Nyalanesia Bantu Nyalakan Masa Depan dalam Dunia Literasi dan Pendidikan - Keza Felice
News Update
Loading...

Jumat, 23 Juni 2023

Nyalanesia Bantu Nyalakan Masa Depan dalam Dunia Literasi dan Pendidikan

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Beberapa tahun belakangan, literasi marak digaungkan di masyarakat khususnya sekolah-sekolah. Meski demikian, sebagian orang masih merasa asing dengan istilah literasi.

Apabila diartikan secara sederhana, literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman kini makna literasi pun semakin luas. Dalam hal ini literasi dapat diartikan sebagai kemampuan menghitung, berbicara, memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari, berusaha memahami, hingga menggunakan potensi kemampuan diri.

Seperti disadur dari laman CNNIndonesia yang mengutip dari “Buku Panduan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” pada Kamis (22/06/2023), berdasarkan pengertian tersebut pada akhirnya jenis literasi pun mulai berkembang, di antaranya seperti Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, Serta Literasi Budaya dan Kewarganegaraan.

Sementara itu, cara yang dianggap tepat untuk memperoleh literasi yakni melalui pendidikan. Kemampuan literasi dan pendidikan menjadi dua hal penting dalam kehidupan manusia. Pasalnya, kemampuan literasi dapat memberdayakan serta meningkatkan kualitas sebuah keluarga, individu, maupun masyarakat, sebab sifatnya yakni “multiple effect”. 

Bisa dibilang bahwa literasi mampu memberikan dampak yang baik dan sangat luas seperti menciptakan suasana damai, membentuk kepribadian yang menyenangkan, membantu mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, dan memberantas kemiskinan. Sedangkan seseorang bisa dikatakan memiliki kemampuan literasi bila mereka sudah mempunyai kemampuan dasar berbahasa yakni menulis dan membaca. Inilah mengapa pendidikan menjadi sarana terbaik bagi masyarakat untuk bisa menguasai literasi.

Tak dapat dimungkiri bahwa di era millenial seperti sekarang ini, terlebih lagi di dunia pendidikan, tulisan sangat diperlukan. Buku-buku bacaan maupun buku pelajaran menjadi bagian dari sarana yang dibutuhkan oleh peserta di didik.

Bagaimana pun tanpa tulisan dan membaca, proses transformasi ilmu tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebutlah yang membuktikan betapa pentingnya peran literasi dalam kehidupan masyarakat, terutama pendidikan. Oleh sebab itulah masyarakat – kita semua – perlu saling mendorong generasi muda agar terus membudayakan literasi.

Disadur dari laman Liputan6.com pada Kamis (22/06/2023), pada puncak acara “Festival Literasi Nasional 2023 (FLN 2023),  sambutan dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof.Dr. Muhadjir Effendy, yang dibacakan oleh Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PKM, Prof. Warsito, menyampaikan bahwasannya literasi mempunyai peran kunci dalam pembangunan kebudayaan dan manusia. Bagaimana pun literasi merupakan gerbang masuk dan juga menjadi salah satu pilar dalam pembangunan manusia.

Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikan

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Menyadur dari CNBCIndonesia pada Kamis (22/06/2023), Ekonomi Senior INDEF, Aviliani dalam acara “CNBC Indonesia Tech & Telco Outlook 2023” yang dilaksanakan pada Februari 2023 lalu, mengungkapkan bahwa tingkat literasi (digital-nya) di Indonesia hanya sebesar 62 persen, sedangkan tingkat literasi rata-rata ASEAN telah mencapai 70 persen. Yang artinya tingkat literasi (digital) masyarakat Indonesia terbilang masih cukup rendah.

Oleh sebab itulah masyarakat Indonesia, baik bagi mereka yang masih sekolah maupun yang sudah dewasa, diperlukan percepatan untuk bisa mengejar tingkat literasi digital. Sehingga masyarakat akan terhindar dari berbagai jenis penipuan dan “pembodohan” yang berbau teknologi serta akan lebih siap dalam menghadapi era yang serba digital dan canggih ke depannya.

Hal tersebut tentu berkaitan dengan tingginya minat serta penggunaan internet di Indonesia yang pada tahun 2023 sendiri telah mencapai 78, 19 persen. Tentunya hal tersebut masih berhubungan dengan pendidikan di Indonesia, sebab penggunaan teknologi digital dan media saat ini menuntut agar segala informasi harus bersifat mudah diakses. Oleh karena itulah penting sekali untuk mengembangkan literasi digital dalam dunia pendidikan.

Namun, beruntungnya kini Nyalanesia hadir untuk bersama-sama menciptakan program ekosistem literasi serta pendidikan yang berkemajuan.  Yang tentunya akan membantu pelajar, pengajar, pegiat literasi, hingga pengkarya di Indonesia terkoneksi untuk bisa bahu-membahu guna saling menciptakan solusi serta mewujudkan mimpi.

Nyalakan Masa Depan Literasi dan Pendidikan Bersama Nyalanesia

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Nyalanesia yang merupakan Program Pengembangan Literasi Nasional ini  adalah sebuah ekosistem yang didukung oleh adanya teknologi yang terintegrasi, serta didesain untuk mampu menciptakan akselerasi (percepatan) bagi tercapainya segenap harapan dan visi.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Nyalanesia selalu membuka peluang selebar-lebarnya bagi setiap Penyala. Nyalanesia telah berkomitmen untuk memberikan kesempatan bukan hanya dalam bidang kepenulisan buku semata. Akan tetapi juga memesan maupun menjual berbagai macam jasa, memasarkan dan membeli berbagai jenis produk dan karya, juga merilis dan mengikuti berbagai macam kelas lewat berbagai platform yang telah dikembangkan oleh Nyalanesia. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Inilah mengapa Nyalanesia bisa menjadi “Wadah” yang tepat untuk masa depan literasi dan pendidikan Indonesia. Sebab seluruh pengajar, pelajar, maupun pengkarya yang ada di Indonesia, bisa saling terhubung dan bahu-membahu dalam menciptakan serta menemukan solusi serta mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Nyalanesia memberikan harapan besar kepada masa depan masyarakat Indonesia. Di mana berbagai program literasi dan kemajuan teknologi bisa dijadikan pijakan guna menjalani kehidupan yang lebih bermakna serta didukung kesejahteraan ekonomi. Tak cukup sampai di situ saja, Nyalanesia juga memiliki mempi besar yakni untuk menghadirkan ekosistem dan berbagai program literasi yang inovatif dan progresif bagi 100 juta akademis yang ada di negeri ini.

Yang lebih mengesankan, selama tujuh tahun Nyalanesia telah merangkul banyak pihak. Bersama dengan ribuah pendidik, mitra strategisnya, serta penggerak literasi, Nyalanesia telah sukses memfasilitasi lebih dari 350.000 pendidik dan peserta didik dari 3.000 lebih di 35 provinsi yang ada di Indonesia. Tak cukup sampai di situ, berkat sepak terjangnya hingga kini Nyalanesia telah berhasil menerbitkan lebih dari 5.000 judul buku dan telah memberikan lebih dari 300.000 pelatihan kompetensi dan literasi.

Pencapaian Nyalanesia yang Mengesankan

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Di bawah kepemimpinan Lanang Manggala, sebagai Founder, Nyalanesia telah menggelontorkan total hadiah sebanyak 3,2 miliar dan dana pemberdayaan pun telah disalurkan hingga akhirnya Nyalanesia berhasil memecahkan 6 Rekor MURI di bidang literasi dan juga pendidikan. Dengan visi “Ada Nyala di Setiap Mata”, Nyalanesia berhasil mendorong masyarakat untuk lebih mengenal dan menyadari akan pentingnya literasi dan korelasinya dengan pendidikan.

Tak heran bila Nyalanesia berhasil memiliki pencapaian-pencapaian yang luar biasa, di antaranya yakni “Top 20 ASEAN Young Socialpreneurs” mewakili Indonesia di kancah Internasional; “Winner Hyundai Startup Challenge” Kategori “Social Interprise Bidang Pendidikan”; “Pemegang 5 Rekor MURI aktif di bidang Literasi dan Pendidikan di Indonesia”; Telah diulas di berbagai media, baik radio, televise, Koran, hingga majalah.

Selain itu Nyalanesia masih memiliki pencapaian lain, seperti “Penerbit Anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) yang berpengalaman”; Telah bermitra lebih dari 2.500 instansi Pemerintah, Komunitas, dan Sekolah; Membantu mewujudkan mimpi lebih dari 300.000 Penulis dari Berbagai Profesi; Menerbitkan Lebih dari 4.200 judul dan menjadi sungai inspirasi bagi pembaca; Membantu ribuan akademis dalam meningkatkan karier dan prestasi akademisnya; Berbagai Program Nyalanesia telah dikembangkan di 34 Provinsi di Indonesia; dan Mengembangkan 14 Program literasi dan pendidikan inovatif dan berkelanjutan.

Program Nyalanesia untuk Literasi Nasional

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Tak cukup hanya dengan pencapaian-pencapaian tersebut, sebagaimana visinya Nyalanesia juga memberikan berbagai penawaran program yang dapat dimanfaatkan oleh Guru, Sekolah, hingga Dinas Pendidikan dalam mengembangkan program literasi secara mudah dan terpadu dengan output karya serta sertifikasi kompetensi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional)

Ini merupakan salah satu program Nyalanesia dalam pengembangan literasi sekolah terpadu. Program ini akan memfasilitasi seluruh siswa dan juga guru mulai dari jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan SMK/MA/SMA, untuk berkarya dan juga menerbitkan buku. Selain itu program ini juga  memberikan dukungan berupa pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, hingga adanya kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional.

Bahkan, hadiah yang digelontorkan oleh Nyalanesia pun sangat melimpah hingga ratusan juta rupiah. Program GSMB Nasional sendiri telah terselenggara selama 7 tahun dan sudah diikuti oleh ribuah sekolah yang berasal dari 35 provinsi di Indonesia. Dengan data rinci per 1 Januari 2023 yakni, 35 Provinsi, 3.265 Sekolah atau Madrasah, 56 Dukungan Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama. Poin pentingnya, sebanyak 96,2 persen Sekolah Menyatakan Puas Terhadap Layanan Program yang disediakan oleh Nyalanesia.

2. Program BANPELIS (Pengembangan dan Pembinaan Literasi Sekolah)

Program BANPELIS dari Nyalanesia merupakan sebuah program yang memberikan fasilitas serta mendampingi sekolah-sekolah untuk mengembangkan program literasi selama tiga tahun kemitraan. Dengan program inilah sekolah yang menjadi Mitra dari Nyalanesia akan mendapatkan fasilitas mulai dari pendampingan, penerbitan buku, pelatihan, dan juga sertifikasi kompetensi untuk seluruh siswa maupun guru.

3. Program BANPELIP

Untuk turut serta mendukung keberhasilan program Gerakan Literasi Nasional, Nyalanesia juga menyelenggarakan program Pembangunan dan Pembinaan Literasi Pendidikan atau BANPELIP tahun 2022/2023. Program ini akan memberikan kesempatan kepada pendidik di seluruh Indonesia untuk menjadi Mitra Program Nyalanesia. Sedangkan fasilitas yang akan didapatkan oleh Mitra mulai dari pengembangan kompetensi literasi serta publikasi karya selama satu tahun kedepan.

4. (AMB) Akademis Menulis Buku

Program AMB menjadi sebuah program pengembangan literasi yang akan memfasilitasi akademis Indonesia di dalam Ekosistem Nyalanesia untuk berkarya dan juga menerbitkan buku. Selain itu juga mendapatkan kesempatan memperoleh penghargaan dengan total hadiah mencapai jutaan rupiah.

Program AMB ini diselenggarakan oleh Nyalanesia demi menyediakan akses bagi para Pengkarya untuk menerbitkan buku. Juga terdapat voucher penerbitan gratis yang diberikan oleh Nyalanesia sebagai bentuk apresiasi sekaligus upaya dalam memajukan pendidikan dan juga literasi melalui pengkaryaan serta penerbitan buku akademisi.

5. Teacher Literacy Awards

Teacher Literacy Awards akan menjadi ajang publikasi dan juga penyebaran inspirasi bagi para pendidik atas dedikasi yang telah mereka berikan dalam mengembangkan program literasi di sekolahnya. Ini merupakan kompetisi inovasi dan juga strategi dalam memajukan pendidikan literasi bagi pendidik yang ada di Indonesia, yang pernah turut terlibat dalam program Nyalanesia.

6. Festival Literasi Nasional

Ini merupakan acara yang menjadi puncak pembelajaran, pertemuan, serta perayaan dan penganugerahan atas setiap program literasi yang diselenggarakan Nyalanesia sepanjang tahun.

7. Sosialisator Program Literasi Nasional

Melalui program SPL Nasional ini, Nyalanesia memilih 100 guru dan juga pegiat literasi untuk dilatih serta dikembangkan hingga mampu secara professional dalam mensosialisasikan berbagai program literasi dari Nyalanesia.


Platform-platform Nyalanesia yang Terintegrasi

Selain dengan danya program-program tersebut, Nyalanesia pun menghadirkan serta mengembangkan berbagai platform yang telah terintegrasi.  Di antaranya yakni:

1. Nyalaakademi

Merupakan sebuah platform pelatihan, pembelajaran, dan juga pendampingan yang diperuntukkan bagi seluruh akademisi yang ada di Indonesia. Mereka yang membutuhkan peningkatan maupun sertifikasi kompetensi. Sedangkan kurikulum Nyalaakademi sendiri dirancang khusus untuk memastikan semua pembelajar berhasil mencapai tujuan mereka yang dimentori oleh para professional yang berpengalaman, seperti Najwa Shihab, Okky Madasari, dan Andi F Noya.

2. Nyalagaleri

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Nyalagaleri merupakan sebuah Toko Pendidikan yang disediakan oleh Nyalanesia. Pada platform ini tersedia berbagai macam kebutuhan siswa maupun sekolah. Mulai dari seragam, buku, teknologi, alat peraga, hingga sarana dan prasarana sekolah.

3. Konsulliterasi

Platform yang satu ini didedikasikan oleh Nyalanesia untuk memberikan bantuan atupun pelayanan berbasis chat dan formulir yang akan membantu guru dan para siswa dalam berbagi atau mencurahkan permasalahan serta harapan di bidang literasi dan pendidikan.

Platform ini dikembangkan sebagai upaya Nyalanesia untuk menjadi partner yang baik dan nyaman bagi guru dan para siswa dalam mencapai kesejahteraan dan juga kebermanfaatan yang diimpikan.

Dengan jargon “Nyalakan Masadepan!” Nyalanesia sendiri memiliki fokus pada bidang-bidang tertentu, seperti Edukasi yang memberikan keleluasaan dalam menikmati berbagai pilihan workshop maupun kelas sesuai dengan kebutuhan. Sertifikasi yakni mendapatkan sertifikat dari setiap kelas maupun program penerbitan yang telah diselesaikan.

Kolaborasi, peserta dapat menciptakan program khusus yang lebih sesuai dengan berkolaborasi bersama Nyalanesia. Akselerasi, yakni untuk meningkatkan karier dan juga prestasi dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Dan yang terakhir yakni Ekonomi  di mana peserta dapat memanfaatkan berbagai fitur serta program untuk meningkatkan kesejahteraan diri.

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia

Setelah mengetahui seluk-beluk Nyalanesia yang mengesankan, kini saatnya untuk menilik bagaiman sepak terjangnya. Selama ini Nyalanesia telah membawa dampak yang terbilang sangat besar bagi dunia literasi dan pendidikan. Disadari ataupun tidak, berikut ini merupakan beberapa dampak besar yang berhasil diberikan oleh Nyalanesia.

1. Meningkatkan Semangat Literasi dalam Dunia Pendidikan dengan Menerbitkan Buku

Nyalanesia telah berhasil memberikan dampak baik dalam dunia literasi dan pendidikan melalui program-programnya yang terpadu. Apabila biasanya masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan, merasa bingung untuk menerbitkan buku karena tidak memiliki channel penerbitan buku, kini mereka bisa dengan mudah mewujudkan impian tersebut.

Berkat Nyalanesia kini mudah bagi para peserta didik, pendidik, hingga Kepala Sekolah, untuk memiliki buku hasil karya mereka (antologi). Yang mana Nyalanesia telah memberikan jaminan untuk memfasilitasi keinginan untuk menerbitkan buku. Bahkan, setiap siswa, guru, hingga Kepala Sekolah akan mendapatkan buku antologi tersebut.

Nyalanesia juga memberikan fasilitas berupa kuota penerbitan 7 buku tunggal untuk Tim Literasi Sekolah, Guru, dan Kepala Sekolah. Sebagai bentuk apresiasi, Nyalanesia tak lupa memberikan Piagam Penulis serta Sertifikat Kompetensi Menulis untuk Guru dan Siswa (Digital). Nyalanesia pun tetap memberikan royalti kepada Sekolah dan Guru Penulis Tunggal. Penghargaan semacam ini tentunya akan membuat mereka semakin bersemangat untuk melestarikan Literasi.

2. Menjadi Wadah Tepat Bagi Masyarakat untuk Lebih Melek Literasi

Dampak Nyalanesia untuk Lierasi dan Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Nyalanesia juga memiliki program yang bertujuan untuk menguatkan langkah masa depan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang lebih melek terhadap literasi. Salah satu bukti nyata Nyalanesia dapat ditilik melalui Program Gebyar Literasi Tulungagung yang diselenggarakan oleh Disdikpora Kabupaten Tulungagung pada tahun 2022 lalu.

Di mana Nyalanesia sebagai mitra telah  berhasil memfasilitasi sebanyak 116 sekolah dari berbagai wilayah yang terdapat di Kabupaten Tulungagung, dengan memberikan dorongan untuk bisa mengembangkan program literasi inovatif dengan output berbentuk penerbitan buku, pengembangan program literasi sekolah, dan sertifikasi kompetensi.

Ini hanya sebagian kecil dari dampak Nyalanesia, yang mana kegiatan tersebut berhasil menyadarkan masyarakat – kita semua – akan pentingnya literasi. Nyalanesia melalui tindakannya secara tak langsung telah mengajak dan mendorong masyarakat untuk terus memajukan budaya literasi di Indonesia.

3. Mendorong Penulis untuk Lebih Produktif dengan Menjadi Kontributor Nyalanesia

Ternyata Nyalanesia juga menyediakan “tempat” tersendiri untuk pegiat literasi yang hendak mengirim dan memublikasikan karyanya secara online. Nyalanesia membuka peluang bagi penulis-penulis Indonesia yang ingin menjadi Kontributor Media Nyalanesia. Kamu bisa mengirimkan karya dengan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Nyalanesia.

Dengan menerbitkan karya di Nyalanesia, tulisanmu berkesempatan untuk ditemukan oleh masyarakat lebih luas. Langkah ini secara sadar telah mendukung dan mendorong setiap penulis untuk produktif dan lebih berani untuk mengirimkan karyanya di media.

4. Membuka Peluang untuk Pengembangan Komunitas Literasi

Tak cukup hanya dengan menyediakan media untuk penulis yang ingin menjadi kontributor, tetapi Nyalanesia juga membuka peluang selebar-lebarnya untuk komunitas literasi di seluruh pelosok negeri yang ingin mengembangkan komunitasnya di dunia Literasi. Dalam hal ini Nyalanesia telah menyediakan pelatihan serta mendukung kegiatan komunitas yang ada di Indonesia.  

5. Membantu Ribuan Siswa dan Guru untuk Berani Berkarya dan Menemukan Dirinya

Berkat Nyalanesia, puluhan ribu karya telah tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Nyalanesia berhasil mengubah sudut pandang masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan, terhadap Literasi. Kini Nyalanesia telah berhasil memberikan keberanian pada anak-anak Indonesia untuk mengembangkan kemampuan, kompetensi, berani berkarya, dan berdaya guna bagi bangsa Indonesia.

Nyalanesia mendukung banyak orang untuk berani menunjukkan kemampuan mereka dalam berkarya tanpa merasa takut. Berkat hal tersebut pada akhirnya para siswa maupun guru berhasil menemukan dirinya. Bahkan, Nyalanesia tak ragu memberikan penghargaan kepada para pendidik dan peserta didik yang berprestasi. Langkah ini secara tak langsung telah memberikan semangat yang menyala kepada mereka untuk terus berkarya dan melestarikan literasi.

6. Menyediakan Sumber Daya Pendidikan

Nyalanesia juga turut memberikan sumbangan buku serta menyiapkan berbagai materi pendidikan untuk berbagai sekolah yang ada di Indonesia. Lebih daripada itu, Nyalanesia juga menyediakan berbagai sarana dan prasara yang diperlukan oleh sekolah. Juga memberikan full fasilitas kepada para peserta untuk mendapatkan materi dari para professional yang juga merupakan tokoh publik. Hal tersebut tentu sangat membantu bagi sekolah maupun seluruh komponen yang terdapat di dalamnya sehingga mereka lebih semangat untuk terus mengenyam pendidikan sekaligus melestarikan Literasi.

 

Bersama Nyalanesia yang terus melangkah dan merangkul setiap masyarakat di seluruh pelosok negeri, masa depan Literasi dan Pendidikan di Indonesia tentu akan semakin membaik. Dengan demikian, diharapkan tingkat literasi Indonesia akan terus meningkat, serta banyak bibit-bibit unggul yang terus bermunculan dan turut berperan sebagai pelopor, pendorong, serta inspirator bagi orang lain. Nyalanesia bantu nyalakan masa depan dalam dunia Literasi dan Pendidikan Indonesia dengan Berjuta Cara!


Share with your friends

13 komentar

  1. sangat bagus ini ada wadah literasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak. Jadi para pegiatan literasi bisa semakin produktif berkarya.

      Hapus
  2. Sungguh luar biasa
    saya dibuatnya kagum
    hebat sekali

    BalasHapus
  3. Inspiratif...ada wadah yg memiliki komitmen terhadap dunia literasi,tinggal gimana yg terlibat di dalamnya dapat terus berkontribusi dalam dunia pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak... Sudah ada wadah. Tinggal SDMnya yang semoga bisa konsisten untuk terus mengembangkan literasi khususnya dalam dunia pendidikan. Supaya kita bsa menemukan generasi milenial yang lebih melek informasi dan literasi

      Hapus
  4. Senangnya ada platform digital yang bisa memfasilitasi banyak hal terkait literasi. Semoga sosialisasinya berjalan baik dan diketahui oleh banyak kalangan. Saya yakin di pelosok banyak yang memiliki keinginan bercerita dan berkarya namun tak memiliki cukup akses. Semoga Nyalanesia bisa menjawab masalah akses tersebut bagi mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya kak harapannya memang begitu, bisa menjangkau ke seluruh pelosok negeri. Supaya banyak masyarakat yang semakin termotivasi dan berani berkarya.

      Hapus
  5. Sebagai peneliti dan pemerhati bidang literasi dan perpustakaa sekolah, saya baru mengetahui eksistensi Nyalanesia ini. Awalnya saya kira masih organisasi dengan gerakan yang baru. Ternyata sudah bukan kaleng-kaleng. Memang saat ini butuh banyak platform yang mendorong literasi dasar dan literasi digital untuk menyukseskan GLN.
    Terumata pada level sekolah yang sebaran SDMnya beragam sekali.
    Sesekali nanti bisa juga ah saya kaji jadi pada satu topik penelitian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak. Nyalanesia sudah melakukan banyak kegiatan dan membantu banyak siswa, pendidik, maupun pegiat literasi.
      Silakan, Kak siapa tahu nanti bisa turut menjadi mitra Nyalanesia. Kakak bisa kunjungi ignya atau websitenya supaya lebih mudah. Semangat terus, Kak! Makasih sudah mampir

      Hapus
  6. Luar biasa visi misi dan capaian yang telah diraih Nyalanesia. Rakyat kita terkenal cukup rendah soal literasi ya, smg dengan ini menjadi langkah nyata perbaikan minimal minat baca di Indonesia

    BalasHapus
  7. Sering sekali mendengar nama Lanang Manggala. Sepertinya para pengajar seperti juga saya sudah lumayan familiar dengan nama itu dan sepak terjangnya untuk mengembangkan literasi di Indonesia di bawah bendera Nyalanesia. Senang sekali dengan inovasi-inovasi di bidang literasi agar sekolah bisa menjadi pusat pendidikan dengan menggaungkan literasi untuk semuanya, baik guru maupun muridnya yang mudah-mudahan bisa berdampak positif pada masyarakat

    BalasHapus
  8. Nyalanesia wadah yang keren untuk para pecinta literasi.

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done