5 Cara Mengatasi Cemas dalam Hidup Agar Aktivitas Berjalan dengan Baik - Keza Felice
News Update
Loading...

Minggu, 19 September 2021

5 Cara Mengatasi Cemas dalam Hidup Agar Aktivitas Berjalan dengan Baik

foto:Freepic

Penulis: Keza Felice

Cemas merupakan salah satu bentuk emosi yang pernah dialami oleh kebanyakan orang. Kecemasan bisa membuat seseorang kehilangan energi dan juga semangatnya untuk menjalani hidup. Karenanya kamu  harus segera mencari cara mengatasi cemas yang tepat agar perasaan negatif tersebut tidak semakin mengganggu.


Pada umumnya rasa cemas yang normal akan mudah reda, terlebih bila faktor pemicu kemunculan rasa cemas itu telah hilang. Misalnya, seseorang yang merasa cemas ketika akan presentasi akan merasa tenang setelah presentasinya selesai. Akan tetapi rasa cemas yang berlebihan akan terus terasa bahkan tanpa sebab yang jelas.

Cara Mengatasi Cemas yang Berlebihan dalam Hidup

Umumnya seseorang yang mengalami kecemasan yang berlebihan akan selalu merasa waswas dan khawatir secara terys-menerus. Bahkan kecemasan tersebut bisa mengganggu kualitas hidup seseorang yang menderitanya.

Misalnya pola tidur mulai tergangu, menimbulkan sakit kepala, daya tahan tubuh semakin menurun, nafsu makan mulai berkurang, dan masih banyak efek negatif lainnya. Bahkan penderita cemas juga akan lebih gampang jatuh sakit.

Meskipun tidak mudah mengatasi rasa cemas dalam hidup, tapi kamu harus tetap mencari cara mengatasi cemas berkepanjangan dan menghilangkan perasaan negatif tersebut. dengan begitu aktivitasmu dan juga kesehatanmu tidak mudah terganggu. Seperti dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Menggunakan Lilin Aromaterapi

Menyalakan lilin aromaterapi ataupun minyak esensial bisa membantu dalam mengatasi masalah kecemasan yang kamu rasakan. Saat ini kamu tidak perlu khawatir untuk menemukan lilin semacam ini, sebab berbagai jenis aromaterapi sudah banyak dijual dan bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah.

Beberapa aroma yang bisa kamu dapatkan untuk mengurangi rasa cemas dan mendatangkan ketenangan yakni aroma Mawar, Bergamot, Lavender, Chamomile roma, Kayu Cendana, Jeruk atau Bunga Jeruk, dan masih banyak lainnya.

Banyak orang yang percaya bahwa aromaterapi bisa membantu dalam mengurangi kecemasan dan juga meningkatkan kualitas tidur. Sehingga kamu bisa lebih tenang dalam melewati waktu dengan lebih baik.

2. Menulis

Mungkin kamu sering kali bertanya, “Gimana cara mengatas kecemasan yang berlebihan?” Nah, kali ini kamu bisa mencoba mengatasinya dengan menulis.

Hal yang dapat ditulis juga sangat beragam, misalnya pencapaian yang telah diraih atau juga berbagai hal yang telah Tuhan anuegrahkan selama hidupmu. Dengan membaca berbagai hal yang telah kamu tulis bisa memunculkan rasa syukur kepada yang Mahakuasa.

Dengan begitu kamu akan selalu merasa ‘cukup’ atas nikmat-Nya. Sehingga hal semacam ini bisa mengurangi kecemasanmu terhadap hidup, sebab pikiranmu telah terfokuskan pada berbagai hal yang positif.

Baca Artikel Terkait: 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Paling Mudah, Jangan Pasrah!

3. Lakukan Manajemen Waktu

Kamu bisa mencoba memanajemen waktu agar waktu yang dimiliki bisa dikelola dengan baik, sehingga agenda harian tidak ada yang terbengkalai. Sebab biasanya seseorang bisa merasa cemas karena kegiatan harian yang semestinya dia lakukan tidak bisa berjalan dengan lancar.

Oleh sebab itulah sebaiknya kamu membagi waktu untuk bekerja, bersosialisasi, dan untuk kehidupan diri sendiri dengan seimbang. Dengan membuat agenda harian ataupun menggunakan catatan online dapat membantumu dalam membagi waktu.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk melakukan suatu hal sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Hal ini akan membantumu mengurangi rasa cemas karena kegiatan di luar jadwal, sebab perencanaan akan memudahkanmu melakukan improviasasi dalam melaksanakan kegiatan.

Baca Juga: 9 Jenis Bunga yang Menggambar Kepribadian, Adakah Kesukaanmu?

4. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi cara mengatasi kecemasan dan melawan stres. Kegiatan ini dipercaya bisa menjadi langkah yang baik ketika kamu ataupun orang di sekitar berpikir bagaimana cara kita mengatasi rasa takut, gelisah, dan khawatir.

Rajin melakukan olagraga bisa membantu dalam menurunkan hormos stres yang terdapat pada tubuh dalam jangka panjang. Selain itu juga akan meningkatkan rasa percaya diri serta kualitas tidur yang kamu miliki. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh baik dalam kehidupanmu.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang terkesan ‘berat’, tapi cobalah meluangkan waktu untuk melaksanakan olahraga ringan yang dapat diterapkan kapan pun dan juga di mana pun, misalnya berlari, yoga, atau berjalan.

Olagraga bisa menurunkan rasa cemas dengan melepaskan endorfin dan juga meningkatkan citra diri  yang terdapat dalam tubuhmu.

5. Menggunakan Waktu Bersama Orang Terdekat

Dukungan sosial dari keluarga maupun teman menjadi salah satu cara mengatasi cemas dalam hidup. Hal ini juga akan sangat membantu saat kamu ingin melewati waktu-waktu yang penuh dengan tekanan.

Kebersamaan akan membuatmu merasa senang dan bahagia. Sehingga hal seperti ini akan menurunkan risiko kecemasan yang berlebihan dalam hidup. Selain itu juga menghabiskan waktu bersama orang terdekat dapat membantu melepaskan oksitosin sebagai pereda stres yang alami.

 

Berbagai cara mengatasi stes bisa kamu terapkan kapan saja. Mulailah dari hal-hal yang sederhana sehingga kamu tidak merasa terbebani. Dan kecemasan yang dialami juga bisa segera diatasi dengan baik.


Share with your friends

4 komentar

  1. Thanks tipsnya sangat membantu, langsung dicoba dan berhasil, tadi sempat cemas mau komentar apa, tapi setelah baca itu cemas saya langsung hilang, wkwk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkkwkww bikin ngakak😂🤣
      Tapi bener juuga sih, daripada cemas sampe gak bisa nelen ban motor, kan mendingan diatasi 👻

      Hapus
  2. Mungkin kah tips di atas bisa diterapkan bila rasa cemasnya itu datangnya tiba-tiba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba bang, beberapanya cocok juga kok. Kdang aku juga nerapin. Selain nomor 1 kwkwkw. Soalnya blm beli😂

      Hapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done