8 Cara Agar Pembeli Tertarik Membeli Produk Jualanmu, Langsung Terapkan! - Keza Felice
News Update
Loading...

Sabtu, 18 Maret 2023

8 Cara Agar Pembeli Tertarik Membeli Produk Jualanmu, Langsung Terapkan!

 

Cara Agar Pembeli Tertarik Membeli
Ilustrasi seorang wanita memilih pakaian (Pexels.com/Ksenia Chernaya)

Memberikan kualitas pelayanan terbaik tentu saja menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh penjual kepada calon customer. Akan tetapi, dibutuhkan beberapa cara agar pembeli tertarik membeli produk-produk yang kamu jual. Pasalnya, hanya memberikan pelayanan yang baik terkadang masih tak cukup untuk menarik minat mereka.

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, konsumen bisa dengan mudah meneliti dan membandingkan produk atau jasa yang ada melalui internet. Mereka tentu akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang daganganmu.

Cara Agar Pembeli Tertarik Membeli Produk

Cara Agar Pembeli Tertarik Membeli
Ilustrasi truk penjual makanan (Pexels.com/Rachel Claire)

Cukup penting untuk mengenali calon konsumen sehingga kamu bisa lebih mudah menarik minat dan perhatiannya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan “hati” mereka ataupun memengaruhi mereka untuk membeli.

Selain itu, penting bagimu mengetahui cara menarik pelanggan agar tertarik sehingga menjadi sebuah keputusan pembelian atau sering disebut purchasing decision. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar pembeli mau membeli produk jualanmu.

1. Memberikan Informasi dengan Lengkap dan Detail

Cobalah belajar dari pengalaman yang pernah kamu dapatkan saat ingin membeli suatu produk. Bagaimana pun konsumen pastinya akan membeli sebuah produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan bila mereka mendapatkan informasi yang jelas di dalamnya.

Oleh  karenanya kamu harus bisa memberikan informasi secara lengkap dan detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen. Dengan begitu mereka akan lebih memercayai brand yang kamu miliki. Calon konsumen juga akan memahami dengan jelas manfaatnya sehingga mereka bisa lebih cepat memutuskan untuk membeli produkmu.

2. Pastikan Produk Berkualitas

Mungkin kamu pernah bertanya bagaimana cara agar konsumen tertarik untuk membeli produk kita? Salah satu yang perlu kamu miliki yaitu produk yang berkualitas baik. Ini merupakan hal paling mendasar dan menjadi bahan pertimbangan pertama konsumen untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

Oleh sebab itulah pastikan bahwa produk yang kamu tawarkan mempunyai kualitas yang baik dan akan membuat konsumen merasa puas. Tak ada salahnya melakukan riset dan pengembangan produk untuk mendapatkan kualitas produk yang baik. Ingat bahwa kebanyakan calon konsumen menyukai produk yang luar biasa dan berkualitas.

3. Menonjolkan Keunikan Produk

Menonjolkan keunikan produk termasuk cara menarik pelanggan agar membeli produk kita. Kebanyakan orang pasti akan lebih selektif untuk memilih suatu produk, terlebih jika yang kamu jual merupakan produk populer atau yang sedang viral. Ini artinya kamu harus siap dengan persaingan pasar dan kompetitor saat menjual produk tersebut.

Baca Juga: 40 Ide Jualan Makanan saat Puasa yang Dijamin Laris Banget, Penasaran?

Oleh sebab itulah kamu harus bisa menonjolkan nilai unik dari produk tersebut yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Ini akan membuat calon pembeli melirik dan juga tertarik dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan sehingga mereka memutuskan untuk mengambilnya.

4. Membangun Brand Awareness

Pemasaran merupakan kunci utama untuk membangun brand awareness yang akan membuat pelanggan menjadi tertarik. Bahkan, ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga mereka mau menjadi pelanggan tetap.

Di zaman serba canggih ini, media sosial dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan profil bisnis milikmu. Pasalnya dengan media sosial kamu akan lebih mudah terhubung secara langsung dengan customer dan ini merupakan langkah efektif untuk terus membuat mereka tertarik.

Cara agar pembeli menjadi pelanggan tetap cukup dipengaruhi oleh adanya brand awareness ini. Karenanya kamu juga dapat mencoba mempromosikannya dari mulut ke mulut sehingga produk milikmu semakin dikenal. Rekomendasi secara pribadi memiliki andil yang cukup besar untuk menjaring customer baru yang akan membeli produk atau jasa milikmu.

5. Menyediakan Contoh Agar Konsumen dapat Mencobanya Langsung

Cara Agar Pembeli Tertarik Membeli
Ilustrasi wanita memegang donat (Pexels.com/Andres Aryton)

Cara memengaruhi konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang kamu tawarkan yakni dengan menyediakan contoh untuk mereka coba secara langsung. Cara ini tentunya tak asing lagi bagimu karena sudah banyak dilakukan atau ditemui di berbagai pusat perbelanjaan ataupun di tempat-tempat tertentu.

Meski demikian, cara ini tetap efektif untuk membuat calon customer tertarik karena mereka dapat membuktikan secara langsung bagaimana kualitas ataupun rasa dari produk yang kamu jual. Dengan mencobanya akan membantu mengubah keputusan calon customer untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

6. Meminta Konsumen yang Sudah Pernah Membeli untuk Memberi Ulasan

Review ataupun ulasan dari pelanggan yang sebelumnya pernah membeli produk milikmu akan berpengaruh terhadap calon konsumen yang baru akan membeli atau mengenali produk yang kamu tawarkan. Karenanya kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memikat lebih banyak orang.

Baca Juga: Mengejutkan! Ini 20 Jenis Usaha yang Paling Menjanjikan Keuntungan Beripat Ganda, Langsung Coba!

Apalagi saat ini ulasan atau review produk dapat dilakukan secara online. Ini juga memungkinkan bagi calon konsumen untuk membacanya secara langsung. Semakin banyak dan bagus review yang mereka berikan, ini akan memberikan pengaruh positif bagi calon konsumen. Pasalnya berbagai review tersebut sering kali dijadikan acuan yang akan calon konsumen gunakan sebelum melakukan pembelian.

7. Segera Mengatasi Ulasan yang Negatif

Penting untuk diperhatikan oleh kamu sebagai penjual produk atau penyedia jasa. Ingat bahwa tidak semua pembeli akan memberikan review yang positif terhadap produk maupun pelayanan yang kamu berikan. Mungkin di antaranya akan ada yang memberikan ulasan ataupun masukan negatif.

Meskipun hal semacam ini wajar terjadi, tetapi kamu harus belajar untuk menghadapi berbagai review atau masukan negatif tersebut. Pastikan kamu melakukannya dengan cara yang benar sehingga akan mengubahnya menjadi lebih positif. Dan pastikan pula kamu tetap menerima ulasan tersebut tanpa harus menyudutkan pendapat mereka.

Tanggapilah dengan baik dan cepat untuk menunjukkan bahwa kamu professional. Hal ini kedepannya akan membuat konsumen percaya kepada kamu dan juga produk yang kamu tawarkan.

8. Menawarkan Diskon dan Lakukan Promosi

Memberikan diskon ataupun promosi khusus kepada pelanggan baru biasanya akan lebih cepat untuk menarik minat calon konsumen. Ini akan memancing rasa penasaran mereka dalam mencari keberuntungan. Berikan promo pada waktu tertentu sehingga penjualan bisa meningkat, misalnya dengan memberikan potongan harga dengan minimal pembelanjaan tertentu, atau memberikan gratis ongkir.

Biasanya calon konsumen akan merasa sayang jika sampai melewatkan penawaran tersebut apalagi kalau tak bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Akan tetapi, cara ini tidak bisa dipertahankan selamanya dan kamu harus mengubah kebiasaan mereka dengan menjadikan mereka sebagai pelanggan setia.

 

Beberapa cara agar pembeli tertarik membeli semacam ini akan membantu meningkatkan penjualanmu. Pastikan kamu melakukannya dengan baik sehingga calon konsumen akan lebih percaya pada kamu maupun produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done