5 Tradisi Ramadan di Berbagai Daerah di Indonesia yang Populer dan Meriah - Keza Felice
News Update
Loading...

Kamis, 04 April 2024

5 Tradisi Ramadan di Berbagai Daerah di Indonesia yang Populer dan Meriah

 

Tradisi ramadan di berbagai daerah di indonesia
Ilustrasi edited by keza felice

Bulan Ramadan selalu dinanti-nantikan oleh umat Islam. Seluruh umat muslim menyambut momen spesial ini dengan suka cita. Bahkan tradisi Ramadan di berbagai daerah di Indonesia pun sangat beragam. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan bulan penuh berkah ini.

Berbagai tradisi ramadan juga dilakukan secara turun-temurun. Selain memeriahkan suasana Ramadan, hal ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat setempat. Karenanya tak heran bila di balik kemeriah setiap tradisi yang ada di Indonesia memiliki makna mendalam.

Misalnya saja untuk menjalin silaturahmi, saling memaafkan dan mendoakan, atau karena ingin memeriahkan kehadiran bulan suci Ramadan.

Tradisi Ramadan di Berbagai Daerah di Indonesia

Seperti diketahui bahwa di setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai budaya dan tradisi yang berbeda. Salah satunya tradisi dalam menyambut ataupun memeriahkan bulan Ramadan. Menyadur dari berbagai sumber, berikut beberapa tradisi Ramadan di berbagai daerah di Indonesia yang dapat diketahui bersama.

1. Balimau (Sumatera Barat)

Balimau menjadi salah satu tradisi menyambut bulan Ramadan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di Provinsi Sumatera Barat. Tradisi Balimau ini biasanya dilakukan satu hari sebelum puasa dimulai.

Balimau menjadi salah satu tradisi Ramadan di berbagai daerah di Indonesia yang ternyata tak jauh berbeda dari padusan. Akan tetapi tradisi Balimau ini biasa dilakukan oleh orang-orang Minangkabau.

Tradisi ini dilaksanakan dengan mandi menggunakan jeruk nipis. Mandi pun dilakukan di aliran air sungai atau bisa juga di pemandian lainnya. Salah satu tujuan dari Balimau yakni karena tak semua orang bisa mandi menggunakan air bersih atau karena tidak adanya ketersediaan sabun.

Baca Juga: Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024, Rasa Nikmat Banyak Manfaat!

Oleh sebab itulah Balimau dilakukan menggunakan jeruk nipis atau limau untuk membersihkan diri dari keringat dan kuman. Sehingga diharapkan puasa yang dilaksanakan keesokan harinya bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan kondisi tubuh yang sehat. Pada umumnya Balimau dilakukan bersama-sama di pemandian yang telah ditentukan.

2. Munggahan (Jawa Barat)

Salah satu tradisi ramadan di berbagai daerah di Indonesia yakni munggahan. Tradisi yang satu ini sudah tak asing lagi di pendengaran, bukan? Munggahan ini biasanya dilakukan seminggu atau justru dua minggu sebelum datangnya bulan Ramadan.

Tradisi masyarakat Jawa Barat ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Sunda dengan berkumpul bersama keluarga, tetangga, atau lainnya. Kemudian mereka akan melakukan silaturahmi dengan saling memaafkan, makan bersama atau yang dikenal dengan sebutan botram. Selain itu tentu saja munggahan diisi dengan berdoa bersama untuk kelancaran puasa Ramadan hingga selesai.

Tak hanya di Jawa Barat saja, munggahan juga kini dilakukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Biasanya di beberapa daerah lain tradisi ini dilakukan satu hari menjelang puasa Ramadan.

3. Nyorog (Betawi)

Biasanya masyarakat Betawi akan melakukan tradisi Nyorog dalam menyambut kedatangan bulan Ramadan. Umumnya tradisi Nyorog dilakukan dengan membagikan bingkisan atau  parsel kepada sanak saudara maupun keluarga yang tinggalnya berjauhan.

Selain itu tradisi Nyorog juga melibatkan makanan khas Betawi. Yang mana biasanya makanan khas yang dibagikan dalam tradisi Nyorog sangat beragam, ehseperti ikan bandeng, sayur gabus pucung, serta olahan daging kerbau. Atau bisa juga dengan membagikan kue ataupun bahan-bahan makanan mentah, di antaranya susu, kopi, gula, hingga beras.

Baca Juga: 5 Tips Skincare Rutin untuk Ramadan, Kulit Tetap Sehat Terawat!

Tradisi Nyorog ini dilakukan sebagai tanda penghormatan dari orang yang lebih muda kepada yang lebih tua. Selain itu biasanya tradisi ini dilakukan oleh pasangan yang baru sana menikah ke orang tua mereka masing-masing.

4. Meugang (Aceh)

Tradisi menyambut Ramadan juga dilakukan oleh masyarakat Aceh dengan tradisi Meugang. Tradisi ini ternyata sudah ada sejak penyebaran agama Islam di Aceh, yaitu sekitaran abad ke-14.

Biasanya tradisi ini dilakukan dengan memberikan hidangan daging kerbau atau sapi. Pada umumnya menjelang dilaksanakannya tradisi Meugang ini, masyarakat Aceh beramai-ramai memenuhi pasar untuk mencari daging sapi.

Tradisi Ramadan di berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh ini umumnya dilakukan tiga kali dalam satu tahun. Di antaranya yakni menjelang bulan Ramadan, dua hari menjelang Hari Raya Idulfitri, dan juga dua hari menjelang Hari Raya Iduladha.

5. Nyadran (Jawa)

Salah satu ritual masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yakni tradisi Nyadran. Yang diambil dari bahasa Sansekerta “Sraddha” yang memiliki arti keyakinan.

Biasanya tradisi Nyadran ini dilakukan dengan membersihkan makam leluhur atau sanak saudara hingga keluarga yang sudah lebih dahulu meninggal dunia, melakukan tabur bunga, hingga kenduri.

Akan tetapi tradisi Nyadran ini tidak dilaksanakan beberapa hari sebelum Ramadan, melainkan pada setiap hari ke-10 bulan Rajab. Atau juga ketika tiba bulan Syaban. Setelah melakukan ziarah kubur, masyarakat akan mengirimkan doa, kemudian melakukan kenduri ataupun makan bersama. Biasanya acara makan bersama dilakukan di sepanjang jalan di atas pelepah daun pisang.

 

Itulah sedikitnya tradisi Ramadan di berbagai daerah di Indonesia. Sebenarnya masih banyak sekali tradisi yang populer di Indonesia, seperti Malamang, Padusan, Suru Maca, dan lain sebagainya. Apakah kamu juga melakukan tradisi tertentu di bulan Ramadan? Kamu boleh berbagi cerita di kolom komentar, ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done