5 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan, Berguna untuk Sesama! - Keza Felice
News Update
Loading...

Jumat, 05 April 2024

5 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan, Berguna untuk Sesama!

Kegiatan sosial di bulan ramadan
Ilustrasi by keza felice

Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan penuh berkah dan penuh ampunan. Di mana pada bulan ini dibukalah setiap pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu  neraka. Oleh sebab itulah banyak orang Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan Ramadan ini. Salah satunya dengan melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan.

Melakukan kegiatan sosial berpotensi meningkatkan keimanan serta menambah amal ibadah hingga berlipat ganda. Setidaknya terdapat berbagai manfaat ketika melakukan kegiatan sosial, seperti memperkuat silaturahmi, menjaga kesehatan fisik, saling menyayangi antar sesama, hingga adanya rasa empati. Tentunya di balik kegiatan tersebut terdapat sebuah hikmah besar, yakni dapat bermanfaat dan berguna untuk orang lain.

Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan

Kegiatan sosial di bulan Ramadan bisa dilakukan oleh siapa pun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan secara bersama-sama. Karena bentuk kegiatannya yakni sosial maka dalam penerapannya pun akan melibatkan peran masyarakat.

Oleh sebab itulah kegiatan sosial di bulan Ramadan ini memiliki berbagai bentuk. Begitu pun dengan sasaran masyarakat yang ingin dilibatkan yang juga cukup beragam. Misalnya untuk masyarakat umum, untuk anak-anak jalanan, kaum duafa, untuk anak-anak yatim, dan masih banyak lainnya.

Berikut beberapa jenis kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan.

1. Berbagi Takjil Gratis

Kegiatan sosial di bulan Ramadan yang satu ini sudah sangat sering dilihat baik secara online melalui media sosial maupun secara offline. Biasanya saat azan magrib tiba, banyak orang yang masih berada di perjalanan sehingga mereka tak sempat mencari takjil atau makanan untuk berbuka puasa.

Karenanya untuk membantu mereka dalam membatalkan puasa segera setelah azan magrib tiba, kamu bisa melakukan kegiatan sosial dengan membagikan takjil gratis.

Kamu dan rekan atau keluarga bisa terjun langsung ke jalan menjelang waktu berbuka puasa. Biasanya akan ada banyak orang yang berlalu lalang dan terburu-buru pulang agar bisa berbuka puasa dengan segera.

Jadi, kamu bisa membagikan takjil kepada mereka untuk berbuka puasa. Sehingga walaupun belum sampai di rumah pada waktu berbuka, takjil yang kamu bagikan dapat mereka konsumsi untuk membatalkan puasa sekaligus mengatasi dahaga.

2. Sahur On The Road

Kegiatan sosial di bulan Ramadan seperti Sahur On The Road ini juga sangat membantu bagi yang membutuhkan lho. Yang mana kegiatan ini dapat dilakukan dengan membagikan hidangan sahur.

Pada umumnya kegiatan ini dilakukan oleh komunitas tertentu sebagai bentuk toleransi dan kasih sayang mereka kepada sesama. Akan tetapi tak ada salahnya bila kamu juga melakukannya bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pakaian Lebaran agar Nyaman saat Dipakai, Jangan Sampai Menyesal!

Sahur On The Road juga dapat dilakukan di berbagai titik pembagian. Tak hanya memberikan makanan secara gratis, adanya kegiatan ini juga membuat penerimanya merasa bahagia. Pasalnya, mereka bisa tetap mengonsumsi makanan sebagai 'bekal' menahan lapar dan haus selama seharian. 

Meski demikian, ketika hendak melakukan kegiatan Sahur On The Road ini pastikan kamu telah mengikuti arahan dan himbauan dari petugas keamanan setempat. Serta tetap patuhi aturan lalu lintas sehingga kegiatanmu tidak menghambat aktivitas lain.

3. Memberi Santunan panda Anak Yatim

Memberi santunan atau menyantuni anak yatim juga termasuk kegiatan sosial di bulan Ramadan yang sangat baik untuk dilakukan. Kegiatan ini bukan hanya soal berbagi, tetapi juga menghadirkan kebahagiaan kepada mereka.

Seperti yang diketahui bahwa menyantuni anak yatim akan membuat umat Islam dijauhkan dari siksaan hari kiamat. Juga akan membuat umat muslim semakin dekat dengan Rasulullah SAW.

Karenanya apabila kamu memiliki rezeki yang cukup atau bahkan berlebih, kegiatan sosial di bulan Ramadan seperti ini bisa kamu coba lakukan. Sekecil apa pun santunan yang kamu berikan pasti akan bermanfaat untuk mereka yang menerimanya.

Baca Juga: 5 Tradisi Ramadan di Berbagai Daerah di Indonesia yang Populer dan Meriah

4. Bersih-bersih Lingkungan

Kegiatan sosial di bulan Ramadan yang satu ini sudah tak asing lagi, bukan? Kegiatan sosial ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang asri, bersih, dan indah sehingga akan lebih nyaman dipandang. Lagi pula seperti yang diketahui bahwa menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan merupakan salah satu bagian dari iman.

Selain mendapatkan pahala dari Allah, kegiatan sosial bersih-bersih lingkungan juga akan mempererat hubungan silaturahmi dengan para tetangga. Karena pada saat beraktivitas bersama inilah kamu dan warga sekitar dapat bertegur sapa dengan lebih akrab daripada biasanya.

5. Membersihkan Masjid dan Mushola

Tak hanya lingkungan saja yang dibersihkan, tetapi kamu juga  bisa melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan dengan membersihkan masjid dan mushola yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Tak hanya menghemat pengeluaran, kegiatan ini juga akan menghemat waktu dan tenaga.

Namun, bila dilakukan dengan tulus dan ikhlas maka besar kemungkinan kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah. Selain itu setelah masjid dan mushola bersih dan rapi, masyarakt yang akan beribadah pun semakin nyaman. Sehingga kamu pun akan turut mendapatkan pahala ketika mereka dapat melakukan ibadah dengan baik.

 

Apakah kamu tertarik  melakukan beberapa kegiatan sosial di bulan Ramadan ini? Kamu dapat mencobanya mulai dari yang paling ringan target hingga pendanaannya. Yang terpenting pastikan kamu melakukan kegiatan sosial tersebut dengan hati yang lapang, ikhlas, dan tulus karena Allah. Sehingga apa yang kamu kerjakan akan bernilai pahala dan dilipatgandakan.

Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done