4 Tujuan Dari Menikah dalam Pandangan Islam yang Perlu Dipahami - Keza Felice
News Update
Loading...

Jumat, 29 Oktober 2021

4 Tujuan Dari Menikah dalam Pandangan Islam yang Perlu Dipahami

 

Tujuan dari menikah

Tujuan dari menikah bukan hanya untuk hidup bersama di dunia, tetapi juga untuk menyiapkan kehidupan yang lebih baik di akhirat nanti. Bahkan pernikahan dapat menjadikan kehidupan seseorang menjadi lebih baik dengan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.


Menikah juga dapat menghindarkan seorang muslim dari berbagai hal yang dilarang oleh Allah SWT. Juga bukan hanya menjauhkan seseorang dari perbuatan maksiat saja. Tujuan menikah lebih mulia daripada itu, seperti untuk membuka kesempatan bagi setiap umat muslim untuk mendapatka kemuliaan serta dapat beribadah dengan lebih banyak kepada-Nya.

Tujuan Dari Menikah yang Perlu Diketahui

Sebuah pernikahan tidak hanya untuk menyatukan dua hati; dua insan; dan dua keluarga besar saja. Melainkan ada tujuan dari menikah dalam pandangan Islam yang perlu dipahami oleh setiap muslim.

Kebahagiaan akan diperoleh oleh dua insan yang memegang teguh Islam bersama-sama. Ikatan pernikahan keduanya akan membawa keharmonisan, ketenteraman, dan juga kebahagiaan. Apalagi, bila dalam menjalin hubungan berumah tangga, keduanya menjalaninya dengan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW bersama istrinya. Lantas seperti apa tujuan dari menikah dalam Islam? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menyempurnakan Agama

Tujuan dari menikah

Tentu rasanya akan lebih indah bila Anda berhasil menjalani kebahagiaan di dunia dan juga akhirat bersama dengan orang yang tepat dalam biduk rumah tangga. Karenanya, salah satu tujuan menikah yang sangat mulia yakni untuk menyempurnakan separuh agama. Dan separuh lainnya yakni disempurnakan dengan berbagai ibadah.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Hakim, bahwasannya barangsiapa yang menikah, itu artinya dia sudah menyempurnakan separuh dari ibadahnya (agamanya). Dengan demikian, maka sebaiknya mereka bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian dari sisanya.  

Baca Juga: 6 Ciri Cowok Marah Tapi Masih Sayang, Jarang Banget Ada yang Sadar!

2. Mendapatkan Keturunan

Tujuan dari menikah

Agar dapat melestarikan keturunan putra-putri Adam, salah satu tujuan dari menikah dalam Islam yakni untuk mendapatkan keturunan. Hal ini merupakan salah satu jalan investasi untuk akhirat, selain daripada beribadah, juga dengan mempunyai keturunan yang sholeh dan sholihah. Karenanya peranan orang tua sangat penting untuk menciptakan penerus yang berbudi luhur dan berakhlak mulia.

Baca Juga: 40+ Pertanyaan Buat Pacar Biar Baper Terupdate dan Terbaik

3. Melaksanakan Sunah Rasul

Tujuan dari menikah

Tujuan menikah dalam Islam selanjutnya yaitu untuk melaksanakan sunah rasul, sebagaimana beliau sebagai tauladan dalam menjalankan kehidupan. Hal ini juga berpedoman pada sabda Nabi Muhammad SAW:

“Dari Aisyah r.a, ia berkata, Rasulullah SAW. bersabda, “Menikah itu termasuk dari sunahku, siapa yang tidak mengamalkan sunahku, maka ia tidak mengikuti jalanku. Menikahlah karena sungguh aku membanggakan kalian atas umat-umat yang lainnya, siapa yang mempunyai kekayaan, maka menikahlah, dan siapa yang tidak mampu maka hendaklah berpuasa, karena sungguh puasa itu tameng baginya.” HR.Ibnu Majah.

4. Membangun Generasi yang Beriman

Tujuan dari menikah

Tujuan menikah berikutnya menurut Al-Qur’an yakni untuk membangun generasi yang beriman. Hal ini disebabkan karena dengan membangun rumah tangga Islam yang harmonis, sama halnya dengan turut serta membangun generasi muslim yang beriman sehingga kedepannya tidak terjadi kepunahan.

Hal tersebut tentu saja hanya dapat dicapai dengan pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam. Sebagaimana fiman Allah dalam QS.At-Thur ayat 21, yang artinya: “Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amalan mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.”

Itulah keempat tujuan dari menikah dalam pandangan Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis. Karenanya Anda perlu memantapkan niat bila hendak menikah. Sehingga kedepannya Anda bisa menjalankan perintah agama dengan sebaik-baiknya bersama dengan pasangan yang telah Anda pilih.


Share with your friends

Give us your opinion

Terima kasih untuk pembaca yang baik :)
Silakan tinggalkan komentar untuk saling menyapa.
@Keza236_queen

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done