5 Tips Mudik Lebaran 2024 Biar Perjalanan Tetap Aman dan Nyaman - Keza Felice
News Update
Loading...

Senin, 08 April 2024

5 Tips Mudik Lebaran 2024 Biar Perjalanan Tetap Aman dan Nyaman

Ilustrasi by keza felice

Saat akhir Ramadan biasanya sebagian orang memilih untuk melakukan mudik dari kota perantauan ke kampung halaman. Hal ini dilakukan untuk merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarga. Namun, mudik lebaran 2024 sebaiknya dilakukan dengan persiapan yang tepat untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan saat di perjalanan.


Meskipun tak tahu dan tidak bisa memprediksi keadaan di perjalanan nantinya akan seperti apa, tetapi sebaiknya kamu mengetahui berbagai hal yang perlu dipersiapkan agar mudik lebaran jadi lebih nyaman. Jangan sampai euforia mudik justru membuat kamu abai terhadap kesehatan dan keselamatan diri sendiri. 


Karena bagi perantau, momen kumpul bersama keluarga, teman, dan saudara tidak bisa dilakukan setiap hari di luar Hari Raya Idulfitri. Jadi jangan lupakan tips mudik 2024 yang tepat agar kamu tetap nyaman, aman, dan sehat.


Tips Mudik Lebaran 2024 Agar Nyaman dan Aman


Bagi kamu yang ingin melakukan mudik lebaran, ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menciptakan momen mudik lebaran yang aman dan nyaman. 


1. Memantau Arus Mudik


Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya kamu turut mengikuti berita terkini mulai dari arus lalu lintas, harga tiket, kondisi kota tujuan, rest area atau tempat beristirahat, harga tiket transportasi umum, hingga harga e-tol.


Dengan melakukan pemantauan arus mudik lebaran, kamu bisa memilih dan mengetahui waktu yang tepat untuk mudik. Sehingga ada kemungkinan untuk menghindari kemacetan atau kondisi cuaca yang tak bersahabat. Sehingga mudik dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. 


2. Menyiapkan Akomodasi


Mudik lebaran 2024 bisa berjalan dengan nyaman bila kamu melakukan persiapan dengan baik, salah satunya menyiapkan akomodasi. Bagi pengguna kendaraan pribadi seperti mobil misalnya, maka kamu perlu memeriksa kondisi kendaraan sebelum mudik. Mulai dari oli, kondisi mesin, kaca, AC, rem, hingga kondisi ban.


Namun, jika kamu merupakan pengguna transportasi umum maka hal yang perlu diperhatikan yaitu mengecek ketersediaan tiket berangkat dan tiket pulang jauh-jauh hari. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari sesuatu tak diinginkan seperti kehabisan tiket karena sudah dipesan oleh para pemudik lainnya.


3. Berkemas dengan Rapi dan Teliti


Agar mudik lebaran semakin nyaman maka kamu harus berkemas dengan baik. Sehingga saat diperjalanan pikiranmu tak lagi bercabang. Dengan begitu kamu tak akan melakukan kesalahan selama berkendara karena memikirkan hal-hal yang tak penting.


Jadi pastikan sebelum mudik kamu sudah mengemas keperluan mudik dengan rapi dan teliti. Bawalah barang-barang yang kamu butuhkan saja sesuai dengan kapasitas koper atau tas yang akan digunakan.


Sebaiknya hindari membawa berbagai barang yang tidak penting sehingga tak menyulitkan kamu selama di perjalanan. Apabila kamu kesulitan melakukannya dengan teliti, cobalah untuk membuat list barang bawaan yang perlu dipacking.


4. Menjaga Kesehatan dan Menyiapkan Obat-obatan


Tips mudik lebaran tak hanya dengan memenuhi kebutuhan luar saja, kamu juga perlu mempersiapkan tubuhmu. Dalam hal ini kamu wajib menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan demikian kamu bisa melakukan perjalanan mudik dengan kondisi tubuh yang fit. Sehingga kamu bisa tetap fokus dalam berkendara.


Selain itu kamu juga perlu menyiapkan obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga. Hal semacam ini dilakukan untuk mengatasi atau mengobati hal-hal atau kejadian yang tak terduga selama di perjalanan. Akan lebih baik bila kamu juga menyiapkan obat-obatan umum di antaranya obat anti mabuk, paracetamol, minyak kayu putih, dan lainnya.


5. Cek Keadaan Rumah Sebelum Berangkat


Sebelum berangkat untuk mudik, pastikan kamu sudah mengecek keadaan rumah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan yakni mengunci semua pintu rumah, cabut aliran listrik dan regulator gas, cabut semua kabel, tutup pagar dan jendela rumah. 


Kamu juga bisa memberi tahu tetangga hingga Rukun Tetangga (RT) yang tidak mudik agar mereka dapat mengawasi keadaan rumahmu. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang dan nyaman saat perjalanan mudik. Dan kondisi rumah bisa tetap aman sehingga kamu tak perlu mengkhawatirkannya.


Kamu dapat mencoba beberapa tips mudik lebaran 2024 tersebut. Hal-hal seperti ini juga bisa dilakukan di setiap kamu ingin mudik di tahun berikutnya. 



Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done