5 Menu Sahur Praktis dan Tetap Mengeyangkan, Jadikan Puasa Tetap Bertenaga! - Keza Felice
News Update
Loading...

Sabtu, 23 Maret 2024

5 Menu Sahur Praktis dan Tetap Mengeyangkan, Jadikan Puasa Tetap Bertenaga!

 

Menu Sahur Praktis
Ilustrasi by Keza Felice

Sahur menjadi salah satu aktivitas penting sekaligus menjadi ibadah sunah saat berpuasa. Namun, tak sedikit orang yang enggan makan sahur karena malas bangun tengah malam atau untuk memasak. Padahal, sekarang banyak sekali menu sahur praktis yang bisa dihidangkan untuk diri sendiri ataupun  keluarga.

Tentu saja membuka mata untuk menyantap makanan saat tengah malam bukan hal yang mudah dilakukan. Akan tetapi, dengan hadirnya hidangan menu sahur yang menggugah selera dan bisa dimasak dalam waktu singkat, justru akan membuat anggota keluarga semakin tak sabar untuk segera bangun.

Jadi, tak ada salahnya untuk menilik beberapa rekomendasi menu sahur praktis yang bisa kamu siapkan ini.

Menu Sahur Praktis dan Tetap Mengeyangkan

Memikirkan menu makanan setiap harinya memang cukup melelahkan karena mau tak mau kamu harus mendapatkan ide untuk menghidangkan menu istimewa. Meskipun tidak menggunakan bahan-bahan serba mahal, tetapi kreasi yang unik akan membantu kamu dan keluarga lebih bersemangat untuk menyantap makan sahur.

Dengan menu sahur praktis ini kamu tak perlu lagi kehabisan ide dan khawatir kehabisan waktu untuk memasak. Nah, berikut beberapa ide menu sahur yang sederhana, praktis, enak, dan tetap membuatmu merasa kenyang.

1. Sup Telur

Apakah kamu sudah pernah mencoba kreasi yang satu ini? Telur tak hanya nikmat disajikan dengan cara digoreng atau direbus saja lho. Kamu juga bisa menjadikan telur sebagai komposisi sup yang lezat. Selain itu membuat sup telur untuk menu sahur juga tak memakan banyak waktu.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir waktu sahur akan berakhir sebelum menyantapnya. Cara memasaknya juga sangat mudah lho, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana ini.

  • Langkah pertama tentu saja kamu perlu memanaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang hingga mengeluarkan aroma harum
  • Berikutnya kocok telur pada wadah yang telah disiapkan dan lanjutkan dengan memasukkannya pada tumisan bawang
  • Kemudian aduk telur hingga membentuk orak-arik
  • Lalu langkah selanjutnya tinggal masukkan air dan tunggulah hingga mendidih
  • Setelah itu kamu bisa memasukkan garam, irisan tomat, bubuk lada, kaldu bubuk
  • Jangan lupa cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera, jika merasa sudah tepat silakan masukkan irisan daun bawang lalu angkat

Untuk membuat sup telur kamu hanya membutuhkan beberapa bahan pokok yang mudah didapatkan. Di antaranya yaitu, telur ayam; bawang putih dan bawang merah; daun bawang; tomat; lada bubuk; garam; micin (opsional); kaldu bubuk; air; dan minyak goreng.

Menyajikan sup telur bersama nasi hangat akan membangkitkan mood makan kamu saat sahur.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan, Puasa jadi Lancar!

Menu Sahur Praktis
Ilustrasi by Keza Felice

2. Telur Puyuh Mix Buncis

Masakan apa yang kamu pikirkan untuk membuat menu sahur praktis jika di dapurmu tersedia telur puyuh, buncis, dan jagung putren? Ternyata beberapa komposisi tersebut sangat cocok dipadukan untuk menu sahur andalan lho. Akan lebih nikmat jika kamu memiliki wortel untuk ditambahkan ke dalamnya.

  • Tumislah bawang putih dan bawang merah hingga harum
  • Kemudian sebagai langkah kedua kamu dapat memasukkan wotel serta jagung putren
  • Berikutnya tambahkan air dan berikan garam, lada bubuk, serta gula
  • Jangan lupa untuk mengaduknya hingga merata serta biarkan air mendidih
  • Saat wortel sudah setengah empuk kamu dapat memasukkan telur puyuh ke dalam wajan, bisa juga ditambah dengan sosis (opsional)
  • Masukkan juga buncis dan aduk hingga mereta
  • Setelah itu pastikan rasanya sudah tepat lalu matikan api dan sayur siap dihidangkan bersama nasi hangat

Dengan menu sahur praktis ini kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Sebelum waktu sahur berakhir bisa dipastikan kamu dan keluarga sudah kenyang duluan!

Nah, untuk membuat menu sahur tersebut kamu hanya membutuhkan beberapa bahan ini. Di antaranya yaitu wortel, buncis, jagung putren, telur puyuh, sosis, bawang putih, bawang merah, garam, gula, lada bubuk, dan air.

3. Ayam Suwir Mix Tomat Hijau

Salah satu tantangan membuat menu makan untuk sahur yakni berkreasi. Di mana secara tak langsung kamu didoring untuk menghidangkan menu makanan yang bisa menggugah selera, sehingga sahur menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Jika ingin menghidangkan menu sahur praktis, kamu juga bisa mencoba menyajikan ayam suwir mix tomat hijau. Namun, agar lebih cepat saat memasaknya di waktu sahur kamu dapat merebus dada ayam terlebih dahulu sebelum tidur. Kemudian simpanlah di lemari pendingin. Kemudian ikuti langkah-langkah singkat ini.

  • Langkah pertama silakan panaskan minyak untuk menumis bawang putih dan bawang merah
  • Saat aromanya sudah harum maka masukkan tomat hijau dan aduklah hingga merata
  • Kemudian kamu dapat menambahkan dada ayam yang sudah disuwir kasar
  • Berikutnya masukan air dan aduk kembali
  • Jika sudah maka langkah setelahnya yaitu menambahkan beberapa bumbu penyedap, seperti lada bubuk, kaldu ayam, garam, gula, dan micin (opsional)
  • Masak hingga merata hingga matang dan sayur siap dihidangkan

Mudah sekali untuk memasaknya, bukan? Untuk menyajikan menu sahur praktis yang satu ini kamu hanya membutuhkan beberapa bahan pokok seperti: air, minyak, bawang merah dan bawang putih, tomat hijau, dada ayam yang sudah disuwir, garam, lada bubuk, gula, micin, dan kaldu ayam.

Menu Sahur Praktis
Ilustrasi by Keza Felice

4. Orak-arik Telur dan Tahu

Menu sahur praktis yang satu ini sudah tak asing lagi, bukan? Mudah sekali untuk menghidangkan orak-arik telur. Menyantapnya saat sahur akan menambah mood makan kamu dan keluarga lho. Selain itu cara memasaknya juga sederhana sekali. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  • Panaskan minyak untuk membuat telur orak-arik, jika sudah matang silakan tiriskan
  • Berikutnya siapkan minyak panas untuk menumis bawang merah dan bawang putih
  • Kemudian setelah harum masukkan telur orak-arik dan tumislah hingga beberapa saat
  • Setelah itu kamu bisa menambahkan potongan tahu putih dan aduklah kembali
  • Jangan lupa untuk menambahkan bumbu lainnya, seperti gula, garam, lada bubuk, dan kaldu ayam
  • Tetap aduk hingga merata dan selanjutnya masukkan daun bawang
  • Masaklah hingga matang dan sajikan masakan telur orak-arik tahu putih untuk menu sahur

Baca Juga: 6 Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Agar Tetap Produktif, Tertarik Mencoba?

Akan sangat nikmat jika telur orak-arik tahu dihidangkan bersama nasi hangat. Untuk menu yang satu ini kamu juga bisa menambahkan cabai sebagai bumbunya alias sesuai selera. Menu sahur praktis ini hanya membutuhkan beberapa bahan pokok seperti telur, tahu, minyak, daun bawang, garam, gula, lada bubuk, cabai Iopsional), dan air.

5. Tumis Bakso Mix Jamur Tiram

Menu simpel untuk sahur yang tak kalah mudahnya untuk dimasak yaitu tumis bakso mix jamur tiram. Sepertinya menu masakan ini bisa diandalkan saat sedang buru-buru. Kamu bisa langsung ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tumis bawang merah, bawang putih, irisan cabai merah
  • Kemudian masukkan potongan bakso dan aduk merata
  • Setelah bakso matang langsung masukkan irisan jamur tiram
  • Berikutnya tambahkan saus tiram (opsional), kecap manis, gula, garam, lada bubuk, dan juga kaldu bubuk
  • Aduklah hingga merata dan tambahkan sedikit air
  • Langkah akhir yaitu aduk dan masaklah bakso mix jamur tiram tersebut hingga matang

Hidangan spesial saat sahur seperti tumis bakso mix jamur tiram ini memang sangat cocok disandingkan dengan nasi hangat. Jika kamu suka kerupuk maka kamu bisa menjadikannya sebagai lauk tambahan yang akan menambah kenikmatan saat makan sahur.

Nah, untuk memasak tumis bakso mix jamur tiram sebagai menu sahur praktis kamu dapat menyiapkan beberapa bahan ini. Di antaranya jamur tiram, bakso, bawang merah dan bawang putih, cabai merah, gula, garam, lada bubuk, kaldu ayam, kecap manis dan saus tiram (opsional), minyak makan, serta air.

 

Sebenarnya ada banyak sekali kreasi menu sahur praktis yang dapat direkomendasikan. Lima di antaranya seperti yang sudah dijelaskan ini. Kamu bisa mencobanya untuk sahur puasa Ramadan selanjutnya. Untuk ukuran atau porsi kamu dapat menyesuaikan dengan selera masing-masing, begitu pun dengan bentuk potongannya. Kreasikan sekreatif mungkin untuk membangkitkan mood makan kamu saat sahur sehingga makan tengah malam tetap terasa menyenangkan dan mengenyangkan. Selamat mencoba!

Share with your friends

1 komentar

  1. Mantap ide menu sahur praktisnya, dan kelihatannya lebih mengundang selera dan mengenyangkan di banding masak mie instan tapi mie instan juara paling praktis 😂👍

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done