7 Jajanan Khas Ramadan yang Selalu Diburu, Mana Favoritmu? - Keza Felice
News Update
Loading...

Senin, 25 Maret 2024

7 Jajanan Khas Ramadan yang Selalu Diburu, Mana Favoritmu?

 

Jajanan Khas Ramadan

Berburu jajanan khas Ramadan bukan lagi hal baru. Salah satu alasannya karena beberapa jenis jajanan tersebut memang hanya dapat dijumpai saat bulan puasa saja. Meski demikian, kamu tetap dapat membuatnya sendiri di hari lain selagi mengetahui resep pembuatannya.

Bagaimana pun Ramadan menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam. Tak hanya pahala beribadah yang dilipatgandakan, tetapi Ramadan juga membawa banyak rezeki bagi setiap orang. Contoh sederhananya, saat bulan puasa banyak sekali pedagang ‘dadakan’ yang menawarna aneka jenis takjil hingga sayuran matang. Atau juga menjual berbagai model pakaian untuk persiapan lebaran.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat banyak cara untuk merayakan serta meramaikan bulan suci ini. Setiap daerah bahkan mempunyai cerita seru dan jajan khas Ramadan yang berbeda-beda. Biasanya kuliner khas tersebut memang hanya dapat dijumpai saat Ramadan tiba. Sehingga masyarakat pun tak ingin melewatkan kesempatan tersebut untuk membeli dan menjadikannya sebagai hidangan pembuka saat magrib tiba.

 Jajanan Khas Ramadan yang Jadi Primadona Masyarakat Indonesia

Beberapa jenis jajanan khas Ramadan memang sulit dijumpai setelah bulan puasa usai. Akan tetapi, masih ada beberapa jenis kuliner yang tetap dapat kamu konsumsi setelahnya. Berikut beberapa jajanan khas Ramadan yang punya cita rasa nikmat!

1. Es Timun Suri

Jajanan Khas Ramadan

Timun suri menjadi salah satu buah yang sangat populer ketika Ramadan tiba. Memiliki bentuk seperti melon dengan tekstur yang empuk, biasanya timun suri akan disajikan dengan sirup dan es batu. Ada pula yang memberikan susu kental manis serta gula sebagai pemanis tambahan.

Di beberapa daerah timun suri juga dipadukan dengan semangka, nangka, cincau, hingga melon. Meskipun berasal dari daerah Cirebon, tetapi kini timun suri bisa ditemukan di seluruh daerah Indonesia.

Namun, seperti yang diketahui bahwa timun suri justru menjadi salah satu buah khas Ramadan. Meskipun pada hari-hari biasa kamu tetap bisa menemukan buah yang satu ini, tetapi akan lebih mudah ditemukan saat bulan Ramadan.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Susu Penggemuk Terbaik ,Terbukti Naikkan Berat Badan Sejak 1 Minggu Pertama

2. Es Buah

Jajanan Khas Ramadan

Minuman segar ini juga menjadi jajanan khas Ramadan lho. Kamu akan sangat mudah menemukan es buah di mana pun berada, baik di area kantor, pasar, pinggiran jalan, bahkan di rumahmu sendiri. Sepertinya menu berbuka yang satu ini tak pernah absen dari meja makan. Bagi sebagian orang, es buah bahkan menjadi minuman populer sekaligus  favorit saat bulan Ramadan.

Selain mudah dibuat, es buah juga sangat segar diminum untuk menghilangkan dahaga. Siapa pun dapat memadukan sirup, gula, susu, es, serta potongan-potongan buah hingga menjadi sajian es buah yang nikmat. Jika tak ingin membuatnya kamu juga dapat membeli sebungkus es buah dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kue Asida

Jajanan Khas Ramadan

Bagi sebagian orang kuliner asida ini masih terdengar cukup asing. Jajanan unik ini hanya ada saat bulan puasa saja lho.

Asida merupakan kuliner tradisional yang berasal dari Maluku. Komposisinya terbuat dari tepung terigu, kapulaga, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Karenanya jajanan khas Ramadan ini mempunyai rasa yang kenyal mirip dengan dodol.

4. Aneka Gorengan

Aneka gorengan juga menjadi jajanan khas Ramadan dan bisa kamu temukan di berbagai tempat. Meskipun pada hari-hari biasanya tetap mudah ditemukan, akan tetapi jumlah penjual gorengan akan bertambah saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan gorengan biasanya menjadi camilan yang paling laris dan mudah mendatangkan keuntungan.

Baca Juga: 5 Menu Sahur Praktis dan Tetap Mengeyangkan, Jadikan Puasa Tetap Bertenaga!

Apalagi kini para penjual gorengan pun semakin kreatif dengan menawarkan varian baru untuk produk yang dijual. Misalnya risol mayones, cireng isi ayam suwir pedas, cireng keriting, atau dengan memberikan saos khusus sebagai topping gorengan untuk menarik calon konsumen.

5. Kicak

Jajanan Khas Ramadan

Jenis jajanan khas Ramadan yang satu ini juga hanya disajikan di bulan Ramadan di daerah Yogyakarta. Kicak termasuk makanan tradisional yang memiliki aroma nangka dengan cita rasa manis.

Kuliner kicak ini terbuat dari ketan yang dimasak, ditumbuk, lalu diberi taburang gula pasir, kelapa parut, daun pandan, vanili, serta potongan-potongan kecil buah nangka. Kemudian, kicak akan disajikan dengan daun pisang sebagai pembungkusnya. Sekadar informasi, ternyata Kicak ini berasal dari daerah Kauman dan hanya bia kamu jumpai saat Ramadan di Yogyakarta.

6. Mie Glosor

Jajanan Khas Ramadan

Mie glosor juga hanya dapat kamu temukan saat bulan Ramadan lho. Jajanan khas Ramadan ini bisa ditemukan di daerah Bogor, Jawa Barat. Sebenarnya Mie Glosor ini merupakan sebuah istilah yang berasal dari Bahasa Sunda. Yang mana Mie Glosor memiliki arti “Mudah Ditelan”.

Hal tersebut merujuk panda tekstur mie yang kenyal dan lezat. Tentu saja siapa pun dapat dengan mudah mengunyah dan menelannya sembari menikmati rasanya yang sedap. Biasanya mie glosor ditaburi dengan topping seperti irisan cabai, telur, tahu, maupun sambel.

7. Bubur Kampiun

Kuliner khas Nusantara memang tak diragukan lagi cita rasanya. Salah satunya adalah bubur kampiun yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Untuk setiap porsi bubur kampiun ini terdiri dari beberapa jenis bubur lainnya. Mulai dari sumsum, candil, kolak pisang atau ubi, kacang hijau, kolang-kaling, dan juga ketan.

Bubur yang telah dicampur kemudian disiram dengan kuah santan serta gula merah. Sehingga menghasilkan cita rasa manis dan gurih yang sangat lezat. Jajanan yang satu ini juga dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Juga sangat cocok dijadikan menu pembuka saat buka puasa.

 

Dari daftar jajanan khas Ramadan ini mana yang menjadi kuliner favoritmu? Meskipun kamu sangat menyukainya tetapi ada baiknya agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Serta pastikan kamu tetap menjaga kesehatan dan kebugaran badan selama bulan puasa. Sehingga kamu bisa tetap sehat dan menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh.

Share with your friends

1 komentar

  1. Dari tujuh menu di atas, yang familiar hanya es buah dan gorengan. Yang lain masih asing bagi saya. Belum pernah saya temukan di Makassar. Hehe😁

    Karena hanya dua yang sering saya makan, jadi itu yang favorite.
    Di Makassar banyak es buah, tapi isinya agar2. Kadang tidak ada buahnya. Haha. Sama kalau gorengan yang jadi favorit adalah Jalangkote.

    Tapi penasaran dengan rasa menu lain yang disebutkan diatas. Pengen coba juga.

    BalasHapus

Hi! Aku Keza Felice (Content Writer & Ghost Writer -- SEO Content) juga Penulis Novel. Terima kasih sudah mampir. Untuk Pemesanan Artikel atau kerja sama silakan kirim pesan ke Instagram @Keza236_queen atau email: Kezafelice@gmail.com. Sebagai pertimbangan silakan cek halaman About dan Achievement.

Notification
Selamat Datang di Blog Keza Queen.
Done