kamu tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.


2. Bendungan Batu Tegi


Tak hanya Air Terjun Tirai saja yang memiliki pesona alam eksotis, Kecamatan Air Naningan juga mempunyai Bendungan Batu Tegi. Yang mana BT atau Bendungan Batu tegi ini tak hanya menjadi tempat wisata favorit di kampung halaman saja, tetapi juga telah menjadi bendungan terbesar di Lampung dan Asia Tenggara.


Bendungan Batu Tegi berada di antara dua lekukan bukit yang terbilang cukup tinggi. Sedangkan air pada bendungan ini menenggelamkan bukit tersebut. Tempat wisata ini bahkan telah diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri ketika dirinya masih menjabat sebagai presiden.


Destinasi wisata ini berlokasi di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.


Sementara itu, harga tiket masuk Bendungan Batu Tegi juga terbilang sangat terjangkau. Yakni Rp3.000 per orang. Sedangkan biaya parkir mobil dan motor yakni Rp5.000 dan Rp2.000. Untuk kendaraan besar seperti bus dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Jika kamu ingin menyewa perahu untuk menikmati segarnya air bendungan, kamu akan dikenakan biaya mula dari Rp10.000 atau harga bisa saja berubah tergantung jenis perahu dan kapasitas muatan yang dipilih.


Menariknya, saat kamu berkunjung di tempat wisata ini maka kamu dapat menikmati keindahan bukit-bukit yang menjulang mengelilingi bendungan. Jika kamu ingin mengabadikan momen berwisata dengan background anti maenstream, kamu bisa berfoto di leter S atau jalan berkelok yang membentuk angka 8. Dari lokasi ini kamu akan mendapatkan foto dengan latar belakang Bendungan Batu Tegi yang diapit oleh pegunungan. 


Bahkan, dari jalan menuju Bendungan Batu Tegi kamu juga bisa melihat keindahan alam bendungan yang sangat luas ini. Destinasi wisata seperti Bendungan Batu Tegi juga sangat cocok dikunjungi bersama pasangan hingga keluarga.





Inilah kedua tempat wisata favorit di kampung halaman yang sering kali saya dan teman-teman kunjungi. Karena keduanya memiliki jarak yang cukup dekat dengan kediaman keluarga saya. Jika kamu penasaran, cobalah untuk singgah saat berada di Kabupaten Tanggamus khususnya ketika sedang menginjakkan kaki di Kecamatan Air Naningan.

Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done