6 Kegiatan Ini Bikin Ngabuburit Ramadan Makin Seru, Sudah Coba? - Keza Felice
News Update
Loading...

Senin, 01 April 2024

6 Kegiatan Ini Bikin Ngabuburit Ramadan Makin Seru, Sudah Coba?

 Ngabuburit ramadan

Ngabuburit Ramadan menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang biasanya dilakukan saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Tak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga turut meramaikan suasana Ramadan dengan ngabuburit.

Biasanya ngabuburit dilakukan sembari mencari takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Namun demikian, ngabuburit tak hanya bisa diisi dengan kegiatan berburu takjil saja lho. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya  untuk menjadikan momen ngabuburit Ramadan semakin berkesan.

Kegiatan Seru saat Ngabuburit Ramadan

Ngabuburit Ramadan sering kali dilakukan untuk mengalihkan rasa haus dan juga lapar saat berpuasa. Dengan ngabuburit seperti mencari takjil, bermain, atau bepergian ke tempat tertentu akan membuatmu merasa terhibur. Secara otomatis hal ini akan membuat kamu melupakan rasa lapar dan haus yang telah ditahan selama seharian.

Nah, meskipun ngabuburit Ramadan umumnya dilakukan dengan memburu takjil, tetapi masih ada beberapa jenis kegiatan yang bisa membuat momen ngabuburit Ramadan semakin seru. Berikut beberapa aktivitas baik yang bisa kamu lakukan:

1. Membaca Al-Quran

Kamu bisa mengisi waktu ngabuburit Ramadan dengan membaca Al-Qur’an. Selain mengalihkan pikiran dari keinginan makan dan minum, membaca al-Quran justru akan mendatangkan pahala untukmu.

Hal ini karena bulan Ramadan menjadi momen penting yang harus kamu gunakan dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan membaca al-Quran.

Bahkan, pahala membaca al-Quran akan dilipatgandakan jika dilakukan selama bulan Ramadan. Oleh karenanya untuk mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa, kamu bisa melakukan aktivitas berpahala ini.

2. Menulis

Jika kamu seorang penulis, waktu ngabuburit Ramadan bisa kamu gunakan untuk menghasilkan sebuah karya tulis. Tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat karena kamu bisa lebih produktif dalam bekerja. Sehingga di  malam harinya kamu bisa langsung beristirahat setelah selesai salat tarawih dan tadarus.

Mengisi waktu luang dengan menulis sembari menunggu azan magrib akan membuatmu merasa lebih rileks. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu akan merasa bahwa waktu berlalu sangat cepat sehingga sebelum menyelesaikan satu tulisan panjang, waktu magrib justru sudah tiba.

Tentu saja ini lebih menyenangkan, bukan? Karena kamu bisa langsung menikmati hidangan buka puasa dengan santai.

3. Olahraga Ringan

Waktu ngabuburit Ramadan juga bisa kamu isi dengan melakukan olahraga ringan. Tak hanya menjaga kesehatan badan agar tetap bugar, olahraga juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan saat menunggu azan magrib.

Kamu bisa bersepeda bersama teman, melakukan yoga agar lebih rileks, jogging, jalan santai, atau lompat tali. Akan tetapi, pastikan kamu melakukan olahraga sesuai dengan kondisi tubuh. Sehingga olahraga tidak akan membuat kamu merasa lebih haus dan lapar.

4.  Mencari Takjil

Mencari takjil menjadi kegiatan ngabuburit Ramadan yang paling populer dan disukai oleh banyak orang. Biasanya saat bulan puasa kamu bisa menemukan lokasi pasar dadakan yang mana di sana banyak sekali pedagang yang menjual aneka takjil.

Baca Juga: Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024, Rasa Nikmat Banyak Manfaat!

Bahkan, kamu juga bisa menemukan penjual takjil di sepanjang jalan yang dilalui. Sehingga kamu bisa memilih makanan yang kamu sukai sembari menunggu waktu magrib tiba. Selain itu harga takjil juga sangat terjangkau, sehingga momen mencari takjil ini akan terasa menyenangkan karena kamu dapat membelinya dalam jumlah banyak.

5. Memasak

Waktu ngabuburit juga bisa kamu isi dengan memasak menu berbuka puasa lho. Tak ada salahnya untuk melakukan kegiatan ini alih-alih bepergian untuk menunggu azan magrib. Kamu bisa memasak makanan favorit keluarga atau mulai berkreasi dengan resep baru.

Momen memasak akan terasa seru apalagi jika kamu berani mengeksplor menu dan resep terbaru yang sebelumnya tak pernah kamu coba. Dengan begini ngabuburit Ramadan akan terasa lebih produktif dan kamu bisa puas menikmati hasilnya.

6. Mendengarkan Kajian Islam

Apabila ingin menjadikan waktu ngabuburit Ramadan lebih bermakna dan berpahala, kamu bisa mendengarkan kajian Islam. Hal tersebut bisa menjadi kegiatan santai untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa.

Tak hanya menghilangkan kebosanan tetapi mendengarkan kajian Islam juga akan mendatangkan manfaat dan pahala. Saat ini kajian Islam bisa kamu jumpai secara online maupun offline.

Misalnya saja melalui YouTube, Televisi, atau langsung mengunjungi majlis terdekat yang sedang memiliki acara kajian Islam. Jadi kamu tetap bisa menyesuaikan kegiatan tersebut dengan aktivitas lain yang dimiliki.

Yang artinya kamu tidak harus mendatangi majlis tersebut bila masih mempunyai kesibukan yang tak dapat ditinggalkan.

 

Dalam memaksimalkan bulan puasa, kamu dapat melakukan banyak hal bermanfaat. Salah satunya dengan melakukan beberapa kegiatan seru ini saat ngabuburit Ramadan. Dengan demikian, kamu bisa benar-benar melewati Ramadan dengan hati yang senang. Sehingga kamu pun akan terdorong untuk melakukan lebih banyak kebaikan berkat pikiran yang positif.

Share with your friends

3 komentar

  1. baru-baru ni saya tertonton video shella saukia ngabuburit handbag, kasut dan accessory nya...
    waduhhh... semuanya branded!

    BalasHapus
  2. yang nombor 4 tu dulu selalu juga buat
    tapi selepas covid
    jadi malas pula
    hahaha

    BalasHapus
  3. Betuuul sekali. Semua kegiatan yg saya suka sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kadang juga sambil ngobrol2😊

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done