6 Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Agar Tetap Produktif, Tertarik Mencoba? - Keza Felice
News Update
Loading...

Rabu, 13 Maret 2024

6 Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Agar Tetap Produktif, Tertarik Mencoba?

 

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan
Ilustrasi by Keza Felice

Saat memiliki banyak pekerjaan tentu saja kamu tidak boleh bermalas-malasan, bukan? Sayangnya saat berpuasa di bulan Ramadan, tubuh mudah sekali merasa lelah sehingga yang dilakukan justru sebaliknya. Biasanya tidur menjadi opsi yang paling banyak dilakukan karena dianggap lebih nyaman. Padahal, ada beberapa tips berpuasa di bulan Ramadan agar tetap produktif lho.

Bagaimana pun menjalankan ibadah puasa bukan berarti harus meninggalkan aktivitas yang semestinya dilakukan. Puasa juga bukan suatu alasan untuk meninggalkan tanggung jawab karena merasa lapar dan lemas.

Memang tak dapat dimungkiri bahwa di bulan Ramadan setiap orang mengalami perubahan pola hidup. Karenanya produktif di bulan puasa rasanya cukup sulit dilakukan. Namun, tidak berarti hal tersebut mustahil diwujudkan, bukan?

Seperti yang telah diketahui bahwa produktif menjadi salah satu faktor penentu suatu keberhasilan. Oleh sebab itulah kamu harus bisa fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Dengan melakukan pekerjaan secara efisien maka kamu akan lebih mudah mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Agar Tetap Produktif

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sering kali tubuh menjadi mudah lelah saat berpuasa. Oleh karenanya kamu harus pandai memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Sehingga tak ada kesempatan bagimu untuk bermalas-malasan yang pada akhirnya akan meninggalkan penyesalan.

Agar kamu bisa tetap produktif baik dalam bekerja maupun melakukan ibadah, berikut beberapa tips berpuasa di Bulan Ramadan yang dapat diterapkan.

1. Jangan Mengabaikan Sahur

Kamu tentu tahu bahwa sahur menjadi kegiatan penting untuk mengisi energi sebelum berpuasa selama sehari penuh. Apabila kamu memanfaakan waktu sahur untuk mengonsumsi makanan dan mineral yang cukup, maka besar kemungkinan kamu akan memiliki energi lebih untuk menjalankan aktivitas dan tetap produktif walau sedang berpuasa.

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan
Ilustrasi by Keza Felice

Kamu juga bisa mengonsumsi sayur hingga buah-buahan untuk menjaga stamina tubuh. Dengan begitu kamu tidak akan mudah merasa lapar saat pagi. Yang mana waktu pagi merupakan penentu untuk tetap produktif. Apabila kamu bersemangat sejak pagi maka akan lebih mudah bagimu untuk melakukan berbagai tanggung jawab pekerjaan dengan baik.

2. Membuat Rencana Kegiatan

Kamu bisa membuat rencana kegiatan harian agar tetap produktif. Ini merupakan tips berpuasa di bulan Ramadan yang penting dilakukan untuk menghindari kebingungan saat beraktivitas. Kamu dapat menentukan waktu bekerja, beribadah, istirahat, hingga waktu bersantai bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Komentar Negatif, Jangan Sampai Mengganggu Hidupmu!

Meski sepele tetapi membuat rencana kegiatan ternyata sangat membantu untuk tetap produktif saat berpuasa. Tentu saja rencana kegiatan harian ini juga bisa kamu ubah sesuai dengan keinginan. Yang terpenting kamu harus mengutamakan tanggung jawab yang dimiliki, termasuk menyelesaikan pekerjaan.

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan
Ilustrasi by Keza Felice

3. Cobalah untuk Memprioritaskan Tugas-tugas Utama

Saat menjalankan ibadah puasa mungkin kamu sering kali merasa waktu berjalan cukup lambat. Hal ini karena kamu sudah lelah dan ingin segera mencapai waktu berbuka.

Di saat seperti inilah godaan mulai berdatangan sehingga kamu memilih untuk berleha-leha tanpa melakukan apa pun. Alhasil pekerjaan pun semakin menumpuk dan membuatmu bingung untuk menyelesaikannya.

Oleh sebab itulah penting sekali untuk memilih mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Kamu dapat mengidentifikasi berbagai tugas yang memang memiliki prioritas tinggi, sehingga kamu bisa lebih produktif.

Kamu bisa mengelompokkan pekerjaan berdasarkan deadline yang lebih cepat berakhir dan berdasarkan tingkat kesulitannya. Kemudian, fokuslah pada tugas yang paling penting terlebih dahulu. Dengan demikian kamu akan lebih mudah menyelesaikan berbagai kegiatan dengan baik.

4. Hindari Bersikap Multitasking yang Berlebihan

Meskipun banyak orang menganggap bahwa multitasking merupaka keterampilan yang baik, tetapi ini justru akan menghambat produktifitasmu saat berpuasa lho. Melakukan banyak aktivitas secara bersamaan saat berpuasa justru akan membuatmu mudah lelah hingga memperburuk kualitas pekerjaan.

Karena itulah ada baiknya bila kamu hanya fokus pada satu pekerjaan di satu waktu untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan hasilnya. Dengan begitu kamu bisa lanjut mengerjakan tugas atau kegiatan lainnya pada waktu berikutnya.

Baca Juga: Belajar Bersama ChanelMuslim.com, Media Pendidikan dan Keluarga yang Menenteramkan

Meskipun kamu hanya mengerjakan satu tugas dalam satu waktu, tetapi bila kamu berhasil menyelesaikannya maka ini artinya kamu sudah produktif.

5. Usahakan untuk Tidur Siang

Ternyata memanfaatkan waktu untuk tidur siang justru bisa membantumu tetap produktif lho. Biasanya menjelang siang tubuh akan terasa lebih lemas karena kekurangan energi. Oleh karenanya kamu bisa memanfaatkan waktu 10 – 30 menit untuk tidur siang.

Karena dengan begitu kamu akan mendapatkan energi baru untuk melanjutkan aktivitas lainnya. Sehingga badan pun akan kembali terasa segar dan kamu akan lebih mudah berkonsentrasi. Dengan demikian kamu akan lebih siap untuk menyelesaikan pekerjaan yang dimiliki.

6. Membuat Rencana Aktivitas Pribadi

Untuk tetap produktif saat berpuasa bukan berarti kamu hanya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan saja. Akan tetapi kamu juga dapat meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas pribadi selain pekerjaan. Ini juga bisa dibilang produktif selama kamu tidak menggunakan waktu untuk bermalas-malasan.

Selama berpuasa tentu tubuh dan juga pikiran akan mengalami kelelahan. Sehingga ada baiknya bila kamu mampu melepaskan stress dengan menambah kesenangan untuk diri sendiri sehingga puasa tetap lancar. Begitu juga dengan aktivitas sehari-hari yang rasanya akan menyenangkan untuk dilakukan.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan waktu untuk jalan-jalan ke luar rumah, nyore, atau justru melakukan perjalanan liburan. Ya, walaupun saat berlibur kamu harus tetap membawa pekerjaan, akan tetapi suasana baru bisa membuat pikiran menjadi fresh. Dengan begitu kamu pun akan tetap bersemangat untuk menyelesaikan setiap tanggung jawab yang ada.

 

Jika kamu ingin mencoba menerapkan tips berpuasa di Bulan Ramadan agar tetap produktif ini, sebaiknya mantapkan niat untuk konsisten terlebih dahulu. Dan pastikan kamu tidak mudah bosan untuk menerapkan beberapa tips ini setiap hari. Karena dengan begitulah besar harapan kamu bisa tetap produktif walaupun tengah menahan lapar dan dahaga. Meski demikian biasanya setiap orang memiliki tips yang berbeda untuk tetap produktif. Jadi, apakah kamu juga memilikinya?

Share with your friends

15 komentar

  1. Nah yg nomor 1 baru aja kejadian tuh kemaren... pas bangun2 eh tau2 udh azan Subuh... bingung deh mau ngapain. Tp alhamdulillah lanjut trs gak bolong. 😂
    Gara2nya blogwalking mlm2 nih kyk skrg.

    BalasHapus
  2. sahur sememangnya penting. even dengan 3 biji kurma dan air sudah memadai untuk kita kekal bertenaga. tapi apa2 depends pada tubuh masing2. kalau saya masih noleh tahan lagi dengan 3 biji kurma dan air untuk sepanjang hari

    BalasHapus
  3. tak cukup kalau tidur 1 jam 🤣🤣🤣🤣rasa sekejap sangat. baru nak mimpi dah kena sambung buat kerja (tidur ketika lunch hour)

    BalasHapus
  4. sekarang saya lagi batuk dan demam, jangkit daripada anak-anak. saat puasa terbatuk-batuk, kelelahan rasanya. semoga kita sentiasa bertenaga untuk berpuasa ya. salam ramadan :)

    BalasHapus
  5. Bener semua lagi tipsnya🤭. Apalagi soal tidur, segarnya beda tidur 30-sejam sama tidur berjam-jam. Semoga di sisa² hari Ramadan ini kita makin produktif🔥

    BalasHapus
  6. Tipsnya bener banget sih.. aku selalu menerapkan tips diatas, apalagi yg tidur siang.. nggak bisa aku tu kalo nggak tidur siang🥲

    BalasHapus
  7. Kalau saya malah bukan tidur siang karena waktunya dipindah ke pagi. Jadi tidur pagi kali ya? Hehehe...
    Saat Ramadan kalau siang justru saya ga bisa tidur karena anak ngaji biasanya magrib dipindah ke ashar. Jadi saya masak sekitar duhur. Termasuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Jadi bisa tidur justru waktu pagi. Hehehe...

    BalasHapus
  8. Bulan Ramadan gini kadang membuat kita kurang produktif ya karena kita tuh kadang merasa lemas di siang hari dan jadi malas beraktivitas. Kayak aku nih selama Ramadan jadi nggak produktif ngeblog lagi. Huhu

    BalasHapus
  9. yg paling penting adalah sahur. selama sahur perbyk minum air putih

    BalasHapus
  10. Benar banget agar produktif kita harus bisa mengatur waktu makan yang baik antara berbuka hingga sahur.

    BalasHapus
  11. Bener banget tuh meskipun berpuasa tapi harus mempunyai rencana kegiatan agar kondisi puasa tidak menganggu rutinitas pekerjaan dan tetap produktif.

    BalasHapus
  12. Kalau saya yang membuat tidak produktif di bulan Ramadan itu tidur setelah sahur. Aduh, udah we pas bangunnya dung deng jadi malas ngapa-ngapain. Jadi diusahakan banget tidak tidur setelah salat Subuh.

    BalasHapus
  13. Poin keenam sepertinya sering terabaikan karena dominasi pekerjaan, nih, Kez. Makasih buat tipsnya. Saya jadi dapat energi kembali.

    BalasHapus
  14. Gam bisa multitasking deh, rempong sama cucian bayi selama awal ramadan ini karena ada anggota keluarga baru. Jadi belum bisa aktif deh

    BalasHapus
  15. Aku ga pas puasa juga merutinkan tidur siang, sejak anak-anak memasuki usia sekolah. Karena memang badanku kayak cape banget kalo maksa seharian kudu stay. Hehhe. Kecuali ada agenda tertentu. Kalo ini kan insidental sifatnya yaa..

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done