5 Tempat Wisata Religi di Indonesia yang Populer, Mana yang Pernah Kamu Kunjungi? - Keza Felice
News Update
Loading...

Minggu, 07 April 2024

5 Tempat Wisata Religi di Indonesia yang Populer, Mana yang Pernah Kamu Kunjungi?

Tempat wisata religi di indonesia
Ilustrasi edited by Keza Felice

Bulan Ramadan tak hanya menjadi momen untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Akan tetapi, bulan puasa juga menjadi salah satu waktu yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk melakukan kegiatan tertentu. Misalnya untuk mengunjungi tempat tempat wisata religi di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah.

Tak hanya untuk menikmati waktu liburan, melakukan perjalanan wisata religi juga akan menjadikan Ramadan semakin berkesan. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari kunjungan religi tersebut, salah satunya seperti bertambahnya iman kepada Allah.

Jika diartikan secara sederhana, wisata religi merupakan kunjungan atau ziarah yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok ke tempat atau situs penting terkait dengan penyebaran suatu agama. Mulai dari masjid, candi, hingga makam tokoh terkemuka.

Tempat Wisata Religi di Indonesia

Tak hanya dapat menambah wawasan sejarah saja, tetapi wisata religi akan memberikan pengalaman seru dan penuh makna, apalagi bila dilakukan saat Ramadan. Di Indonesai sendiri terdapat berbagai tempat wisata religi yang bisa dikunjungi, beberapa di antaranya seperti berikut ini.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Tentunya kamu tak asing lagi mendengar nama Masjid Raya Baiturrahman ini, bukan? Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Kesultanan Aceh. Letaknya berada di Kota Banda Aceh yang telah berdiri sejak tahun 1879. Masjid ini menjadi salah satu simbol agama, kekuatan, buadaya, serta perjuangan rakyat Aceh.

Tak heran bila Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu tujuan tempat wisata religi di Indonesia. Karena tak hanya menjadi peninggalan bersejarah saja, tetapi masjid ini pun menjadi landmark istimewa Kota Aceh. Hal ini dikarenakan Masjid Raya Baiturrahman masih tetap berdiri kokok walaupun dihantam bencana besar berupa gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004 silam.

2. Makam Wali Songo

Tempat wisata religi di Indonesia yang sangat populer salah satunya yakni Makam Wali Songo. Seperti diketahui bahwa Wali Songo merupakan sosok pendakwah atau penyebar agama Islam di Pulai Jawa pada abad ke-14.

Baca Juga: 6 Kegiatan Ini Bikin Ngabuburit Ramadan Makin Seru, Sudah Coba?

Melakukan kunjungan wisata religi ke makam Wali Songo ini bertujuan untuk mengenang tauladan dan kegigihan para wali yang telah mengajarkan serta menyebarkan ajaran agama Islam di Indonesia.

Terdapat sembilan makam Wali Songo yang tersebar di beberapa daerah di Pulau Jawa. Seperti yang diketahui bahwa lima di antaranya berada di Jawa Timur. Yang meliputi makam Sunan Giri (Gresik), Syekh Maulana Malik Ibrahim (Gresik), Sunan Ampel atau Raden Rahmat (Surabaya), Sunan Bonang (Tuban), dan Sunan Drajat (Lamongan).

Sementara itu tiga makam lainnya berada di Jawa Tengah, di antaranya makam Sunan Kalijaga (Demak), makam Sunan Muria atau Raden Umar Said (Kudus), dan Makam Sunan Kudus atau Ja’far Ash-Shadiq (Kudus). Sedangkan makan Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah berada di Cirebon (Jawa Barat).

3. Masjid Terapung

Tempat wisata religi di Indonesia lainnya yang bisa kamu kunjungi yakni Masjid Terapung yang berada di Makassar, Sulawesi Utara. Masjid Amirul Mukmin atau yang dikenal dengan nama Masjid Terapung ini memiliki arsitektur berbentuk menyerupai rumah panggung tradisional khas Makassar dan Bugis.

Jika berkunjung ke Masjid Terapung ini kamu akan dibuat terpesona oleh bentuk bangunan dan perpaduan warna masjidnya. Yang mana masjid ini memiliki perpaduan warna putih dengan abu-abu yang menimbulkan kesan teduh dan nyaman.

Masjid ini juga memiliki tiga lantai dengan perpaduan konsep modern, minimalis, dan kontemporer. Meskipun begitu konsep Masjid Terapung tetap islami. Masjid ini akan tampak jauh lebih indah ketika menjelang waktu matahari tenggelam.

Baca Juga: 5 Tips Skincare Rutin untuk Ramadan, Kulit Tetap Sehat Terawat!

4. Istana Maimun

Istana Maimun ini berada di Sumatera Utara tepatnya di Kota Medan. Istana ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli yang dibangun atas perintah Sultan Deli di tahun 1888.

Istana Maimun ini sangat kental dengan corak Melayu. Tampilannya semakin mewah dengan paduan gaya arsitektur budaya Persia dan Eropa. Selain itu nuansa Melayu di Istana Maimun juga tampak mendominasi warna kuning serta atap istana yang berbentuk limas. Sedangkan nuansa Eropa pada Istana Maimun ini dapat dilihat dari perwujudan arsitektur tiang-tiang penyangganya, kubah, dan juga dinding vertikal.

5. Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)

Tempat wisata religi di Indonesia yang tak kalah populernya yakni Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di pusat Kota Semarang. Masjid ini mempunyai desain bangunan dalam gaya arsitektur Islam, Jawa, dan Romawi.

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki daya tarik tersendiri yang menjadikannya sebagai tempat wisata populer. Yakni adanya Menara Al Husna atau Al Husna Tower dengan ketinggian 99 meter serta memiliki payung hidrolik raksasa yang mirip dengan payung di Masjid Nabawi, Mekah. Itulah mengapa banyak wisatawan yang melakukan kunjungan religi ke MAJT ini untuk merasakan suasana di Mekah walaupun sebenarnya hanya berada di dalam negeri.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga menjadi objek wisata terpadu, pusat syiar agama Islam, dan pusat pendidikan.

 

Dari kelima tempat wisata religi tersebut adakah yang sudah pernah kamu kunjungi? Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata religi di Indonesia lainnya. Karenanya tak menutup kemungkinan kamu juga memiliki kisah menarik di salah satu tempat wisata religi di Indonesia. Jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata religi, beberapa tempat tersebut wajib masuk list tujuanmu berikutnya!


Share with your friends

Give us your opinion

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done